News
Batal
KATEGORI
link has been copied
284
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddb8103f4d6956e410cf78c/presiden-yakin-umk-jadi-rp-23-juta-bulan
Jokowi memberikan pandangannya bahwa pendapatan per kapita orang Indonesia di masa depan akan terus meningkat. Secara yakin, ia pun menyebut pendapatan per kapita orang Indonesia nantinya bisa mencapai Rp 23 juta per bulan.
Lapor Hansip
25-11-2019 14:21

Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan

Past Hot Thread
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
Foto: Presiden Joko Widodo (Detik.com)


Presiden Jokowi melakuan pertemuan dengan puluhan ilmuwan dan peneliti muda Indonesia di Hotel Lotte, Busan, Korea Selatan. Pertemuan yang dilakukan saat di sela KTT ASEAN tersebut, Jokowi memberikan pandangannya bahwa pendapatan per kapita orang Indonesia di masa depan akan terus meningkat. Secara yakin, ia pun menyebut pendapatan per kapita orang Indonesia nantinya bisa mencapai Rp 23 juta per bulan.

"Kalau sekarang UMK kita baru Rp 2 juta sampai Rp 3 juta, nantinya Rp 23 juta per bulan," jelas Jokowi dikutip laman CNBC Indonesia, Senin (25/11/2019).

Bagaimana Kemungkinannya?
Pandangan Jokowi mengenai hal tersebut bukanlah tidak berdasar. Melansir dari CNBC Indonesia, keyakinan Jokowi tersebut selaras dengan kalkulasi World Bank, IMF, hingga konsultan asing McKenzie yang meramal Indonesia digadang-gadang akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke-4 dunia di masa depan.

Secara optimis Jokowi percaya Indonesia akan meraih pencapaian yang diramalkan tersebut. Dalam pertemuan yang dilakukan di Hotel Lotte, ia mengatakan, "Saya meyakini akan mencapai titik itu. GDP nominal, GDP PBD kita nomor 4. Perkiraan nanti income per kapita kita sudah mencapai US$ 23.000 sampai US$ 29.000 per tahun," kata Jokowi.


Kapan UMK Rp 23 Juta/Bulan Terealisasi?
Walaupun optimis dengan perekonomian Indonesia, namun Jokowi tak menjelaskan kapan PDB per kapita Rp 23 juta per bulan tersebut akan terealisasi. Ia pun juga tidak menjelaskan soal perbedaan UMK dan PDB per kapita. Secara awam, kemungkinan tersebut mungkin masih akan sangat lama terealisasi.

Jika mengacu pada analisis yang dilakukan CNBC Indonesia, UMK Rp 23 juta per bulan masih akan lama sekali terealisasi, hal ini dikarenakan berdasarkan sasaran makro pembangunan 2020-2024, pemerintah masih menargetkan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita Indonesia baru bisa menembus US$5.780-6.160 atau setara Rp80-86 juta per kapita per tahun.

Nah, untuk mencapai PDB per kapita US$ 23.000 sampai US$ 29.000 atau Rp 320-400 juta pastinya masih jauh. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat PDB per kapita Indonesia 2018 sebesar US$ 3.927 atau sekitar Rp56 juta per kapita per tahun di 2018.


Bisa Aja Gak Teralisasi
Akan ada beberapa faktor yang membuat ramalan Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke-4 dunia tidak terjadi. Jokowi mengingatkan pentingnya stabilitas politik dan keamanan menjadi kunci penting dalam meraih pencapaian tersebut.

"Jangan sampai stabilitas politik, stabilitas keamanan itu ada seperti ini terus. Seolah-olah perhitungan itu tidak akan melesat karena yang menghitung bukan saya pribadi, dan tentu saja tantangan kita besar sekali," tegas Jokowi.

Kini, usaha pemerintah agar perekonomian Indonesia menjadi salah satu yang terkuat di dunia adalah dengan cara membangun kepercayaan dari negara-negara lain. Kepercayaan tersebut tentunya sangat penting mengingat belakangan ini dinamika perekonomian dunia sedang penuh dengan ketidakpastian.

Tapi, walaupun dunia perekonomian Indonesia sedang tidak stabil, Indonesia bisa dikatakan beruntung karena pertumbuhan ekonomi negara kita masih tetap tumbuh di angka 5%. Jokowi pun yakin jika pencapaian tersebut bisa dipertahankan, pastinya akan berimplikasi pada keyakinan negara lain melihat Indonesia sebagai prospek yang baik kedepannya.

Kita doakan saja ya Gan, semoga hal tersebut cepat terealisasi agar masyarakat Indonesia bisa hidup sejahtera di masa depan.

Quote:
Tulisan ini merupakan re-write dari laman CNBC Indonesia.
Diubah oleh VolkswagenPutih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 15
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
25-11-2019 15:55
Percuma umk naik, daya beli naik tapi barangnya diwajibkan halal semua sampai kaca mata aja punya label halal. Padahal lebih mudah kalau pemerintah cukup memberi tahu mana yg haram bagi muslim untuk dikonsumsi emoticon-Embarrassment.

0 0
0
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
25-11-2019 15:55
Umk 23/bulan,

Siap2 makan warteg 100rebu perporsi, makan padang 175k perporsi paket murmer...

emoticon-Leh Uga
profile-picture
maverick4ever memberi reputasi
1 0
1
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
25-11-2019 15:57
Ganti Mata uang jadi 1 Rupiah
0 0
0
Lihat 2 balasan
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
Lapor Hansip
25-11-2019 15:58
Balasan post handratas
well, nilai valuta rupiah turun. susah ekonomi mau maju kalau main aman.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
25-11-2019 15:59
Quote:Original Posted By nowbitool
Umk 23/bulan,

Siap2 makan warteg 100rebu perporsi, makan padang 175k perporsi paket murmer...

emoticon-Leh Uga


Pernah belajar ekonomi makro? Nyinyir aja lu ndro
emoticon-Sundul Up
profile-picture
dede4141 memberi reputasi
0 1
-1
Lihat 1 balasan
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
25-11-2019 15:59
bisa aja sih....tapi ya duitnya cepet abisnya juga emoticon-Leh Uga

kalo tinggal di negara maju 23jt itu berasa kayak kita disini punya gaji 4-5jt

ya paling gak posisinya seimbang dengan negara maju laenya nanti emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan maverick4ever memberi reputasi
2 0
2
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
25-11-2019 16:00
kalau umk jd segitu, saat itu hrg air mineral 5000 jd 50.000. biasa bakal seimbang jg hrgnya..cth aja di negara berkembang..
profile-picture
profile-picture
maverick4ever dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
25-11-2019 16:00
umk mana nih 23 jt sebulan.
ngebut pindah ane
0 0
0
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
25-11-2019 16:00
Semoga.
0 0
0
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
25-11-2019 16:01
Bisa jadi, kalo inflasi tinggi kyk Venezuela atau Zimbabwe.
Kalo jalur normal, ane pesimis dah.
profile-picture
profile-picture
ZenMan1 dan maverick4ever memberi reputasi
2 0
2
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
25-11-2019 16:02
itu yg 23 jt PDB apa UMK ya ?
0 0
0
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
Lapor Hansip
25-11-2019 16:02
Balasan post maverick4ever
Quote:Original Posted By maverick4ever


Pernah belajar ekonomi makro? Nyinyir aja lu ndro
emoticon-Sundul Up


W agak skeptis klo emang bener UMK ampe 23juta, biaya hidup tuh tempat bakalan mahal...

Sama kek di luar negeri, gaji gede klo di liat di sini tapi disana (di tmpt org itu kerja) ngepas klo buat sehari-hari.
0 0
0
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
Lapor Hansip
25-11-2019 16:03
Balasan post onstepcl
Quote:Original Posted By onstepcl
Ganti Mata uang jadi 1 Rupiah


kenapa ga ganti jadi usd aja emoticon-Big Grin
profile-picture
jkwselalub3n4r memberi reputasi
1 0
1
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
25-11-2019 16:03
kusus rakyat ebong
target
umk 100jt/bln jg boleh
tinggal manggut2 aj
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
25-11-2019 16:04
Mungkin terinspirasi
Dari
Jutaan orang tidak tahu kalau mereka bisa menghasilkan1000 usd di rumah
profile-picture
maverick4ever memberi reputasi
1 0
1
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
25-11-2019 16:04
nanti para investor pada kabur lagi emoticon-Ngacir
profile-picture
maverick4ever memberi reputasi
1 0
1
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
25-11-2019 16:05
Quote:Original Posted By anuku20cm
kusus rakyat ebong
target
umk 100jt/bln jg boleh
tinggal manggut2 aj


Manggut-manggut aja sama baper
emoticon-Ultah
profile-picture
anuku20cm memberi reputasi
1 0
1
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
25-11-2019 16:05
Quote:Original Posted By mizunashi
bisa aja sih....tapi ya duitnya cepet abisnya juga emoticon-Leh Uga

kalo tinggal di negara maju 23jt itu berasa kayak kita disini punya gaji 4-5jt

ya paling gak posisinya seimbang dengan negara maju laenya nanti emoticon-Ngacir


Saat ini sbg pembanding saja, harga rokok di jerman itu 4x lipatnya gan, perkiraan agan kurang lebihnya sama 23 jeti : 4 = 5-6 jeti

emoticon-Ngakak
0 0
0
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
25-11-2019 16:07
tolong kalo bapak ini ngomong gk usah ditanggapi serius...tolong ya..
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan maverick4ever memberi reputasi
2 0
2
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
25-11-2019 16:07
Quote:Original Posted By nowbitool
W agak skeptis klo emang bener UMK ampe 23juta, biaya hidup tuh tempat bakalan mahal...

Sama kek di luar negeri, gaji gede klo di liat di sini tapi disana (di tmpt org itu kerja) ngepas klo buat sehari-hari.


Nah jadi di dasar2 ekonomi makro dikatakan bahwa "apabila ekonomi suatu negara meroket, maka UMK 23jt/bulan tanpa inflasi adalah keniscayaan" kalau nggak percaya coba tanya ëbong. Ingat, cerita di atas 100% fiksi karangan penulis. Adapun nama tempat, kejadian, dan nama tokoh adalah fiksi. Jangan baper
emoticon-Cool
Diubah oleh maverick4ever
0 0
0
Halaman 4 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia