• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Menolak Lupa! Ini Dia Alat dan Bahan Pencuci Piring Sebelum Mama Lemon Lahir

darmawati040Avatar border
TS
darmawati040 
Menolak Lupa! Ini Dia Alat dan Bahan Pencuci Piring Sebelum Mama Lemon Lahir
Spoiler for Sabut Kelapa, alat penggosok panci:

Sumber Gambar: Grup Facebook Anak 80-90 an


Selamat Datang di Threadnya Ara


Assalamualaikum



Hai, hai, Agan-Sista. Selamat hari jumat. Semoga Tuhan (Allah) senantiasa melimpahkan rahmatnya kepada kita semua. Aamiin.

Ok, jumpa lagi dengan thread Ara yang super kece dan informatif. Kali ini, ada beberapa alat serta bahan legend yang akan Ara perkenalkan pada Agan-Sista semuanya.

Bicara perihal alat dan benda legend, berarti Agan-Sista akan dibawa kembali pada masa lampau. Maksud Ara, ingatan GaSist diajak untuk mengingat sesuatu yang telah tertinggal jauh di belakang. Simplenya, disebut kenangan.

Sebelum munculnya kompor hock dan kompor gas. Orang-orang jaman dulu bisa memasak menggunakan kayu bakar. Walhasil, periuk, panci, wajan, serta alat-alat dapur yang menjadi alat memasak itu menjadi hitam.

Bagaimana cara mereka membersihkannya? Dan dengan alat dan bahan yang terbuat dari apa?

Yap! Pertanyaan di atas pasti terlintas dalam dipikiran GanSist.

Apakah menggunkan Mama Lemon seperti sekarang ini?

Oh no!Tidak ada Mama Lemon. Yang ada hanya mama pejuang hidup, GanSist. emoticon-Leh Uga


Jangankan Mama Lemon, sabun colek pun terkadang disayangkan jika hanya buat membersihkan panci dan piring. Ini khusus untuk keluarga kurang mampu, ya, GanSist.

Jadi, apa yang bisa digunakan?

Mudah saja. Orang jaman dulu cukup mengambil sabut kelapa. Kemudian abu dapur. Alat dan bahan itu bekerja sama untuk menggosok panci atau piring. Hasilnya? Ah, tidak diragukan. Tentu saja hasilnya bersih. Gak percaya? Coba saja langsung. 😂 Tapi, sepertinya tidak mudah menemukan abu dan sabut kelapa di perkotaan. Kecuali di desa.

Ok, untuk alat dan bahan pembersih panci juga piring yang sudah Ara uraikan di atas. Agan-Sista bisa melihat gambarnya di bawah ini. Nah, ini dia rupanya, GanSist.


Spoiler for alat dan bahan pembersih panci:

Sumber Gambar: Grup Facebook Anak 80-90 an


Untuk anak kelahiran di bawah 2000 an pasti tahu, dong. Di sini ada banyak yang sudah berusia di atas dua puluh hingga tiga puluh tahun, bukan? Termasuk TS. Haha 🤣 TS sudah menduduki usia di atas dua puluh tahun, GanSist. emoticon-Mewek

Tapi alhamdulillah. Tuhan masih memperkenankan Ara menatap dunia yang penuh sandiwara ini.

Ok, kembali ke laptop! Seiring berjalannya waktu, mencuci atau mempersihkan panci hanya dengan menggunakan sabut kelapa dan abu dapur, mengalami peningkatan.

Berbagai macam sabun colek alias sabun cream bermunculan. Pada dasarnya, sabun cream digunakan hanya untuk mencuci pakaian. Tapi apalah arti dari inti kegunaan sabun colek, jika para anak gadis merasa tidak enak tangannya berminyak?

Benar, GanSist. Meski emak kerap mengomel karena sabun untuk mencuci pakaian digunakan mencuci piring dan panci hitam, anak gadis pada jaman itu tetap melakukannya. Dan, lagi. TS termasuk anak gadis yang melakukan hal tersebut. emoticon-Hammer2

Seperti apa, sih, sabun cream jaman dulu? Dan apa saja nama sabunnya?

Ada yang ingin bertanya seperti di atas? Ok, tanpa ditanya pun Ara akan menjelaskannya. Karena memang, sedari awal Ara berniat memperkenalkan Agan-Sista semua dengan alat dan bahan legend pembersih alat dapur tersebut.

Yuk! Cekidot!

Spoiler for sabun cream:

Sumber Gambar: Google

Nah, itu dia sabun legend yang punya kegunaan super. Kegunaan inti:

mencuci pakaian.Kegunaan cadangan: membuat alat dapur kinclong.

Begitulah kenyataannya GanSist. Sebelum Mama Lemon lahir, orang jaman dulu menggunakan ketiga merek sabun di atas untuk mencuci piring dan menggosok panci. Bay the way, ada yang kenal dengan sabun colek di atas? Boleh, dong, ceritakan pengalaman kalian dengan tiga sabun legend yang super guna itu. Siapa tahu pengalaman kita sama.emoticon-Wakaka


Baiklah, cukup sekian thread receh nan kece dari Ara. Semoga menambah pengetahuan untuk agan-sista yang masih unyu kinyis-kinyis nan tampan juga jelita.

Bay ... Bay ... See you nex time.


Jangan lupa rate cendolnya, ya, GanSist.


Terima kasih telah mampir dan membaca.


Sumber: Opini Pribadi



Bima, 22 November 2019
sebelahblog
4iinch
swiitdebby
swiitdebby dan 24 lainnya memberi reputasi
25
14K
198
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread•82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.