Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
167
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dde39caf4d6956b987303d3/5-hal-yang-perlu-lo-ketahui-tentang-quotintrovertquot
Gue sendiri jelas seorang introvert, dan dulunya pasif dan pemalu, ini semua berubah seiring waktu boleh dikata ane sekarang cenderung proaktif dan pede. Tapi "proaktif" dan "pede" tidak semerta merta mengubah gue jadi ekstrovert.
Lapor Hansip
27-11-2019 15:54

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Halo gansis sekalian, gue mau bahas satu topik yang sepertinya banyak orang masih bingung dan sering salah kaprah, yaitu tentang "introvert".

Gue sendiri jelas seorang introvert, dan dulunya pasif dan pemalu, ini semua berubah seiring waktu boleh dikata ane sekarang cenderung proaktif dan pede. Tapi "proaktif" dan "pede" tidak semerta merta mengubah gue jadi ekstrovert.

Maksudnya gimana sih? Jadi biar ga bingung, langsung aja gue paparkan 5 poin salah kaprah tentang introvert.

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"


1. Introvert TIDAK Sama Dengan Pemalu

Banyak orang menganggap "introvert" itu sebagai tipe orang yang pemalu dan tidak bisa bersosialisasi, inilah anggapan yang paling banyak beredar di masyarakat luas.

Orang yang mudah bergaul selalu disebut sebagai "extrovert", padahal bukan engga mungkin seorang "introvert" itu memiliki pergaulan luas, atau bahkan menjadi public figur yang sangat besar namanya.

Bukan engga mungkin juga misalnya dilakukan testing di ruangan berisi banyak orang, yang extrovert malah berdiam diri di pinggiran, sedangkan yang introvert malah berkenalan dengan semua orang disitu. Mungkin karena yang extrovert pemalu sedangkan yang introvert memang pede dan sosial.

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"

Beberapa contoh introvert yang menjadi public figur internasional yaitu Keanu Reeves, Elon Musk dan Barack Obama.

Anggapan ini cukup fatal menurut gue, karena orang yang pemalu semerta-merta bisa mencap dirinya sebagai introvert dan kemudian tidak melakukan apa-apa untuk mengubahnya, intinya menjadikan kata "introvert" sebagai alasan.

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"


2. Sifat Introvert Tidak Bisa Diubah

Beberapa tahun lalu gue minder berabis dan kayak ngalamin inferiority complex. Akibatnya gue sangat kesulitan bersosialisasi, bahkan di lingkungan kerja gue sekalipun.

Sampai satu hari gue berlatih pelan-pelan untuk bersosialisasi dan membaca buku pengembangan diri yang berkaitan dengan rasa percaya diri dan cara bersosialisasi (dari cara berbicara, bahasa tubuh sampai dinamika sosial).

Setelah gue mencapai tingkat rasa percaya diri yang gue rasa cukup buat diri gue, gue tetaplah seorang introvert. Nah tapi sekali lagi gue tekankan, introvert bukan pemalu.

Gue membawakan presentasi di atas panggung, kenalan sama orang baru atau dateng ke pesta ga masalah sama sekali sekarang ini. Dibandingkan dengan gue yang dahulu, gue selalu menghindari hal-hal tersebut, karena gue malu dan minder bila menghadapi orang-orang banyak. Gue tetap introvert tapi lebih pede.

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"


3. Faktor Gen Sangat Mempengaruhi

Seseorang bisa menjadi introvert dari lahir, tapi juga bisa dipengaruhi lingkungannya. Sebenarnya hal ini tidak aneh dan bukan sesuatu yang baru.  Jelas ini masalah nature vs nurture, bawaan lahir atau pengaruh lingkungan dan segala aspek fisik maupun non fisik seseorang semuanya bergantung terhadap nature dan nurture, dan masalah introvert atau extrovert termasuk didalamnya.

Ini pun dibuktikan dari hasil penelitian psikologis Harvard Jerome Kagan dan Nancy Snidman, bahwa introvert dan extrovert adalah bawaan dari lahir, dimana sekelompok bayi diberi rangsangan dari luar dan hasinya reaksi masing-masing berbeda (yang menandakan kelompok bayi A sebagai introvert dan kelompok bayi B sebagai extrovert). Dan hal ini terbawa hingga mereka dewasa.

Tapi jelas bila sudah berkaitan dengan gen (nature), hal ini nyaris tidak bisa diubah, meskipun lingkungan (nurture) bisa mempengaruhi. Yang positif bisa lo ubah hanyalah personality/kepribadian. Rasa pede dan semacamnya.

Maksudnya gimana? Contohnya apabila lo dengar orang "dulu gue ekstrovert sampai suatu hari kejadian tersebut menjadikan gue introvert" atau "dulu gue introvert sampai gue belajar bersosialisasi sehingga kini gue menjadi extrovert". Yang mereka sampaikan adalah tingkat rasa percaya diri mereka, atau kepribadian mereka yang berubah. Bukan perubahan dari introvert menjadi extrovert atau sebaliknya.

Sekali lagi, baca point pertama.

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"


4. Hal-hal yang sangat dibenci oleh para introvert

Setidaknya dari diri gue yah. Pertama, orang menginterupsi ketika gue sibuk di dalam pikiran gue, Ini bener-bener annoying banget. Mungkin seringnya karena kecampur sama waktu "mancaving" gue jadi kalo ada yang menggangu waktu introvert merangkap mancaving gue itu bener-bener sangat annoying banget, pake sekali.

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"

Kedua, orang menanyakan pendapat gue misalnya di waktu meeting dan semacamnya. Yang biasanya dimulai dengan "ada yang mau disampaikan" dan pertanyaan itu spesifik langsung ditujukan kepada gue.

Ketika seorang introvert tidak punya hal untuk disampaikan, mereka ga akan ngomong apa-apa. Nah ketika introvert punya sesuatu untuk disampaikan yakinlah itu sesuatu yang cukup penting, karena memang para introvert cukup irit dalam  berbicara emoticon-Leh Uga

Ketiga, masih mirip sebelumnya, cuma ini di suasana santai, dan ini merusak mood banget. Calling out our silence. My god ini annoying banget. "Kok diem aja? Kok cuma senyum aja? Kok ga ngomong?". Biasanya kalo gue dibeginiin, gue lirik matanya terus gue senyumin aja, biar  pikiran tuh orang tambah kemana-mana emoticon-Leh Uga

Keempat, salah kaprah menyamakan introvert dengan pemalu, atau menggunakan istilah "introvert" tidak pada tempatnya. Penggunaan istilah introvert yang salah misalnya "gue itu introvert jadi gue ga suka clubbing" atau "gue itu introvert jadi ga berani kenalan sama itu cewek" atau "gue itu introvert jadi gue ga bisa bersosialisasi". Kalo masalah pemalu atau engga, orang extrovert juga bisa jadi pemalu.

Mungkin yang introvert bisa tambahin poin-poin lainnya?

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"


5. Jadi apa bedanya introvert dan extrovert sebenarnya?

Apa aja indikasinya?

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"

Kalau seseorang mudah bergaul apakah orang itu sudah pasti extrovert? Atau seseorang yang kesulitan bergaul sudah pasti introvert? Engga dan engga.

Yang membedakan introvert dengan extrovert adalah darimana sumber stimulus mereka. Extrovert lebih reaktif terhadap stimulus dari luar diri mereka, sedangkan introvert lebih terfokus terhadap stimulus dari dalam diri mereka (dalam kasus ini pikiran, imajinasi dan semacamnya).

Perlu diingat terlebih dahulu, ini bukan masalah mana yang lebih baik. Sama seperti membandingkan pria vs wanita, tidak ada yang lebih baik, yang ada itu berbeda. Dan masing-masing punya kelebihannya sendiri.

Inilah yang sering menimbulkan salah kaprah tentang tingkat sosialitas kedua trait, dimana extrovert mendapatkan energi/terpuaskan dengan stimuli dari sekitar mereka, introvert mendapatkannya dengan membiarkan pikirannya bekerja.Singkatnya, extrovert mendapatkan energi dari rangsangan external, introvert mendapatkan energi dengan menelusuri pikirannya.

Extrovert akan mendapatkan stimuli tersebut salah satunya dengan berbicara, sedangkan introvert tidak perlu berbicara. Ini pula yang menyebabkan biasanya introvert cenderung tidak suka berbasa-basi dan straight to the point (biasanya terkesan kasar).

5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"

Gimana mbakgansisbro? Ane harap sih bisa membantu gansis memahami topik ini.

Ada poin lain yang mau ditambahkan? Atau ada uneg-uneg mengenai masalah extrovert/introvert ini? Monggo dicurahkan di komentar bawah
emoticon-Toast

profile-picture
profile-picture
profile-picture
coolaboy2k dan 40 lainnya memberi reputasi
39
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 8
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 10:52
Baru tau kalo introbert beda sm pemalu 😂
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 10:53
Point pertama itu penting sekali. Juga kadanh ada salah kaprah, menyamakan introvert dgn anti-sosial.

Gejalanya mmg mirip2 sih
emoticon-Ngakak

Trs mungkin nambahin aja (CMIIW)

Orang introvert butuh waktu buat menyendiri.

Orang ekstrovert butuh waktu buat berkumpul.

Yg dimaksud butuh itu orang introvert kalau dipaksa bersosialisasi terus2an, dan ga punya waktu utk menyendiri, bisa stress dia.

Demikian jg sebaliknya.

Titik lelahnya di mana, itu relatif.
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 10:54
Ternyata ga bisa di ubah
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 10:55


Quote:Original Posted By pabloo
hmmm begitu ya gaes

Begitulah kenyataan yang ada
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 10:57
gw kyanya pemalu iya introvert juga iya, gw bisa aja ngomong lama dan byk tp habis itu rasanya capeeek bgt, trus buat nge charge stamina lagi ya dg menyendiri. trus kl udah g nyaman sama org ya gw bicaranya irit bgt, tp kl nyaman bisa cerewet.. tp ya itu, habis bicara byk ya capek aja,,
profile-picture
profile-picture
exorio dan indahmami memberi reputasi
2 0
2
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 10:59
Quote:Original Posted By exorio
reserved


Quote:Original Posted By idaalfaqieh
Si introvert biasanya sangat susah percaya ke orang. Bener nggak Gan?


Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Bener nggak ya?emoticon-Bingungemoticon-Entahlah sy introvert, kalau untuk curhat iya, tp kalau orang ngomong mudah percaya sama omongan orang, sifat skeptisnya itu yg susah percayaemoticon-Hammer2


Quote:Original Posted By salvation101
Ane introvert temen deket ane ga terlalu banyak, tapi kenalan ane banyak, ane juga punya masalah kepercayaan, ga gampang percaya sama orang sekalipun tuh orang deket banget.

Dulu waktu sma ane susah bergaul, tapi pas kuliah gampang banget deket sama orang dan dipercaya orang


Hmm..
Aku mau ngaku intro, percaya kagak yah?
emoticon-Bingung


Secara di RL mengasingkan diri.
emoticon-Ngakak

Tapi di dumay udah mulai bisa berbaur.
G' menutup diri lagi, tapi tetep waspada.
Karena g' semua orang bisa dipercaya.
emoticon-Cool
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 10:59
saya seorang introvert sejak kecil, tapi bukan berarti saya closed minded, katrok, ga gaul, pemalu, ga pede, justru kebalikannya..tetapi memang ada kalanya saya lebih suka menyendiri, enjoy my hobby dan menghabiskan waktu di dunia saya sendiri.
profile-picture
profile-picture
exorio dan indahmami memberi reputasi
2 0
2
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 11:03
Ane pernah tes kejiwaan terus ada hasilnya:
ane
99% introvert 1%ekstrovert
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 11:05
Quote:Original Posted By sukuu04
Beneer gaaan, kalo sama orang yang dia nyaman juga dia oke oke ajaa sering keluar rumah...



Quote:Original Posted By aliensia
Nah iya.. Ane lebih suka jalan berdua.. Sama temen ane yg cewek nyaman aja gitu tiap maen bedua. Timbang rame2 yg bikin kurang bebas nentuin mau kemana.. Semakin dikit semakin nyaman.. Soalnya kalo rame2 ane jadi pendiem.. Ane gk kemqsuk introvvet sih soalnya di kampus tetep ngobrol rame2

Iya gan ane mah sering banget jalan2 cuma ya itu sama orang2 yg bikin nyama aja, ya paling banyak ber 4,
Sama best friend doang mau nya,
Klo diajak turing rame2 mah ogah emoticon-Ngakak
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 11:08
gue introvert, ada masalah banget sama sosialisasi. paling males ketemu orang baru apalagi basa basi. tapi gak ada masalah saat presentasi atau menyampaikan pendapat, atau interaksi sama orang yang udah dikenal. tapi kadang kalo kebanyakan interaksi suka capek sendiri trus milih menyendiri deh biar bertenaga lagi.
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 11:08
Bisa melakukan semuanya tergantung moodemoticon-Malu emoticon-Malu
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 11:09
menurut guwe sih sbnernya ga ada yg benar benar 100% extro / intro, karena disetiap masing orang minimal ada 2 itu.

contoh guwe, ya gw emang introvert 80% dan extro 20%, kenapa ada extro? ada saatnya saat lu bertemu teman yg bner bner ngerti elu dan paham lu, sifat extro lu keluar.

sampe temen pun yg udah tau gw bilang, ga nyangka lu diem diem tuh bawel dan heboh, karena spenglihatan orang gw tu bner2 kalem, irit ngomong, dll. tapi klo udah ktmu yg pas, beugh.... hahahahha

Buat yg emang intro akud, coba aja berbaur ga usah dipaksain, dr zona kecil dulu perlahan...

Btw, cuman pesen jangan bikin marah orang intro, sekalinya marah serem loh.... haahhahahaha

salam dr seorang intro emoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
doombringer2211 dan exorio memberi reputasi
2 0
2
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 11:11
Quote:Original Posted By c2tama
si ekstrover ke introver : kamu kok banyak diem (introver tersinggung) emoticon-Mad
si introver to ekstrover : eh, kamu juga kok banyak ngomong (ekstrover tersinggung) emoticon-Mad

Jadi kawan-kawan, harap hati-hati sebelum berbicara kepada orang lain, lihat situasi kondisi dulu y emoticon-Big Grin


Trus terjadilah adu mulut perdebatanemoticon-Ngakak
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 11:11
Quote:Original Posted By uusDK
Ane kadang introvert kadang ekstovert.. Gak jelas emoticon-Hammer2


Tergantung mood ya ganemoticon-Ngakak
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 11:13
Introver
extrovert
ambievert
ane trmasuk ambievert gan emoticon-Malu
Coba googling dehh
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 11:15
Ane mah gak tau dah gan, tapi yang ane sadar dari diri ane yaitu ane suka bingung mau ngapain sama orang yang gak dikenal, misalnya begini pas lagi nongkrong temen ane si A bawa temennya dia si B, ane kenal dengan A tapi belum terlalu kenal dengan B dan suatu saat temen ane si A ini ninggalin ane berdua dengan B, saat itu terjadi ane coba mecahin suasana dengan ngajak si B ngobrol tapi gak lama obrolannya terhenti dan suasana awkward muncul lagi dan buat ane jadi bodo amat lah dan menyibukan diri ane sendiri emoticon-Ngakak (S)

Tapi kalo ada orang yang diajak ngobrolnya enak selaras gitu meskipun baru kenal, ya enak aja gak ada rasa risih atau apa, tapi ane juga tipe orang yang rumahan gak terlalu suka pergi keluar, lebih suka dirumah menghabiskan waktu sendirian, bukan berarti ane gak suka bersosialisasi hanya saja ane lebih memilih me time daripada nongkrong di luar emoticon-Big Grin
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 11:16
orang introvert ngaku introvert itu ibarat seorang intel ngaku intel, kalo anda merasa introvert itu bukan karna anda introvert mungkin emang teman anda saja yg sedikit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ribao dan 4 lainnya memberi reputasi
2 3
-1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 11:18
kalo menurut ane introvert itu akan muncul dengan sendirinya sih
kebetulan kadang ane pun begitu gan emoticon-Malu
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 11:21
Quote:Original Posted By LucifeRaeR
bang barangkali ada referensi buku yg bisa dibaca buat ningkatin social skill hehe😅

setuju sama semua poin di trit ini wkwkwk hidup introvert


Soal ningkatin social skill, menurut ane point2 yg penting adalah :
1. Percaya diri.

Bisa ditingkatkan dgn cara upgrade skill dan knowledge. Paling bagus menurut ane kl percaya diri itu muncul scr natural, bkn krn dibuat2.

2. Latihan.

Paksakan diri utk bicara di depan umum. Kenalan dgn orang. Dsb.

Kl ane boleh kasih tips, dr pengalaman pribadi, lbh enak bljr bicara di forum formal dunia pendidikan. Krn biasanya yg mendengarkan punya etika, shg waktu kita bicara, mereka akan mendengarkan.

Waktu sesi tanya jawab, mungkin hajarannya lbh kerasa sih....

Tp kalau persiapan kita bagus (cek point no. 1), justru di sesi debat atau tanya-jawab ini, yg bikin kita tumbuh percaya dirinya.

Kemudian, utk kenalan ama orang, mulai bljr kenalan dgn orang di bagian customer service. Bkn napa2, cm kan bagian dr job desk mereka utk ramah pd pelanggan. Jd kita ga down, pas lagi baru mulai.

Bayangin aja, baru awal nyoba berani kenalan, ketemu orang jutek.
emoticon-Ngakak
Diubah oleh lonelylontong
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
5 hal yang perlu lo ketahui tentang "introvert"
29-11-2019 11:25
Klo di film2 hollywood orang ekstrovert pasti mati duluan emoticon-Ngakak
profile-picture
exorio memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia