News
Batal
KATEGORI
link has been copied
245
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de0a00fc0cad752863027ff/saat-jokowi-meminta-maaf-lebih-pilih-robot-ketimbang-pns
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemangkasan Eselon III dan Eselon IV PNS pasti dilakukan. Eselon III dan IV ini akan digantikan dengan kecerdasan buatan (artificial intelligent) alias robot.
Lapor Hansip
29-11-2019 11:35

Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS

Past Hot Thread
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS


Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemangkasan Eselon III dan Eselon IV PNS pasti dilakukan. Eselon III dan IV ini akan digantikan dengan kecerdasan buatan (artificial intelligent) alias robot.

Oleh karena itu, Jokowi melontarkan permintaan maaf atas keputusannya tersebut, saat memberikan pengarahan di depan para pelaku pasar dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (BI) 2019 yang digelar di Raffles Hotel Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Jokowi menjelaskan pemangkasan tersebut dilakukan untuk mempercepat pelayanan birokrasi di pemerintahan di tengah kehadiran era disrupsi yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi tantangan.

"Mohon maaf, ada Eselon III dan IV yang akan kita pangkas mulai tahun depan. Untuk apa? Agar terjadi kecepatan dalam memutuskan perubahan dunia yang begitu cepat. Tapi pelan-pelan," jelas Jokowi.

"Saya sudah bicara dengan yang jago IT. Kalau bisa diganti AI. Jika muncul sebuah kecepatan, muncul perubahan budaya kerja, kultur baru," kata Jokowi melanjutkan.

Kendati demikian, Jokowi menjamin pendapatan para PNS yang terkena pemangkasan tidak akan terganggu. Menurutnya, abdi negara akan tetap mendapatkan pendapatan yang sama meskipun tak lagi menjabat struktur eselon III dan IV.

"Paling penting tidak mengganggu income gaji yang tadi dipotong. Tidak akan menurunkan pendapatan," tegasnya.

Tak Lagi Rekrut Admin
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memastikan bahwa pemerintah tidak lagi menerima calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk lingkungan administrasi.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Mulai sekarang, dengan segala mohon maaf tidak menerima tenaga administrasi,” kata Tjahjo di kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (19/11/2019).

Berdasarkan data Kementerian PANRB, saat ini memang ada sekitar 4,2 juta aparatur sipil negara (ASN) yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Meski demikian, posisi jabatan di lingkungan birokrat nyatanya tidak seimbang.

Dari total ASN yang ada, sebanyak 39% di antaranya diisi oleh tenaga jabatan administrasi. Sementara itu, PNS yang mengisi jabatan teknis, termasuk tenaga kesehatan hanya 15%.

“Itu tadi, untuk tahun ini kami tidak menerima lagi pegawai administrasi karena sudah 1,6 juta. Nanti mau disisir, karena untuk memenuhi tenaga perawat saja itu gak cukup tiga tahun,” katanya.

“Sekarang 10, yang pensiun bisa 12. Nah kalau dulu yang pensiun 15, diangkat 10, yang 5 honorer, numpuk akhirnya,” jelasnya.

Tjahjo pun mengingatkan kepada seluruh pelamar CPNS tahun ini agar tidak mengajukan posisi tenaga administrasi. Pasalnya, pemerintah sudah membuka lowongan untuk bidang lainnya.

“Silahkan ikut tes. Sudah mulai menerima tenaga IT juga, sesuai keahlian. Termasuk disabilitas kami juga berikan kewenangan di semua bidang,” kata Tjahjo.

SUMBER:
https://www.cnbcindonesia.com/news/2...etimbang-pns/1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Fey1985 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 13
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:37
ya sejalan lah sama wan abud, yg mau pakai AI buat E-budgeting. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
liee dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:38
bentar lagi cpns hanya menerima lulusan IT semua jurusan diambil alih orang IT .daripada menggaji operator komputer mending menggaji lulusan IT
Diubah oleh cahmlg123456
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:38
mantap jiwa pake robot nih emoticon-2 Jempol
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:38
alhasil ini negara diakuisisi sama negara lain bree.. or malah yg ada ini data negara dibeli vendor raksasa macem Ste*m nya Lord Gaben yg beli , bisa auto AI dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
henbodi dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:38
udah saatnya negara berflower ini insaf ga melulu berebutan mati2an jadi pns, etos kerja pns yg magabut dan gaji pas2an tapi terjamin harus berubah di masyarakat kita kalau mau jadi negara yg maju
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:39
mantap 👍
Indonesia sudah mau pake robot.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:39
maksudnya bagus pangkas pejabat yang ga ada kerjaannya tapi makan gaji gede. kalo pejabat 1000 orang yg kepangkas lumayan pengeluaran negara dikit. sekarang pejabat banyak ga efektif. birokrasi bikin lelet, padahal ga ada fungsi nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
otak.100cc dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:40
bul ngibal ngibul emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukancrotseries dan 6 lainnya memberi reputasi
2 5
-3
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:40
loh emang kan presidennya juga robot kok, yang pegang remote controlnya itu sang induk dan para pemegang kepentingan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yxgk dan 6 lainnya memberi reputasi
4 3
1
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:42
Naikin Gaji Programmer Jok !!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
de24 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:42
Kalau kita kolaborasi dengan robot (AI),

Bisa saja menguntungkan kalau TAHU caranya emoticon-Toast emoticon-Jempol



Signature: bandung.ob-fit.com, surabaya.ob-fit.com, makassar.ob-fit.com
profile-picture
profile-picture
itkgid dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:42
pangkas....hahahaha
profile-picture
profile-picture
itkgid dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:43
Quote:Original Posted By GehuRisol
Masih pesimis kalau penggunaan AI. Bikin sistem terintegrasi saja belum sanggup, contohnya ektp secara aturan 14hari setelah rekam data tapi bisa berbulan-bulan ektp kagak terbit. Penggunaan ektp masih manual padahal sudah tertanam chip, bayar pajak tahunan kendaraan bermotor harus di daerah asal padahal kita tinggal di Indonesi dan ada eKTP.





Ngpain bikin kalau bisa beli punya negara lain
Lalu kembangkan
Itu lebih mudah

Mantap pakdheemoticon-Malumaluemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
henbodi dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:43
kok ane emosi baca judulnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:44
Klo robot ga bisa dikasih saweran. Ga kenal sama uang lelah/tanda terima kasih.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Quinceanera dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:45
Wamen nggak diganti AI juga pak???
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
0 1
-1
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:45
emang 2020 rencana industri 4.0 mulai kan?

pekerjaan2 yg repetitive itu seharusnya bisa diserahkan di robot agar memudahkan manusia... manusia yg kerja skrg masih di lingkup itu harusnya di siapkan buat pekerjaan yg sering membutuhkan decision making
profile-picture
profile-picture
itkgid dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:45
robot bisa dipercaya daripada manusia. krn banyak pungli sana sini. btw bakal banyak yg gak suka kowi...jadi tambah musuh baru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jaizal dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:46
sosialisasi ke khalayak umum sangat penting kalo ini beneran terjadi entah tahun depan apa beberapa tahun mendatang. Liat saja nanti karena tukang pungli banyak di administrasi dan yaaa ceperan mereka ilang beneran emoticon-Ngakak.. Toh pegawai pns pemalas semua kebanyakan
Diubah oleh aliensia
profile-picture
profile-picture
itkgid dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Saat Jokowi Meminta Maaf Lebih Pilih Robot Ketimbang PNS
29-11-2019 14:47
ademin aja kuy
0 0
0
Halaman 2 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia