• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 7 Fitur Rahasia Pesawat yang Tak Terlihat, Termasuk Tombol Darurat di Toilet

vasilizaitsevAvatar border
TS
vasilizaitsev
7 Fitur Rahasia Pesawat yang Tak Terlihat, Termasuk Tombol Darurat di Toilet

Kabin ANA All Nippon Airways - wikimedia.org


TRIBUNTRAVEL.COM - Traveler yang sering bepergian naik pesawat mungkin sudah tidak asing lagi dengan prosedur keamanan di pesawat.

Mulai dari larangan merokok, menyalakan ponsel hingga bercanda soal ancaman bom. Rupanya, sebagai penumpang pesawat terbang, masih ada banyak hal yang belum diketahui penumpang. Bukan hanya soal aturan dan larangan saat mengudara, beberapa fitur pesawat pun sebaiknya traveler pahami supaya lebih nyaman dalam penerbangan.

Beberapa fitur pesawat ini memang dirancang tidak terlihat oleh penumpang, namun sebenarnya bisa sangat membantu saat dibutuhkan. Mulai dari tombol rahasia yang bisa memberimu lebih banyak ruang gerak hingga simbol tersembunyi yang hanya sebagian orang yang tahu artinya. Dirangkum TribunTraveld dari laman TheSun.co.uk, berikut deretan fitur rahasia di pesawat yang tak diketahui penumpang.

  1. Klakson, Traveler mungkin tidak menduga jika pesawat punya klakson. Menurut KLM, klakson pesawat berfungsi sebagai sarana komunikasi di darat. Klakson pesawat ini bisa memancarkan sinyal untuk memperingatkan teknisi ketika ada masalah, sistem rusak atau ada kebakaran. Namun, seorang pilot tidak bisa mengklakson pesawat lain dan klakson pesawat tidak bisa berfungsi saat mengudara karena sistem sinyalnya dimatikan. Seorang pilot EasyJet pernah terpaksa menggunakan klakson untuk mengusir flamingo yang berkeliaran di landasan.
  2. Pedal, Jika kita melihat ruang kokpit pesawat, di sana ada banyak tombol dan tuas. Rupanya, pesawat bukan hanya dikemudikan dengan tombol saja, tapi juga ada dua pedal di kokpit, lho. Keberadaan pedal di pesawat ini pernah diungkapkan Pilot British Airways. "Ketika kita berada di darat dan lepas landas, kita mengendalikannya dengan kaki pada dua pedal di kiri dan kanan. Bahkan, ada rem di pedal."
  3. Tombol sandaran tangan rahasia, Sandaran tangan di kursi dekat lorong terasa seperti sesuatu yang mengganggu bagi penumpang. Banyak orang tidak tahu jika sebenarnya sandaran tangan ini bisa dilipat naik. Sandaran tangan dapat dibuka untuk memberi lebih banyak ruang di kursi. Selain memperbanyak ruang gerak, menaikkan sandaran tangan juga membuatmu lebih mudah keluar kursi saat akan ke toilet. Traveler bisa menaikkan sandaran tangan ini dengan menekan tombol yang ada di bawahnya.
  4. Simbol segitiga hitam di dinding dekat jendela, Jendela pesawat rupanya bukan hanya untuk menikmati pemandangan dari atas, tetapi juga menjadi fitur keselamatan pesawat Simbol segitiga hitam ini menjadi tanda bagi kru untuk melihat keluar jendela dan memeriksa jika terjadi masalah pada badan pesawat, mulai dari sayap hingga roda.
  5. Tombol darurat di toilet, Jika terjadi keadaan darurat, awak kabin bisa mengakses tolet menggunakan sebuah tombol kecil. Tombol tersembunyi ini biasanya ada di balik tanda larangan merokok. Tombol darurat ini digunakan jika terjadi keadaan darurat dan ada penumpang terkunci di toilet.
  6. Borgol, defibrillator dan pistol, Penumpang yang melakukan teror atau membuat keributan di pesawat bisa ditindak oleh kru kabin dan diturunkan di bandara terdekat. Dalam penerbangan, disediakan borgol, defibrillator, hingga pistol untuk keamanan. Sejak tragedi 9/11, marsekal udara pada penerbangan dari/ke Amerika Serikat diberi izin membawa senjata tersembunyi di pesawat. Defibrillator juga ditemukan pada sebagian besar pesawat yang digunakan jika ada penumpang mengalami serangan jantung.
  7. Kait kecil berwarna kuning di sayap, Tidak ada maskapai yang mengharapkan penumpang memanfaatkan fitur ini. Pasalnya, fitur ini hanya digunakan jika pesawat mendarat darurat di air.


Sumber : https://travel.tribunnews.com/amp/20...urat-di-toilet
Diubah oleh vasilizaitsev 29-11-2019 06:23
koi7
eriksa
sebelahblog
sebelahblog dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.5K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.