• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 16 Kepala Negara/Pemerintahan Ini Ternyata Seorang Poliglot! Ada Bung Karno GanSis!

mengejaAvatar border
TS
mengeja
16 Kepala Negara/Pemerintahan Ini Ternyata Seorang Poliglot! Ada Bung Karno GanSis!


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shalom, salam sejahtera. Om swastiastu. Namo buddhaya. Wei de dong tian.

emoticon-I Love Indonesia

Hai, GanSis. Apa kabar? Kali ini ane mau membahas tentang kepala negara atau pemerintahan yang ternyata seorang poliglot!

emoticon-I Love Indonesia


Ilustrasi poliglot.
Gambar: blog.bliubliu.com
---------------


Sebelum masuk ke pembahasan, GanSis sudah tahu apa itu poliglot? Poliglot adalah sebutan untuk orang yang menguasai banyak bahasa. Gak ada standar khusus harus menguasai berapa bahasa, tapi biasanya seorang poliglot memiliki kemampuan 4 bahasa atau lebih. Alasannya kalau di bawah 4 sudah ada istilah sendiri, seperti penutur 2 bahasa disebut bilingual dan penutur 3 bahasa disebut trilingual.

Kadang-kadang poliglot juga disebut multibahasa. Sebetulnya ada lagi istilah hyperpolyglot, ini lebih mantap dari poliglot karena menguasai banyak banget bahasa GanSis. Mungkin belasan atau puluhan. Kaya mana belajarnya ya? Gak meleduk apa kepalanya?

emoticon-Matabelo

Nah penjelasan ane secara gak langsung juga memasukkan kepala negara atau pemerintahan yang hyperpolyglotGanSis karena seperti kita tahu yang namanya kepala negara atau pemerintahan pasti sering bersinggungan dengan orang lain, dalam hal ini bangsa asing. Betul sudah ada penerjemah, tapi bagi beberapa kepala negara atau pemerintahan ini mungkin lebih asyik kalau berkomunikasi langsung. Makanya mereka memilih belajar bahasa asing.

Selain itu, ada kepala negara atau pemerintahan yang poliglot karena tuntutan. Umumnya karena negara yang mereka pimpin memang heterogen dan multikultural, jadi ada banyak suku bangsa yang otomatis juga banyak bahasa. Mau gak mau harus paham bahasa rakyatnya hehe.

Siapa saja sih kepala negara atau pemerintahan yang seorang poliglot? Ini dia penjelasannya! Oia ane mengurutkannya sesuai alfabet ya GanSis.

emoticon-Kaskus Banget



Carl Gustav Emil Mannerheim

Gambar: commons.wikimedia.org
---------------


Beliau adalah pemimpin militer Finlandia selama Perang Saudara Finlandia dan Presiden ke-6 Finlandia. Selain bahasa Finlandia, beliau mampu berbicara bahasa Inggris, Jerman, Perancis, dan Rusia. Beliau juga mampu berbahasa Swedia yang notabene bahasa ibu (sehari-hari).



Cleopatra VII

Gambar: history.wikia.org
---------------


Beliau adalah firaun terakhir Mesir Kuno yang hidup pada tahun 69-30 SM. Menurut catatan sejarah, beliau mampu berbicara 9 bahasa yang menjadi satu-satunya anggota dinasti yang ketika itu bisa berbahasa Mesir dan Yunani pada waktu yang bersamaan.



Elizabeth I

Gambar: britannica.com
---------------


Beliau adalah penguasa Inggris paling berpengaruh pada Abad Penjelajahan. Beliau dapat berbicara 11 bahasa, yaitu Cornish, Flemish (Belanda), Inggris, Irlandia, Italia, Latin, Perancis, Skotlandia, Spanyol, Wales, dan Yunani. Duta Besar Venesia, Giovanni Carlo Scaramelli pernah bersaksi bahwa kemampuan Elizabeth I secara keseluruhan seolah-olah tampak seperti bahasa ibu (bahasa sehari-hari) baginya. Mantap ya GanSis!



Gloria Macapagal Arroyo

Gambar: newsinfo.inquirer.net
---------------


Beliau adalah Presiden Filipina ke-14. Selain berbahasa Tagalog (bahasa Resmi Filipina), beliau juga fasih beberapa bahasa daerah Filipina, seperti Bikol, Cebuano, Hiligaynon, Ilokano, dan Kapampangan. Untuk bahasa asing, beliau mampu berbahasa Inggris, Perancis, dan Spanyol.



Ho Chi Minh

Gambar: history.com
---------------


Beliau adalah pemimpin Komunis Vietnam yang juga seorang Perdana Menteri Vietnam Utara dari tahun 1945 sampai 1955, berlanjut sebagai Presiden Vietnam Utara sampai tahun 1969. Selain bahasa Vietnam, beliau fasih berbahasa Inggris, Kanton, Mandarin, Perancis, dan Rusia.



Ir. Sukarno

Gambar: timuran151.wordpress.com
---------------


GanSis pasti tahu dong siapa beliau. Bapak Proklamator yang juga Presiden Pertama negara kita ini ternyata seorang poliglot. Bung Karno bisa bahasa daerah, seperti Bali, Jawa, dan Sunda. Beliau juga fasih berbahasa Arab, Belanda, Inggris, Jepang, Jerman, dan Perancis. Selain itu, tentu saja bahasa persatuan Indonesia!



James Madison

Gambar: wikipedia.com
---------------


Beliau adalah Presiden Amerika Serikat ke-4 yang menjabat dari tahun 1809 sampai 1817. Beliau telah menguasai bahasa Latin dan Yunani sejak usia 12 tahun. Saat kuliah beliau juga fasih berbahasa Ibrani. Ditambah bahasa Inggris, total beliau menguasai 4 bahasa.



John Quincy Adams

Gambar: wikipedia.com
---------------


Beliau adalah Presiden Amerika Serikat ke-6. Selain bahasa Inggris, beliau juga fasih berbahasa Belanda, Italia, Jerman, Latin, Perancis, Rusia, dan Yunani.



Jorge Mario Bergoglio (Paus Fransiskus)

Gambar: cnnindonesia.com
---------------


Beliau adalah Pemimpin Gereja Katolik Roma sekaligus Kepala Negara Vatikan dari tahun 2013 sampai sekarang. Beliau adalah pemimpin Vatikan pertama yang berasal dari Amerika. Sebagai seorang Argentina, tentu saja beliau mahir berbahasa Spanyol. Bahasa lain yang beliau kuasai adalah Inggris, Italia, Perancis, Portugis, dan Latin.



Karol Józef Wojtyła (Santo Paus Yohanes Paulus II)

Gambar: kitakatolik.com
---------------


Beliau adalah Pemimpin Gereja Katolik Roma sekaligus Kepala Negara Vatikan dari tahun 1978 sampai 2005. Terlahir sebagai orang Polandia, otomatis bisa bahasa Polandia. Beliau juga fasih berbahasa Italia, Jerman, Perancis, Spanyol, dan tentu saja Latin yang menjadi bahasa resmi Vatikan. Uniknya beliau malah gak terlalu bisa bahasa Inggris GanSis!



Lee Kuan Yew

Gambar: mustsharenews.com
---------------


Beliau adalah Perdana Menteri Singapura pertama yang menjabat dari tahun 1959 sampai 1990. Beliau fasih berbicara 4 bahasa, yaitu Hokkien, Inggris, Mandarin, dan Melayu.



Levon Ter-Petrosyan

Gambar: mediamax.am
---------------


Beliau adalah Presiden Armenia pertama yang menjabat dari tahun 1991 sampai 1998. Beliau mampu berbahasa Arab, Armenia, Assyria, Inggris, Jerman, Perancis, dan Rusia GanSis!



Matamela Cyril Ramaphosa

Gambar: sowetanlive.co.za
---------------


Beliau adalah Presiden ke-5 Afrika Selatan yang baru saja terpilih setelah kemenangan partainya ANC dalam Pemilu Afrika Selatan 2019. Beliau dapat berbicara 10 bahasa, yaitu Afrikaans (Belanda Afrika Selatan), Inggris, Lesotho, Ndebele, Xhosa, Sesotho, Setswana, Tsonga, Venda, dan Zulu.



Mithradates VI

Gambar: bbc.co.uk
---------------


Beliau adalah Raja Pontus yang berkuasa dari tahun 120 sampai 63 SM. Konon beliau mampu berbicara 22 bahasa yang merupakan jumlah negara yang ada di dalam konfederasinya.



PV Narasimha Rao

Gambar: wikipedia.com
---------------


Beliau adalah Perdana Menteri India ke-9 (1991-1996) yang mampu berbicara 17 bahasa GanSis! Termasuk 9 bahasa India lainnya, seperti Bengali, Hindi, Kannada, Marathi, Oriya, Sanskerta, Tamil, Telugu, dan Urdu. Beliau juga fasih berbahasa Arab, Inggris, Jerman, Perancis, Persia, dan Spanyol.



Rafael Vicente Correa Delgado

Gambar: origenoticias.com
---------------


Beliau adalah Presiden Ekuador ke-45 yang menjabat dari tahun 2007 sampai 2017. Beliau mampu berbahasa Ekuador, Inggris, Perancis, Quechua, dan Spanyol.



Thomas Jefferson

Gambar: biography.com
---------------


Beliau adalah Presiden Amerika Serikat ke-3 yang menjabat dari tahun 1801 sampai 1809. Penulis utama Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat ini fasih berbahasa Anglo-Saxon (Inggris Kuno), Inggris, Italia, Latin, Perancis, Spanyol, dan Yunani. Setelah kematiannya, berbagai buku tata bahasa dan kamus ditemukan di perpustakaan pribadinya. Di sana ditemukan fakta kalau beliau juga mempelajari bahasa Arab. Mantap banget ya GanSis!

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber Referensi:
1 2 3 4

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sekian thread dari ane. Ambil bagusnya, buang buruknya. Semoga bermanfaat. Bye.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh mengeja 25-11-2019 19:24
sebelahblog
4iinch
rotten7070
rotten7070 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
19.3K
176
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.