• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Inilah 5 Sinetron Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Versi Ane, Setuju Gan?

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Inilah 5 Sinetron Indonesia Terbaik Sepanjang Masa Versi Ane, Setuju Gan?
Berbicara mengenai sinetron alias sinema elektronik biasanya langsung terpikir di benak kita merupakan suatu jenis program televisi yang minim kualitas dan membosankan. Hal tersebut memang benar adanya, namun tidak semua sinetron Indonesia itu jelek. Sepanjang sejarah pertelevisian Indonesia sudah sangat banyak judul sinetron bermunculan dan hanya segelintir di antaranya yang punya kualitas yanng baik atau setidaknya lumayan. Tidak seperti sinetron sekarang yang semakin tidak jelas, berikut ini adalah beberapa judul sinetron Indonesia terbaik versi ane.

1. Si Doel Anak Sekolahan (SDAS)

Inilah sinetron legendaris Indonesia yang punya rating sangat tinggi di masanya, pertama kali tayang pada tahun 1994 di RCTI dan berjumlah 162 episode yang dibagi menjadi 7 season dan berakhir pada 2006. Rano Karno membuat sinetron ini sebagai adaptasi bebas dari versi layar lebar "Si Doel Anak Betawi (1979)" yang juga dibintangi oleh dirinya dan diangkat dari novel karya Aman Datuk Majoindo. Sinetron ini sebenarnya sangat sederhana. Namun justru karena kesederhanaan dan akting yang natural dan realistis dari para pemainnya membuat para penonton sangat mencintai sinetron ini. Penonton seolah bukan melihat sinetron melainkan kehidupan sehari-sehari dan tidak ada yang namanya unsur "utopia" seperti halnya sinetron zaman sekarang.

2. Keluarga Cemara

Alih-alih pamer kemewahan seperti sinetron remaja zaman sekarang, sinetron Keluarga Cemara justru sebaliknya, memperlihatkan sebuah kesederhanaan dan apa adanya. Diangkat dari buku karya Arswendo Atmiwoloto, Keluarga Cemara pertama tayang pada 1996 hingga tamat pada 2005 dengan penayangan setiap seminggu sekali. Mengisahkan sebuah keluarga kecil yang jatuh miskin dan menjalani hidup dalam kesederhanaan. Ane yakin kaskuser yang sudah veteran tahu sinetron ini karena pada 2019 versi terbarunya alias versi filmnya sudah tayang dan sukses besar serta dibintangi oleh Adhisty Zara sebagai Euis emoticon-Big Grin. Btw, sinetron ini mengandung banyak pesan positif di antaranya adalah selalu bersyukur dan terus berusaha serta menyadari jika keluarga adalah harta yang paling berharga.

3. Lorong Waktu

Sebuah sinetron yang benar-benar unik karena sangat jarang sinetron Indonesia yang mengusung genre fiksi ilmiah. Mengisahkan Ustad Adin yang menemukan mesin waktu dan memulai perjalanan waktu bersama dengan muridnya Zidan, dan juga Haji Husin. Setiap episodenya bercerita tentang nilai-nilai yang bisa diambil dari setiap "jalan-jalan" di lorong waktu.Ya, sesederhana itu. Sinetron yang dibintangi oleh Deddy Mizwar ini berjumlah 6 season dan pertama tayang pada 1999 dan tamat pada 2006. Season 1 sampai 5 tayang di setiap bulan Ramadhan.

4. Para Pencari Tuhan (Season Awal)

Ramadhan 2007 SCTV menayangkan program sahur yang unik kala itu. Jika TV lain menayangkan acara live sejenis komedi, justru SCTV menayangkan sinetron yang diselingi kuis di setiap jeda iklan. Para Pencari Tuhan season pertama mengisahkan tiga orang pemuda yang baru keluar dari penjara (dibintangi oleh trio Bajaj) dan bertemu dengan Bang Jack yang seorang penhaga Mushola dan mereka belajar memulai hidup baru lewat belajar agama. Memang sih, semakin ke sini PPT malah menurun. Namun setidaknya sampai dengan season 3, PPT masih punya kualitas yang baik dari segi cerita.

5. Preman Pensiun

Kata siapa sinetron dari era sekarang jelek semua? Preman Pensiun adalah satu sinetron terbaik di era sekarang ini. Berjumlah hanya 3 season dan tamat pada 2016 dan tidak dilanjutkan walaupun rating masih cukup tinggi. Sinetron yang di season 1 dan awal season 2 dibintangi oleh alm Didi Petet ini mengisahkan Kang Bahar yang merupakan penguasa (preman) terkemuka di Bandung memutuskan untuk pensiun alias berhenti setelah sang istri meninggal dan memberikan kursi pimpinannya kepada sang tangan kanannya, Muslihat (Epy Kusnandar). Walaupun bernuansa komedi, namun Preman Pensiun tetap punya cerita yang jelas dan terarah. Berlatar di tanah sunda, sinetron ini disutradarai oleh Aris Nugraha, orang yang juga menjadi otak di balik kesuksesan sitkom Bajaj Bajuri.

Nah, itu dia gan 5 sinetron Indonesia terbaik versi ane. Tiga dari judul sinetron di atas sudah dibuatkan filmnya dan juga sukses mendatangkan banyak penonton emoticon-Ngakak. Ada yang mau nambahin? emoticon-Big Grin

Quote:
Diubah oleh cintadine 26-11-2019 15:17
Daniswara92
sebelahblog
thebavarian.90
thebavarian.90 dan 38 lainnya memberi reputasi
39
17.7K
214
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.