Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
78
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbf99858d94d07b4509bbf3/aneka-gorengan-legendaris-di-purwokerto
Cuaca akhir-akhir ini menjadi sangat dingin membuat perut lapar seharian. Di sini tukang gorengan laris manis gansis. Untuk yang pernah berkunjung ke Purwokerto, pasti pernah dong melihat macam gorengan disini? Apa aja digoreng dan jadi cemilan enak.
Lapor Hansip
04-11-2019 10:22

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ketupat sampai ampas tahu bisa jadi gorengan nikmat

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Jumpa lagi gansis, cuaca akhir-akhir ini menjadi sangat dingin membuat perut lapar seharian. Di sini tukang gorengan laris manis gansis.

Untuk yang pernah berkunjung ke Purwokerto, pasti pernah dong melihat macam gorengan disini? Apa aja digoreng dan jadi cemilan enak.

1. Mendoan

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Ini sudah jadi trademarknya Purwokerto dan kota seBanyumas. Tempe tipis yang digoreng dengan campuran tepung terigu, bumbu dan daun bawang.
Semua yang pernah tinggal di Purwokerto pasti deh pernah makan gorengan satu ini. Bahkan anak rantau yang tinggal di Purwokerto banyak yang menyukai dan terkesan gorengan ini.


2. Getuk goreng

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Getuk merupakan olahan dari singkong yang diberi gula jawa/gula merah sehingga terasa manis. Sebenarnya konon asal mula getuk goreng dari Sokaraja, sebuah kota di sebelah Purwokerto. Namun banyak pula ditemui di Purwokerto.varian dari Getuk goreng ini sekarang sudah bermacam-macam. Selain rasa original adapula rasa lain seperti, durian, coklat, nangka, nanas dan rasa lainnya.


3. Jalabia

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Dari bentuknya jalabia mirip dengan donat. Terbuat dari singkong atau ketela pohon yang dibuat bulat dengan lubang di tengah. Seperti donat untuk memasaknya digoreng sampai mengambang yang menandakan jalabia tersebut sudah matang. Rasanya gurih cocok untuk teman minum kopi atau teh.


4. Tomplo

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Biasa disebut juga templek, dibuat dari sisa pembuatan tahu (ranjem). Ranjem dibulat-bulat dicampur bumbu pedas lalu digoreng dengan tepung. Mungkin gansis ngga yakin dengan bahannya tapi soal rasa, enak dan gurih apalagi dimakan saat hangat.


5. Combro

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Makanan ini dibuat dari singkong yg diparut dan dihilangkan kandungan airnya. Dibentuk bulat lonjong dan diisi dengan sambal oncom pedas lalu digoreng garing.


6. Dage

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Pembuatan dage mirip dengan mendoan hanya bahan dasarnya adalah bungkil kelapa, beda dengan tempe bongkrek ya. warnanya juga hitam. Tidak segurih mendoan tapi banyak penggemar dage, termasuk ane


8. Penjorangan

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Biasanya ketupat dijadikan campuran opor atau soto sebagai pengganti nasi. Namun disini kupat jadi camilan yang disukai. Ketupat diiris-iris lalu dicelupkan tepung terigu dan digoreng. Tepungnya kasih bumbu dulu biar rasanya gurih ya.


9. Kampel

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Dalam bahasa jawa kampel mempunyai arti pelukan. Kenapa pelukan? Ternyata kampel adalah perpaduan ketupat dan dage atau tempe yang ditempel jadi satu dengan sambal di bagian tengah, lalu dibalur tepung dan digoreng.
Buat ane ini makanan terpraktis dan enak, ada gorengan dan ketupat dalam satu tangkupan. Satu biji aja udah kenyang gansis.

Demikian beberapa gorengan yang bisa gansis temui di daerah Purwokerto sekitarnya.
Adalah beberapa dari gorengan tersebut yang jadi favorite gansis?

Untuk yang belum pernah mencoba bisa dicicipi saat datang kemari, ane traktir deh. 😊

Terimaksih kunjungannya
emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Sumber : opini pribadi
Link foto : header
Diubah oleh Indriaandrian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
19-11-2019 12:38


Quote:Original Posted By Indriaandrian ►
Berarti tim mendoan klemer yaa, kalo ngga anget kurang mantap



Rada gimana kalo udah dingin y? Eh tapi pake sambal kecap lumayan biar dingin juga


Iya gan kalo dingin jd letoyyy banget dahhh
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
19-11-2019 15:27
Bihin laver aja Ssiss....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
19-11-2019 21:48
mendoan panas
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
19-11-2019 23:01
oalaaa ane baru tau kalo mendoan itu ternyata makanan khas purwokerto, sangkain dari semarang atau mana gitu
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
20-11-2019 00:44
Ay anak grobogan(semaragan). Disini yang namanya gorengan itu: mendoan, bakwan, tahu isi, bakwan jagung, amburadul, pokoknya yang digoreng pake tepung plus bumbu2.

Dari sekian macam jenis "gorengan purwokerto" diatas, ay cuma pernah nyoba mendoan (wajib), getuk goreng. Combro sering denger tapi belum pernah nyoba.
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
20-11-2019 17:00
Pecinta gorengan liat ini berasa surga banget nih hahaha dr semuanya ane paling suka combro enak gitu pedes2 gmn gitu hehehe
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
20-11-2019 17:01
Btw baru tau kalo gorengan mendoan combro gt2 asalnya dr purwokerto abis kaya semuanya ada dimana2 gitu wkwk
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
20-11-2019 18:12
mendoan yang paling legend menurut ane, karena rasanya beda dengan tempe goreng biasa
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
22-11-2019 18:47
wahhh enak sih itu gan kalo dimakan pas ujan ujan wkwkwk beuhh kriuk anget gt kan sambul ngopi tp gak senja kareana bukan anak indie wkwkwk
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
24-11-2019 18:17
Waduuuu mendian purwokerto iz de bestttt, palagi kalo setengah mateng dimakan waktu panas sambil di cocol ke sambelmya..., beuhhhhhh syedeppp.
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
24-11-2019 18:18


Quote:Original Posted By arwanagoreng ►
wahhh enak sih itu gan kalo dimakan pas ujan ujan wkwkwk beuhh kriuk anget gt kan sambul ngopi tp gak senja kareana bukan anak indie wkwkwk


Setuju gaaan, atau kalo ga hujan waktu sore gituu di teras wkwkwk. Kenikmatan yang haqiqi.
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
24-11-2019 18:19


Quote:Original Posted By pustie ►
oalaaa ane baru tau kalo mendoan itu ternyata makanan khas purwokerto, sangkain dari semarang atau mana gitu


Waduuuw darimana aja ente gan baru tahu ehehehehe, semarang mah bandeng oreto sama wingko babat...
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
24-11-2019 23:36
asal nama gorengan... kalo ane mah sikat ajaa... enak emang yg goreng2 ya kan...
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
Lapor Hansip
25-11-2019 02:17
Balasan post sukuu04
wkwkwkwk apa lg pake nasi terus pake sambel sihh gann
jadi makan dong kalo kaya gitu mahhh tp gapapa tetep enak
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
25-11-2019 16:52


Quote:Original Posted By arwanagoreng ►
wkwkwkwk apa lg pake nasi terus pake sambel sihh gann
jadi makan dong kalo kaya gitu mahhh tp gapapa tetep enak


Waduh mantap gaaaan, jadi laper kan ane belum makan seharian neeehemoticon-Frown
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
25-11-2019 17:55
Quote:Original Posted By trifatoyah ►
nggak beli oleh2 padahal pengen beli getuk tapi waktu pulang hujan lebat


Disini agak sering hujan kalo sore, sayang banget ngga ke beli oleh2nya.

Quote:Original Posted By rienas82 ►
nomor satu enak kayanya ya kakak


Betul bingit, mantap rasa tempe sama tepung bumbunya gurih endes pokoken😁

Quote:Original Posted By k8junai ►
aduh mendoan cocol sambel kecap bikin ngiler tuhh hiks2 mau dong


Cabenya yang banyak ya, beli atau bikin kuy 😄

Quote:Original Posted By shoyusushi ►
tempe mendoan adalah idola seluruh umat indonesia.... gx hanya di purwokerto saja....... ane pun malem malem jadi ngiler bingiitsss liat mendoan hahahaha


Kebetulan dunk, beli mendoan sekalian jalan2 malam 😊

Quote:Original Posted By margareth23 ►
kalo ke purwekerto harus kesini nihh makan makanan inii


Haruss sista, lagsung dari kota asalnya😄
0 0
0
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
25-11-2019 17:58
Quote:Original Posted By haz0204 ►
Tomplo, dage, penjorangan, kampel, ane belum pernah nyoba


Mampir sini ke kampung, di kota mah udah jarang😁

Quote:Original Posted By Shyesun.pucha ►
cuma mendoan sama getuk goreng yang pernah ane coba emoticon-Mewek


Palinh familiar emang yang dua itu 😔

Quote:Original Posted By hasya429 ►
Iya gan kalo dingin jd letoyyy banget dahhh


Makannya jadi agak gimana ya? 😅

Quote:Original Posted By abahekhubytsany ►
Bihin laver aja Ssiss....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Yuh lah makan, beberapa biji udah bikin kenyang😆
Quote:Original Posted By trifatoyah ►
mendoan panas


Mantabs

Quote:Original Posted By pustie ►
oalaaa ane baru tau kalo mendoan itu ternyata makanan khas purwokerto, sangkain dari semarang atau mana gitu


emoticon-Cape d...
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
25-11-2019 18:04
Quote:Original Posted By corpcopsld. ►
Ay anak grobogan(semaragan). Disini yang namanya gorengan itu: mendoan, bakwan, tahu isi, bakwan jagung, amburadul, pokoknya yang digoreng pake tepung plus bumbu2.

Dari sekian macam jenis "gorengan purwokerto" diatas, ay cuma pernah nyoba mendoan (wajib), getuk goreng. Combro sering denger tapi belum pernah nyoba.


Combro enak lho, apalagi yang isinua pedes.

Quote:Original Posted By kecombranggg ►
Pecinta gorengan liat ini berasa surga banget nih hahaha dr semuanya ane paling suka combro enak gitu pedes2 gmn gitu hehehe


Ane juga suka yang pedess, tapi luarnya yg renyah. Jangan yg keras

Quote:Original Posted By kecombranggg ►
Btw baru tau kalo gorengan mendoan combro gt2 asalnya dr purwokerto abis kaya semuanya ada dimana2 gitu wkwk


Udah mendunia ternyata ternyata.
emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By mieconnoisseur ►
mendoan yang paling legend menurut ane, karena rasanya beda dengan tempe goreng biasa


Tempenya juga beda tuh. Lebih tipis.

Quote:Original Posted By arwanagoreng ►
wahhh enak sih itu gan kalo dimakan pas ujan ujan wkwkwk beuhh kriuk anget gt kan sambul ngopi tp gak senja kareana bukan anak indie wkwkwk


Ngga perlu nunggu senja sama ujan dah. Kapan aja hayuk makan. 😆😆
0 0
0
Lihat 1 balasan
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
25-11-2019 18:09
Quote:Original Posted By sukuu04 ►
Waduuuu mendian purwokerto iz de bestttt, palagi kalo setengah mateng dimakan waktu panas sambil di cocol ke sambelmya..., beuhhhhhh syedeppp.



Duhh ... lama2 ane lapar baca komentarnya neh 😆

Quote:Original Posted By sukuu04 ►
Setuju gaaan, atau kalo ga hujan waktu sore gituu di teras wkwkwk. Kenikmatan yang haqiqi.


Burger juga lewat ye, hehehe 😁

Quote:Original Posted By sukuu04 ►
Waduuuw darimana aja ente gan baru tahu ehehehehe, semarang mah bandeng oreto sama wingko babat...


Betul ini, ane suka bandengnya

Quote:Original Posted By mikee1794 ►
asal nama gorengan... kalo ane mah sikat ajaa... enak emang yg goreng2 ya kan...


Bangeett ... kolesterol mah lewat, wkwkwk 😆😅

Quote:Original Posted By arwanagoreng ►
wkwkwkwk apa lg pake nasi terus pake sambel sihh gann
jadi makan dong kalo kaya gitu mahhh tp gapapa tetep enak


Buat makan nasi enak juga kok. Nasi anget pula, wah bye diettt

Quote:Original Posted By sukuu04 ►
Waduh mantap gaaaan, jadi laper kan ane belum makan seharian neeehemoticon-Frown


Puasa tah? Hayuh buka sama mendoan dah magrb neh 😀
0 0
0
Lihat 1 balasan
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Oriental Exotic (Asian food)
dum-dum
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia