• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengobati Patah Hati dengan Berkunjung ke Tempat Ini, Cekidot Gan!

ciciteguAvatar border
TS
cicitegu
Mengobati Patah Hati dengan Berkunjung ke Tempat Ini, Cekidot Gan!

Kandasnya sebuah hubungan asmara kerap kali menimbulkan luka tersendiri bagi setiap orang. Nggak heran jika beberapa dari mereka seolah enggan mengungkit kembali kenangan bersama seseorang yang dulu pernah mengisi hati.

 

Hmmm, kalau udah putus sama pacar, rasanya pengen nggak sih membuang barang-barang peninggalan atau barang-barang yang bisa membangkitkan kenangan bersama si dia. Atau kalau enggak ya pajang aja di museum, kalau perlu dibikin tuh jadi monumen sekalian.

Eh tapi museum seperti ini ternyata beneran ada lho Gan Sis. Namanya adalah Museum of Broken Relationship yang terletak di antara Gereja Saint Mark dan Saint Catherine di Zagreb, Kroasia. Dan beneran aja, museum ini memang memamerkan barang-barang peninggalan mantan pacar yang seolah menandakan gagalnya sebuah kisah cinta. Duh, pahit.


Rupanya ide pembuatan museum ini berasal dari seorang seniman Kroasia bernama Olinka Vistica dan seorang produser film bernama Drazen Grubisic. Museum of Broken Relationship ini pertama kali dibuka pada tahun 2010 dan merupakan satu-satunya museum pribadi pertama di Zagreb. Koleksi pertamanya yang dipamerkan adalah mainan kelinci bersama dengan foto liburan bersama yang diambil di Iran.



Museum of Broken Relationship ini secara nggak langsung juga seolah seperti sebuah ruang metafora bagi orang-orang yang ingin meletakkan kenangan masa lalu dan meninggalkan jejak untuk sebuah hubungan yang kandas. Hmmm, apakah Agan Sista tertarik untuk ninggalin jejak di sana?



Koleksi yang berada di dalam museum ini dikumpulkan dari orang-orang di seluruh dunia yang secara nggak langsung juga mencerminkan beragam sudut pandang usia dan hubungan yang gagal dijalani.

Mungkin barang-barang yang dipajang di museum itu tampak seperti barang biasa aja ya Gan Sis. Tapi caption yang dipajang seolah menunjukkan rasa patah hati yang mendalam. Duh.



Memamerkan barang pribadi setelah mengalami kegagalan asmara rupanya juga menjadi salah satu ruang untuk sembuh dari luka kenangan masa lalu. Dari sebuah studi yang pernah dilakukan, para partisipan yang mengalami patah hati dan merefleksikan putus hubungan pada benda atau sebuah tempat rupanya bisa membantu mempercepat proses penyembuhan.

Sekitar lebih dari 100 ribu orang tercatat pernah mengunjungi museum ini. Jumlah ini belum termasuk pameran keliling yang diselenggarakan di Amsterdam atau Norwegia, karena rupanya pameran yang diselenggarakan oleh Museum of Broken relationship ini juga mengadakan pameran keliling Gan Sis. 

Apakah Agan Sista tertarik untuk datang atau meletakkan barang peninggalan mantan di museum tersebut? Hmmm, tapi nggak usah jauh-jauh sih Gan Sis. Karena di Yogyakarta pun ada lho, bukan Museum of Broken Relationship sih, tapi namanya adalah Festival Melupakan Mantan.


Festival Melupakan Mantan yang ada di Yogyakarta ini merupakan salah satu agenda tahunan yang wajib untuk dikunjungi. Festival yang diadakan pertama kali pada tahun 2015 ini selalu dirayakan menjelang hari valentine Gan Sis. Karena kabarnya Festival Melupakan Mantan nggak hanya didedikasikan untuk orang-orang yang patah hati aja tapi juga buat para jomblo.



Acara tahunan ini selalu mengangkat tema yang berbeda setiap tahunnya, dengan genda utama: membuang barang dari mantan. Eits, tapi nggak asal ngebuang kok Gan Sis karena nantinya barang yang pernah diberikan oleh seseorang yang sempat  singgah di hati ini akan disumbangkan bagi orang yang membutuhkan.


Hmmm, menarik kan? Nggak hanya akan ngajakin move on berjamaah tapi festival semacam ini juga bisa memberikan efek positif bagi para pesertanya untuk lebih semangat lagi setelah mengalami patah hati. Jadi nggak ada salahnya deh ikutan acara ini biar nggak galau.

Gimana nih menurut Agan Sista, apakah tertarik buat mengunjungi Museum of Broken Relationship atau mau nunggu event tahunan Festival Melupakan Mantan di Yogyakarta? Keduanya seru nih buat dikunjungi buat kalian yang pengen ngobati patah hati biar hidup nggak terus-terusan nelangsa.

  



ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 11 lainnya memberi reputasi
12
5.5K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.