• Beranda
  • ...
  • Kekoreaan
  • 4 Kebiasaan Sehat Orang Korea, No 3 Susah Dibudayakan Warga +62

mbakendutAvatar border
TS
mbakendut
4 Kebiasaan Sehat Orang Korea, No 3 Susah Dibudayakan Warga +62


Threadsebelumnya, ane udah bahas nih soal kebiasaan unik orang Korea Selatan yang alhamdulillah mengundang banyak komentar yang lucu dan ada beberapa yang membantah beberapa poin.

Keren sih. TS suka sama kritik ataupun komentar nggak setuju. Hal itu mendorong ane untuk lebih giat menulis dan membaca banyak referensi agar tulisan-tulisan ane bisa lebih berkualitas dan bernilai edukatif alias nggak sekadar thread cemilan demi mendulang viewersemoticon-Smilie.

Quote:


Baik, sekian basa-basi pembukanya. Kita langsung masuk ke pembahasan inti threadkali ini.

Jadi, ane bakal membahas soal kebiasaan sehat orang Korea Selatan yang bisa dijadikan referensi tuk diterapkan dalam hidup kita. Jadi, buat kalian yang suka K-Drama atau K-Pop, jangan cuma sekadar suka tanpa mau ambil sisi positifnya ya.


1. Doyan Makan Sayur-Sayuran


Orang Korea doyan makan sayur? Yap, itu benar. Semua menu makanan yang tersaji di meja makanan mereka didominasi oleh sayur; seperti kimchi, banchan, tauge, bayam yang diasinkan, sayur kol mentah atau setengah matang, dll.

Kimchi merupakan salah satu makanan pokok orang Korea. Sebuah studi menunjukkan jika mengonsumsi kimchi dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam darah. Selain itu, terdapat kandungan vitamin A, C, dan serat yang baik untuk percernaan.

Nggak cuma kimchi sih sebenarnya. Orang Korea suka semua jenis sayuran, Maka nggak heran, kalo kalian misalnya nonton drakor atau makan di restoran Korea, udah pasti akan ada sayuran di setiap hidangannya. Meskipun daging juga menjadi menu utama pada beberapa jenis masakan, namun mereka pasti memberikan sayuran dalam porsi yang seimbang.

Kebiasaan sehat ini membuat kulit orang Korea secara umum mulus dan sehat loh. Sayur memiliki kandungan lengkap mulai dari vitamin A, C, K, B kompleks hingga mineral seperti magnesium, kalsium, kalium, zat besi, dan betakaroten. Pastinya juga rendah kalori, jadi nggak bikin gemuk, kayak aneemoticon-Big Grin.


2. Rajin Minum Air Putih


Bagi kalian yang suka nonton drakor, mungkin bakal sering liat aktor atau aktris di sana terburu-buru buat sekadar minum air putih atau dalam setiap kesempatan menyempatkan diri untuk minum air putih. Mereka juga rajin minum air sesaat setelah bangun tidur.

Air putih bukan cuma membantu mengurangi dehidrasi saja, tapi juga dapat membantu menyehatkan pencernaan, melancarkan metabolisme tubuh, serta mengubah lemak jadi energi.

Jadi, rahasia kulit tetap kinclong dan awet muda bukan cuma skincare-an, Gan!


3. Doyan Jalan Kaki


Nggak beda jauh dengan negara tetangganya--Jepang, Korsel juga punya kebiasaan jalan kaki yang patut banget dicontoh orang Indonesia.

Orang Korea lebih suka menggunakan transportasi umum dan jalan kaki ketimbang naik kendaraan pribadi. Sebenarnya ini juga didukung oleh fasilitas yang disediakan pemerintah untuk pejalan kaki. Misal, di Kota Seoul saja, pemerintah rela menghilangkan 4 jalur bebas hambatan demi memberi ruang kenyamanan beraktivitas pejalan kaki loh.

Jalan kaki adalah kebiasaan mereka, misalnya dari rumah ke sekolah, kantor, atau sekadar olahraga kecil. Kebiasaan ini sudah menjadi gaya hidup mereka tanpa memandang status sosial. Fakta menariknya, orang Korsel ternyata doyan dan terobsesi mendaki gunung. Bahkan 1 dari 3 masyarakatnya melakukan pendakian lebih dari sekali dalam sebulan. Wow banget, kan?

Maka tak heran, masyarakat Korea Selatan diperkirakan memiliki harapan hidup terpanjang hingga tahun 2030 mendatang karena gaya hidup sehat ini.


4. Doyan ke Sauna


Ini adalah salah satu kebiasaan orang Korea yang sudah membudaya. Nggak cuma ada di drakor saja, nyatanya sauna di Korea sangat mudah ditemukan bahkan buka 24 jam untuk mengizinkan pengunjung menginap berhari-hari loh. Rumah sauna atau jimjilbangsangat populer karena kebiasaan masyarakat Korea yang suka pergi ke sana. Bahkan menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan ketika berkunjung di sana.

Manfaat sauna yang bisa mereka dapatkan antara lain ialah mendetoksifikasi racun yang dikeluarkan lewat keringat, menurunkan berat badan hingga merelaksasi pikiran.

Kalo di daerah ane sih, belum ada sauna ya. Jadi, berpanas-panasan di depan rumah aja udah cukupemoticon-Big Grin.




Gimana caranya agar kebiasaan sehat ini dapat kita terapkan? Ya, mulai dari diri sendiri dulu. Biasakan untuk berjalan kaki jika memang tujuan yang akan ditempuh itu dekat, misal ke sekolah. Jangan mager! Wujudkan Indonesia sehat mulai dari diri kita sendiri.




Referensi : 1, 2, 3, 4


Sumber Gambar : 1, 2, 3, 4, 5
Diubah oleh mbakendut 29-11-2019 00:01
aurora..
swiitdebby
081364246972
081364246972 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
17.7K
278
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread•2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.