Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
70
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dda6f28f0bdb25125633378/seberapa-bahayakah-jejak-digital
Sisi gelap dari penggunaan smartphone salah satunya adalah adanya jejak digital dari penggunaannya. Kebanyakan jejak digital ini kita temukan di social media yang biasanya digunakan untuk menyalurkan hasrat bersosialisasi di dunia maya dengan menggunakan topeng media social.
Lapor Hansip
24-11-2019 18:53

Seberapa bahayakah jejak digital

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Seberapa bahayakah jejak digital
emoticon-Motretemoticon-Motretemoticon-Bingungemoticon-Bingung


emoticon-Motretemoticon-Bingung



Quote:
Selamat datang di thread ane yang sederhana
Langsung aja kita bahas topik utama kita




Seberapa bahayakah jejak digital


Tak bisa diingkari lagi di zaman yang serba canggih ini, perangkat smartphone menjadi benda yang sangat penting. Bahkan kita lebih takut ketinggalan smartphone dibandingkan dengan dompet yang notabenenya berisi barang yang penting juga. Namun kenapa smartphone bisa menjadi benda yang sangat penting bagi kita ?. Jawabnya adalah alat berkomunikasi serta alat untuk melihat dunia.


Smartphone menjadi alat terpenting bagi kita yang hidup di zaman yang serba digital. Semua serba digital mulai dari pesan makanan, membayar listrik, membeli pulsa dan masih banyak lagi. Selain banyak kemudahan yang diberikan olehnya pernahkah berpikir bahwa smartphone juga memiliki sisi gelap, sisi yang jarang menjadi perhatian kita sebagai pengguna smartphone.


Sisi gelap dari penggunaan smartphone salah satunya adalah adanya jejak digital dari penggunaannya. Kebanyakan jejak digital ini kita temukan di social media yang biasanya digunakan untuk menyalurkan hasrat bersosialisasi di dunia maya dengan menggunakan topeng media social. Kebanyakan kita tidak peduli dalam memposting foto, membuat status, atau menulis komentar padahal itu menggunakan akun asli yang merepresentasikan diri kita. Tak jarang memposting foto pribadi yang bisa saja digunakan orang lain, ataa menulis status dan komentar yang dapat memicu masalah di kemudian hari.


Kemudian apa sajakah bahaya jejak digital dalam penggunaan smartphone terutama penggunaan media social.


Dapat dijadikan bukti kejahatan


Seberapa bahayakah jejak digital

Quote:Pernah nggak sih kalian dengar bahwa chat dari aplikasi Whatsapp dapat digunakan untuk bukti tindak kejahatan di persidangan. Sebegitu mengerikannya kah padahal hanya aplikasi messenger yang digunakan sehari-hari dan hanya berisikan tulisan saja. Belum lagi jika ada akun medsos yang menggunakan data diri dan mengaku sebagai kita dan melakukan penipuan. Bisa-bisa kita yang tak tau apa-apa jadi terseret ke meja hijau. Dan yang paling umum digunakan adalah bukti video yang disebarkan melalui medsos dapat menjadi viral seketika, yang terbaru adalah pengeroyokan supporter  Indonesia yang dapat dijadikan untuk bukti sekaligus laporan pada kepolisian.


Dapat digunakan untuk tindakan kriminal

Seberapa bahayakah jejak digital


Quote:Posting foto selfie kemudian ditambahi caption yang menarik dan menunggu like dan komentar berdatangan. Tak sadarkah bahwa fotomu tersebar diseluruh kontak dan pertemananmu, dan bisa jadi salah satunya dapat menyimpannya. Tak masalah jika disimpan sendiri namun jika diupload ulang atau malah digunakan untuk tindak kejahatan. Memang sih, tak terasa dampaknya tapi bisa jadi fotomu justru menjadikan citra buruk bagi orang lain yang melihatnya. Jadi pikirlah seribu kali sebelum posting foto atau komentar di media social.


Tak bisa ditutupi lagi privasi kita


Seberapa bahayakah jejak digital


Quote:Pernah nggak sih kalian baru kenal orang, trus cari akun sosmednya. Banyak pasti yang seperti itu, kita setidaknya dapat langsung menilai bagaimana pribadi orang itu melalui sosmednya. Padahal kita hanya bermodalkan nama lengkap saja, dan biarkan algoritma media social yang bekerja. Semua postingan, status, komentar, dan data akun kita ditelanjangi di media social. Oleh siapapun yang mau melihatnya. Ada baiknya pisahkan mana yang ingin dibuka ke public dan mana yang harus disimpan sendiri.


Wajib sebenarnya kita memiliki jejak digital, tapi jejak digital seperti apakah yang kita ciptakan. Yang berisi kunjungan ke situs-situs porno, pamer harta&benda, menghina dan menyulut kemarahan orang lain atau diisi dengan hal yang bermanfaat bagi orang lain dan diri kita sendiri. Bijaklah dalam menggunakan media social, kebebasan dibuat agar kita dapat sepenuhnya berekspresi tanpa batasan namun tetaplah berpegang teguh pada norma- norma yang ada di masyarakat.


Jika ada tambahan dari
emoticon-Cool danemoticon-Angel

bisa ditambahkan di kolom komentar



Quote:
Sekian dari ane semoga thread ane 
bisa bermanfaat bagi kita semua



Kalo ngasih ini emoticon-Rate 5 Starmakasih
dan dikasih iniemoticon-Toast juga nggak nolak
kalo cuma mampir Alhamdulillahemoticon-Shakehand2


Seberapa bahayakah jejak digital
Sumber : Keresahan dan Pengalaman pribadi
Gambar : Google Images serta editan sendiri
Footprint, Kejahatan, Kriminal, Privasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
edv039 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 4
Seberapa bahayakah jejak digital
26-11-2019 16:10
Yg penting tidak melakukan kesalahan
0 0
0
Seberapa bahayakah jejak digital
26-11-2019 16:31
ngeri banget yaa, sekarang emang udah harus lebih berhati hati sih dalam menggunakan internet, terutama media sosial. harus di saring dulu setiap hal yang mau kita upload
0 0
0
Seberapa bahayakah jejak digital
26-11-2019 16:41
pengen delet akun fb daridulu gan
0 0
0
Seberapa bahayakah jejak digital
26-11-2019 18:49
bahaya bree, kalo bisa jangan ngelakuin yang aneh-aneh di internet, karena kalo udah masuk internet maka bakal jadi konsumsi publik, karena siapapun bia akses, emoticon-Takut
0 0
0
Seberapa bahayakah jejak digital
26-11-2019 19:40
emang harus hati-hati di dunia maya
0 0
0
Seberapa bahayakah jejak digital
26-11-2019 22:46
emang deh soal jejak digital mah harus hati hati deh, mesti hati hati juga jaga jari
0 0
0
Seberapa bahayakah jejak digital
27-11-2019 05:17
Amanlah jejak digital..
Nggak berbahaya..
Janji2 bnyak di jejak digital.. Aman2 saja..
0 0
0
Seberapa bahayakah jejak digital
27-11-2019 06:26
cika dan nanda, dua legenda dari kota kembang yang jejaknya akan dikenang sebagai kebaikan untuk kaum tuna pasangan
0 0
0
Seberapa bahayakah jejak digital
27-11-2019 06:44
privasi sih yang paling parah,,, gak bisa ketutup jadinyaemoticon-Cape d...
0 0
0
Seberapa bahayakah jejak digital
27-11-2019 14:00
mending mikir dulu sblm berkomentar ya kN
0 0
0
Seberapa bahayakah jejak digital
30-11-2019 16:16
ngomongin masalah privasi, ya benar zaman ini apalagi dengan makin maraknya media sosial yang sekarang ini semua orang sudah memilikinya, sudah tidak ada lagi kata privasi di dunia ini karena identitas kita sudah dicatat semenjak kita mendaftar media sosial
0 0
0
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia