News
Batal
KATEGORI
link has been copied
109
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd833e29a972e0efe471af0/lima-hal-menarik-tentang-bintang-neutron
Bintang neutron ini menawarkan uji kasus bagi para ilmuwan untuk dapat memahami kekuatan fundamental, relativitas umum, dan awal terbentuknya alam semesta.
Lapor Hansip
23-11-2019 02:15

Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
ilustrasi

Hai teman-teman semua kalian aku akan share sedikit tentang bintang neutron, jika kalian tertarik untuk membacanya silahkan simak dibawah ini.emoticon-Blue Guy Peace

Ketika sebuah bintang masif mati, bintang tersebut memuntahkan sebagian besar isi perutnya ke alam semesta dalam sebuah ledakan supernova. Ketika inti disebuah bintang tersebut runtuh menciptakan bentuk padat yang dapat diamati di alam semesta, yang kita sebut bintang  neutron.


Pada dasarnya bintang neutron itu adalah inti raksasa. Bagian dalam pada tiap bintang-bintang neutron, semua atomnya runtuh. Awan elektron semuanya tersedot kedalam, dan semua menjadi satu kesatuan dengan elektron yang berjalan berdampingan dengan proton dan neutron dalam gas atau fluida.

Bintang-bintang neutron ukurannya cukup kecil, dan jaraknya sangat jauh jika diamati dari bumi. Meskipun begitu para ilmuwan masih berkerja keras untuk memperkirakan ukuran diameter bintang tersebut dengan tepat. Para ilmuwan memperkirakan ukuran bintang neutron itu sekitar 1,5 kali massa matahari.

Jika bentuk bintang neutron itu sangat-sangat padat, maka bintang tersebut akan runtuh, kemudian menjadi lobang hitam.

Bintang neutron ini menawarkan uji kasus bagi para ilmuwan untuk dapat memahami kekuatan fundamental, relativitas umum, dan awal terbentuknya alam semesta.

Berikut hal menarik tentang bintang neutron:

1. Hanya dalam beberapa detik setelah sebuah bintang bertransformasi menjadi bintang neutron, energi yang meninggalkan neutrino itu sama dengan jumlah total cahaya yang dipancarkan oleh semua bintang di alam semesta yang bisa diamati.

Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron

transformasi bintang menjadi bintang neutron

Materi biasa yang mengandung jumlah proton dan neutron yang kira-kira sama. Tetapi sebagian besar proton dalam bintang neutron dikonversi menjadi neutron. Bintang neutron terdiri dari sekitar 95% neutron. Ketika proton dikonversikan menjadi neutron, mereka melepaskan partikel-partikel yang disebut neutrino.

Bintang neutron tercipta dari sebuah ledakan supernova. Supernova memancarkan neutrino 10 kali lebih banyak dibandingkan partikel, proton, neutron, dan elektron yang dihasilkan oleh matahari.

2. Jika kalau ada kehidupan di bintang neutron, itu akan menjadi 2 dimensi.

Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron

ilustrasi

Bintang neutron memiliki medan magnet dan gravitasi yang sangat kuat dialam semesta. Gravitasi dibintang neutron cukup kuat untuk meratakan hal apapun yang ada dipermukaannya.Medan magnet dibintang neutron memiliki satu miliar hingga satu juta miliar kali medan magnet yang ada dibumi.

Karena mereka sangat padat. Bintang neutron memberikan testbedsempurna karena kekuatannya yang kuat, hal itu memungkinkan para ilmuwan untuk menyelidiki cara quark dan gluon berinteraksi dalam kondisi ini. Banyak teori yang menyatakan bahwa inti neutron memampatkan/kompress neutron dan proton, membebaskan quark yang membentuknya.

Intens gravitasi dibintang neutron mengharuskan para ilmuwan untuk menggunakan teori relativitas umum untuk menggambarkan sifat-sifat bintang neutron.

Ternyata dibintang neutron memiliki sebuah atmosfer, namun karena gravitasinya yang sangat ekstrem sehingga atmosfer dibintang neutron hanya satu kaki. Berbeda dengan dibumi yang atmosfernya yang memanjang ratusan mil ke langit.


Definisi


3.    Bintang neutron berputar sekitar 700 kali tiap detiknya.

Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron

gambar diatas menjelaskan perbedaan letak sumbu magnet bumi dengan bintang neutron

Sebuah bintang akan mengeluarkan pancaran gelombang radio saat mereka berputar dengan cepat.Jika pulsar diarahkan ke bumi, kita akan melihat sinar-sinar ini menyapu bumi seperti mercusuar.

Para ilmuan pertama kali mengamati bintang-bintang neutron pada tahun 1967, ketika seorang mahasiswa pascaserjana bernama Jacelyn Bell memperlihatkan gelombang radio yang berulang kali datang dari pulsar diluar tata surya kita.

Pulsar dapat berputar sepuluh hingga ratusan kali per detik. Jika kalian berdiri di ekuator dari pulsar yang paling cepat. Kecepatan rotasinya sekitar 1/10 kecepatan cahaya.

Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
pulsar


Definisi Pulsar


4.    Jenis bintang neutron yang salah akan mendatangkan malapetaka di bumi.

Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
ilustrasi bintang neutron

Bintang-bintang neutron dapat membahayakan karena bidangnya yang sangat kuat. Jika bintang neutron datang ke sistem tata surya kita, itu dapat menyebabkan kekacauan, terlemparnya planet-planet dari orbitnya, dan jika jaraknya itu cukup dekat itu dapat membuat planet ini hancur.

Tetapi bintang neutron terdekat saat ini yang diketahui sekitar 500 tahun cahaya. Mengingat Proxima Centuari yang jaraknya 4 tahun cahaya dari bumi, jadi tidak ada kaitannya dengan planet kita, kecil kemungkinan kita akan merakan efek bencana ini dalam waktu dekat.

Mungkin yang paling berbahaya adalah radiasi dari medan magnet pada bintang neutron. Magnetar adalah bintang neutron yang memiliki medan magnet seribu kali lebih kuat dari pulsar normal. Penyusuna yang tiba-tiba pada bidangnya dapat menghasilkan flare/suar seperti matahari tapi jauh lebih kuat.

5.    Meskipun bintang neutron belum banyak diketahui, peneliti masih memiliki cara untuk memperlajarinya.

Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
ilustrasi bintang neutron saling betabrakan

Ada banyak hal yang tidak diketahui tentang bintang neutron, termasuk ada berapa banyak bintang neutron diluar sana. Banyak cara yang dilakukan para peneliti untuk menyelidiki sifat-sifat bintang neutron seperti menggunakan gelombang radio, sinar-X dan teleskop optik.

Kita dapat memperlajari bintang-bintang neutron dengan mendeteksi gelombang gravitasnya. Para ilmuwan di LIGO berharap untuk dapat mendeteksi gelombang gravitasi yang dihasilkan oleh penggabungan dua bintang neutron. Memperlajari gelombang gravitasi tersebut, memungkinkan para ilmuwan mengetahui sifat-sifat materi yang sangat padat dari bintang-bintang neutron.

Mempelajari tentang bintang neutron dapat membantu kita untuk mencari tahu asal-usul kimia berat, termasuk emas dan platinum di alam semesta kita. Ada kemungkinan kalau dua bintang neutron bertabrakan, tidak semua yang ditelan menjadi bintang neutron yang jauh lebih masif (dua bintang neutron bergabung menjadi bintang neutron yang lebih masif) atau menjadi lobang hitam, tetapi sebagian material kecil akan terlempar keluar dan membentuk inti berat yang menyebar dialam semesta.

Terimaksih telah meluangkan waktu untuk membaca thread iniemoticon-Blue Guy Smile (S)

Semoga dengan ini dapat menambah wawasan teman-teman semua.

Jika ada yang ditanyakan silahakan tulis dibawah, mari diskusi bersama.emoticon-Jempol

Diubah oleh trikunprayoga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 31 lainnya memberi reputasi
30
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 6
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 13:17
Quote:Original Posted By utjuph
Nah, trit begini lah, nambah wawasan, gak bahas nasi mulu, bungkus apa kotak. Kampret Cebong Kadal.

Anw, cmiiw, neutron star ini dipelajari utk lebih jauh ttg teori awal mula semesta yg big bang itu. Tp yg bikin sy penasaran, gravitasi utk neutron star gimana ya polanya, krn kan massanya fluktuatif itu, kalau tdk salah.


Setuju banget bosen liat pembahas yang itu itu aja perlu lag share pengetahuan di sini
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 13:18
Quote:Original Posted By superdede101
klo sudah mengenai bintang2 dan planet itu memang gak ada bree... gak usah dipaksa percaya. Itu cuma fixi barat aja. Gak akan ada manusia bisa kesana dan membuktikannya bahkan Elon Musk sekalipun.


Soalnya kita gabisa membuktikan sendiri sih bro jadi susah percaya juga
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 13:24
Quote:Original Posted By UriNami
menarik juga ya mempelajari benda-benda di luar angkasa gini...
ane salut sama ilmuan, gimana ya mereka meneliti itu semua emoticon-Matabelo


Ada beberapa macam metode yang digunakan oleh para ilmuwan, misalnya menggunakan gelombang radio, dan juga tingkat radiasi yang pancarkan oleh suatu bintang. Untuk mengamati planet biasanya menggunakan metode astrometri, kecepatan radial, dsb. Beberapa data yang dipublish oleh NASA juga hasil penemuan beberapa astronomi amatir. Orang awam juga bisa ikut berpartisipasi, asal bisa dibuktikan kebenarannya.
profile-picture
UriNami memberi reputasi
1 0
1
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 13:26
Ane gak percaya sama yang nomor 1.. emoticon-Big Grin masa setara cahaya di alam semesta.. bintang sebanyak itu sampai tak terhingga bisa setara pancaran cahaya bintang neutron.. gak mungkin lah.. gak mungkin tapi ane juga gak bisa njelasinnya.. gak mungkin aja lah pokoknya.. emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 13:27
Quote:Original Posted By ki.jokodok.bodo
Klo diliat secara kasat mata sih gak bisa mebgingat neutron star lebih kecil dari matahari dan jaraknya yg jauh.

Ilmuwan ngamatinnya dari gelombang2 radio yg dipancarkan kya foto blackhole pertama itu yg dari gelombang radio di convert jadi gambar. Jgn tanya ane gimana prosesnya emoticon-Ngakak (S)


Itu sekolahnya dimane ya gan wkwk
Otaknya bisa encer kaya gitu, segala gelombang radio bisa jadi gambar blackhole gitu
emoticon-Ngakak
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 13:46
Quote:Original Posted By Yagami92
Buset itu cara ngamatinnya gimana ya gan, apakah bisa dilihat secara kasat mata gt prosesnya meledaknya bintang


Bisanya menggunakan teleskop yang dilengkapi dengan sinar-X dan sinar gamma, untuk mengamati secara langsung sangat susah karena jaraknya yg sangat jauh.
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 13:53
Quote:Original Posted By topantita
wah keren...😮
poin nomor 2 menjadi dua dimensi itu gimana maksudnya ya min?


Cuman kata kiasan buat ungkapin kalo obek apapun yg berada atas dipermukaannya akan hancur oleh tekanan gravitasi yg sangat kuat di bintang neutron tersebut.
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 14:06
menarik yaaa... ane kurang terlalu ngerti yg beginian yaaa... informasi mantul nihh
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 14:16
Quote:Original Posted By Ariwanas
Jadi bentuk aslinya si bintang neutron belum pssti ye gan kayak black hole

btw, Ini kaskus tampilannya baru yak apa emang browser ane yang berubah


Untuk saat ini, paling mudah merasionalkan adalah bentuk bulat, terlebih lagi dia berotasi dan memancarkan gelombang radio. Bentuk bulat sangat cocok untuk menggambarkan bintang neutron, karena objek yang berotasi itu hanya dimiliki oleh objek yang memiliki bentuk bulat. Bintang neutron masih belum pasti sama halnya seperti black hole atau pun objek misterius yg lain, dan ini masih diteliti.
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 14:24
Artikelnya mantap
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 14:36
Quote:Original Posted By marikita2
Aduh duh duh, Thanks gan tambahan informasi nya..
Jadi dapat tambahan wawasan kalau bintang neutron ini punya dua sifat.


Yups. Sama2emoticon-Shakehand2
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 14:38
Suka sekali trit ginian
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 15:04
Kira2 org tolol percaya ga ya sama yg bulat2??
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 15:29
bintang kelip2 termasuk jg kan?
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 16:20
jadi inget masa SMA bellajar elektron proton neutron...hwhehwh..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 16:39
bintang neutron itu nantinya bisa tumbuh kembali jadi bintang baru, atau menghilang atau selalu gitu saja bentuknya seumur hidup?
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 16:42
Yang beginian yang qeren, makasih TS baik hati ~
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 16:44
seremm sih,
tp gokil kalo bisa liat bintang meledak pakek mata telanjang
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 17:46
Wah ane udah lama banget nih ngga baca-baca tentang antariksa gini. Dulu pas kecil seneng banget baca-baca tentang astronomi gini. Setiap baca pasti nemuin hal baru yang seru banget. Kayak yang di thread ini juga, banyak banget pengetahuan baru yang ane dapet. Thanks gann
0 0
0
Lima Hal Menarik Tentang Bintang Neutron
30-11-2019 18:22
mau komen takut salah emoticon-Malu
0 0
0
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia