News
Batal
KATEGORI
link has been copied
127
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dddfbc988b3cb5aca28604f/mulut-manis-anies-soal-pulau-reklamasi
Menolak reklamasi menjadi salah satu janji utamanya pada Pilkada DKI Jakarta. Terbukti, Anies berhasil mengalahkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam perhelatan politik daerah paling terpecah-belah, yang eksesnya masih terbawa sampai sekarang.
Lapor Hansip
27-11-2019 11:30

Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi

Past Hot Thread
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi

tirto.id - “Mengapa kita menolak reklamasi? Karena memberikan dampak buruk kepada nelayan kita dan memberikan dampak pada pengelolaan lingkungan.” Anies Baswedan mengatakan itu pada debat putaran kedua di Hotel Bidakara, Jakarta, 12 April 2017.

Menolak reklamasi menjadi salah satu janji utamanya pada Pilkada DKI Jakarta. Terbukti, Anies berhasil mengalahkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam perhelatan politik daerah paling terpecah-belah, yang eksesnya masih terbawa sampai sekarang.

Khalil Charliem, nelayan Muara Angke di Jakarta Utara, mengingat ucapan manis Anies itu dengan rasa masygul. September 2018 di kampungnya, ia bertemu Anies. Saat itu Anies bilang, “Pak Khalil, kita stop. Reklamasi kita hentikan.” Khalil tentu girang. Rumahnya berhadapan langsung dengan Pulau G—atau diubah namanya oleh Anies menjadi Kawasan Pantai Bersama.

Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi

Sejak kehadiran pulau yang dibangun oleh PT Muara Wisesa Samudra, anak usaha PT Agung Podomoro Land, itu hidupnya menjadi sulit. Perahunya tak bisa langsung ke laut lepas.

Namun, kini Anies justru memberikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Pulau D—atau Kawasan Pantai Maju, yang dibangun oleh PT Kapuk Naga Indah, anak usaha Agung Sedayu Group milik Sugianto Kusuma alias Aguan. Segel di Pulau G juga sudah dicabut.

Beberapa bulan terakhir, ujar Khalik, terlihat pembangunan breakwater atau batu pemecah gelombang di lepas pantai. Khalil berkata pembangunan Pulau G sudah berjalan kembali.

Inkonsisteni Anies terhadap Pulau Reklamasi Sebulan setelah berjanji menghentikan reklamasi, pada 15 Mei 2017 atau setelah dia memenangkan Pilkada Jakarta, Anies mengatakan akan tetap memanfaatkan pulau reklamasi yang terlanjur dibangun untuk "kepentingan publik".

“Intinya adalah fasilitas publik itu sesuatu yang bisa bermanfaat untuk orang banyak dan dimanfaatkan, pengelolaannya bisa oleh pemerintah, oleh macam-macam (swasta), tapi intinya bermanfaat untuk publik," ujarnya.

Janji itu kemudian masih linier dengan kebijakannya menyegel 932 bangunan di Pulau D dan menutup Pulau C dan D pada 7 Juni 2018. Pada 26 September 2018, Anies menegaskan reklamasi dihentikan.

Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi

Izin bagi 13 pulau reklamasi dicabut dan pengurukan tidak dilanjutkan. Satu janji kampanye Anies lunas. Saat itu pula ia sempat menemui warga nelayan Muara Angke, termasuk Khalil. "Nanti akan dibentuk badan-badan yang diharuskan oleh Keppres nomor 52 tahun 1995 dan juga oleh Perda yang menyangkut reklamasi, kami akan menjalankan sesuai dengan aturan,” tegas Anies.

Namun, selang dua bulan, lewat Pergub 120 pada November 2018, Anies menunjuk PT Jakarta Propertindo alias Jakpro untuk mengelola kawasan reklamasi. "Kami menugaskan kepada salah satu BUMD, yaitu Jakpro, untuk mengelola lahan yang nanti akan digunakan." Hanya berselang tiga hari setelahnya, ia membuat kebijakan dengan mengubah nama ketiga pulau. "Pulau C menjadi Kawasan Pantai Kita, Pulau D menjadi Kawasan Pantai Maju, Pulau G menjadi Kawasan Pantai Bersama,” ujar Anies.

Puncaknya, pada 12 Juni 2019, Anies diketahui memberikan IMB kepada 932 bangunan di Kawasan Pantai Maju, yang sebelumnya ia segel lantaran tak memiliki IMB. “IMB ini bukan soal reklamasi jalan atau berhenti, tetapi IMB adalah soal izin pemanfaatan lahan hasil reklamasi dengan cara mendirikan bangunan.

Dikeluarkan atau tidak IMB, kegiatan reklamasi telah dihentikan. Jadi, IMB dan reklamasi adalah dua hal berbeda," kilah Anies pada keterangan tertulis, 13 Juni 2019. Anies memang tidak keliru. Reklamasi tidak dilanjutkan di 13 pulau. Kegiatan pengurukan dihentikan. Meski demikian, publik kadung percaya bahwa penghentian reklamasi adalah penghentian total bagi keseluruhan pengurukan dan pembangunan di atas lahan reklamasi.

Alasan yang Mengada-ada' Realistis, ketaatan prinsip good governance dan mengembalikan kepercayaan dunia usaha. Demikian argumen Anies atas penerbitan sertifikat IMB untuk 932 bangunan di Pulau D.

Sejumlah kelompok lingkungan, termasuk Walhi, menilai alasan Anies itu mengada-ada. Argumen Anies justru bisa membawa pengelolaan lingkungan kawasan utara Jakarta ke arah yang kabur. Walhi mempertanyakan apakah Gubernur Anies melakukan kajian terlebih dulu.

Kajian Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyebut ada sejumlah ancaman jika pembangunan di atas lahan hasil reklamasi terus dilakukan. Misalnya, pada Kawasan Pantai Kita (Pulau C) dan Kawasan Pantai Maju (Pulau D), dua pulau yang dibangun oleh Agung Sedayu Group. Kajian yang tidak dikembangkan Pemprov Jakarta antara lain temuan soal kedua pulau itu akan berdampak pada penurunan kualitas air laut, pemulihan ekosistem, dan nirmanfaat bahkan jadi beban pemerintahan Jakarta.

Sementara ada kajian yang bahkan dihilangkan seperti dampak lanjutan dari pembuangan material ke dumping site, serta biaya tinggi pembangunan. Walhi menyebut ada ancaman likuefaksi, mirip terjadi di Palu pasca-gempa, jika pembangunan di kawasan reklamasi dilanjutkan.

sumber


Untuk urusan SSI, Pak Gabener DKI juaranya.....  emoticon-Malu


Suasana Pulau Reklamasi Sekarang ... emoticon-Wowcantik

Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
Diubah oleh funrise.1
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oliver28 dan 26 lainnya memberi reputasi
25
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 7
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 15:45
Manis di bibir memutar kata
Diubah oleh unitedoil
0 0
0
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 15:51
Quote:Original Posted By odep.dammahum
dibilangin, yg dibeking 9 naga itu anus


Kirain 9 kurcaci emoticon-Leh Uga
0 0
0
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 15:53
hasil kerja mulut dan hasil kerja nyata mungkin mulai terasa bedanya kali ya
0 0
0
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
Lapor Hansip
28-11-2019 15:58
Balasan post p.star7
Pribumi diluar lagi jadi Satpam, gan
0 0
0
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 16:02
Anis laknat Baswedan
0 0
0
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 16:03
"Manis semanis senyuman mu abud"
0 0
0
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 16:09
celengers menguik, pak anies kerja terus, gubernur rasa presiden
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
0 1
-1
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 16:10
Quote:Original Posted By bowom159
yang jadi karyawannya gan?


Quote:Original Posted By Lysergide
lagi cuci piring noh


Quote:Original Posted By renzaki
Pribumi diluar lagi jadi Satpam, gan


Ini namanya itik yg bertelur, ayam yg mengerami emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah
0 0
0
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 16:15
Quote:Original Posted By roberthw
Anies piawai mengobral janji-janji surga dibalut pencitraan semu berbungkus retorika bualan yang indah.

Ahok menawarkan solusi komprehensif yang tegas, sesuai aturan, realistis dan berorientasi pada kepentingan banyak orang.

Namun justru Anieslah yang menang dan Ahok yang tersingkir.


Ternyata banyak orang yg berharap pengin masuk surga emoticon-Leh Uga
0 0
0
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 16:26
najis emang keahliam cuma lepas tangan...
0 0
0
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 16:27
Pak Anies kerjanya hanya merangkai kata
0 0
0
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 16:30
hmm gimana gimana,sampe pak ahok kan bilang pak anies ini gubernur paling pemberani karena mau berentiin proyek reklamasi,sekarang pulaunya sudah ramai ya
0 0
0
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 16:31
wah SSInya jos banget ni, bisa dipelajari ni hahaha
0 0
0
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 16:32
wakwakwak diisi non pribumiemoticon-Wakaka
0 0
0
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 16:32
pebdukunb onta arab vs loyalis china glodok emang susah akurnyeemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 16:33
mulut manis cocok buat yg tolol en gampang di kerjain orang lain
0 0
0
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 16:36
Quote:Original Posted By cipokan.yuk
bacotnya "anti reklamasi" tp di belakang kongkalikong sm cukong reklamasi
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
SIAP KOH, SIAP KOH. KONTRIBUSI NTAR ANE BIKIN 0% DAH, IMB JUGA NTAR ANE ANTAR LANGSUNG KE RUMAH NGKOH

yg kocak lagi, ahok yg dijadiin kambing hitam emoticon-Ngakak


Lalnat memang ni manusia satuemoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 16:41
Minim prestasi, maksimal sensasi. Kalo yang bagus2 gak pernah diliput di tv atau media (katanya), udah males kale yg diliput juga prestasi ecek2 gak ada bagus2nya
wan gardu, cupang, jpo dlsb giliran yg potensi cuan Triliunan 15% dilepasin gitu aja, yg gak begok mah tau kalo dia udh ngantongin duluan
0 0
0
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 16:48
Quote:Original Posted By wildpegasus
pinter ngomong, senyum2, kata2 manis, itu yg disukai umat. walaupun udah makin terlihat kebijakan nyelenehnya:
- nutup kali item sama kain
- proyek seni bambu gede2an
- revitalisasi trotoar alias buat PKL alias penyempitan jalan
- jalur khusus sepeda alias bikin jalan makin sempit


yg kerja bener malah dipenjara karena sering kata2 kotor, itupun karena dikroyok wiro sableng. tp untung ya bunderan semanggi yg bagus bisa jadi, tanah abang SEMPET tertib, kalijodo SEMPET terurus..

horeee


Bisa buat cerita anak cucu oom...kalau tanah abang dan kalijododo bisa bagus kalau diurus.
0 0
0
Mulut Manis Anies soal Pulau Reklamasi
28-11-2019 16:51
anies manis sekali lem nya
0 0
0
Halaman 5 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia