News
Batal
KATEGORI
link has been copied
161
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddaaed5e83c7251e4344cdb/kue-tart-non-halal-dilarang-restoran-shabu-hachi
TEMPO.CO, Jakarta - Supervisor Shabu Hachi Gatot Subroto, Hario Aji merepons informasi yang beredar ihwal kue tart ulang tahun yang tidak berlogo halal tidak bisa dikonsumsi di outlet. Dia membenarkan hal itu. Menurut dia, hal itu berlaku bagi kue tidak belogo halal yang dibawa konsumen ke outlet.   "Namun, jika kue yang dibawa konsumen dari luar memiliki logo halal MUI, maka boleh dikonsums
Lapor Hansip
24-11-2019 23:24

Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi

TEMPO.CO, Jakarta - Supervisor Shabu Hachi Gatot Subroto, Hario Aji merepons informasi yang beredar ihwal kue tart ulang tahun yang tidak berlogo halal tidak bisa dikonsumsi di outlet. Dia membenarkan hal itu. Menurut dia, hal itu berlaku bagi kue tidak belogo halal yang dibawa konsumen ke outlet.
 
"Namun, jika kue yang dibawa konsumen dari luar memiliki logo halal MUI, maka boleh dikonsumsi di Shabu Hachi," kata Hario kepada Tempo di outlet Shabu Hachi Gatot Subroto, Jakarta, Ahad, 24 November 2019.
 
Dia menuturkan kue yang dibawa memiliki logo halal, boleh dikonsumsi di outlet menggunakan piring dari Shabu Hachi. Sedangkan jika tidak memiliki logo halal, menurutnya, kue tidak dapat menggunakan piring milik Shabu Hachi. Alasannya piring dapat terkontaminasi.
 
Hario menjelaskan upaya itu dilakukan karena Shabu Hachi sedang memproses Sertifikasi Halal dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia(MUI). Namun dia belum bisa memastikan kapan proses tersebut selesai.
 
Kendati begitu, Hario memastikan bahwa selebrasi ulang tahun seperti tiup lilin dan dokumentasi boleh diberlakukan di outlet. "Di sini sebenarnya hampir setiap hari ada yang merayakan ulang tahun," kata dia.
 
Saat Tempo mengunjungi outlet Shabu Hachi, terlihat konsumen yang datang bersama keluarga. Sekitar 70 persen kursi yang tersedia, dipenuhi para konsumen siang itu. Di restoran tersebut konsumen bebas memilih makanan apa saja. Setiap meja, juga telah disediakan kompor untuk merebus dan untuk memanggang.


https://bisnis.tempo.co/read/1276078...lal?page_num=1


Satu lagi korban pedagang stempel emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubizers dan 21 lainnya memberi reputasi
20
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 9
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
Lapor Hansip
25-11-2019 11:37
Balasan post lupis.manis
@hakoniwa93 kadrun mah, beli sar* roti aja blom tentu mampu, emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

*alesannya karena harom emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
1 0
1
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
25-11-2019 11:38
Emangnya kalo kue ngga punya sertifikasi halal, berarti kue itu "PASTI" mengandung babi? emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0 0
0
Lihat 2 balasan
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
Lapor Hansip
25-11-2019 11:40
Balasan post lexarrio
@lexarrio itulah hebat nya islam, bahkan non islam aja mendapat rejeki dari kaum muslim.

0 0
0
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
Lapor Hansip
25-11-2019 11:58
Balasan post FreezeHalogen
Quote:Original Posted By FreezeHalogen
Emangnya kalo kue ngga punya sertifikasi halal, berarti kue itu "PASTI" mengandung babi? emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


wah ya jelas engga lah fir bego amat enteh emoticon-Mad

tapi kalo punya sertifikat halal itu pasti udah bayar uang keamanan ke ormas yang itu tuuh emoticon-Leh Uga
0 0
0
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
Lapor Hansip
25-11-2019 11:59
Balasan post vnicce
Agama Hindu lah.. tapi disitu ga ada larnagan makan babi sih. Tapi karena babi masuk kategori hewan yg tamasika (pemalas), sebaiknya ga dimakan. Kalau dimakan ya resiko sendiri. Makan ga makan babi ga ada hubungannya sama surga-neraka. Paling2x ntar lo jadi males aja (ngantuk) dan ngeganggu kosentrasi kerja.

emoticon-Ngakak emoticon-Traveller

Ya logika aja sih.. kalau diharamin, buat apa diciptakan ya. Menguji ketaatan? Kalau dengan sholat aja lo bisa taat, buat apa melebih-lebihkan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
Lapor Hansip
25-11-2019 12:01
Balasan post leboy18
@leboy18 ya serah lah ape katelu dah biar lo demen dan ga mewek lagi emoticon-Leh Uga
0 0
0
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
Lapor Hansip
25-11-2019 12:03
Balasan post 54m5u4d183
Bukan bre, ini mah punya lokal, cuma nama aja kejepang-jepangan.
profile-picture
54m5u4d183 memberi reputasi
1 0
1
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
Lapor Hansip
25-11-2019 12:06
Balasan post mony372an
Quote:Original Posted By mony372an
Dari peraturan yang isinya cuma melarang memakan babi yang asalnya dari ajaran agama Yahudi, Islam si anak bungsu mencoba agar tampil lebih hebat dari abang-abangnya dengan meributkan asap masakan babi lah, ngeributin vaksin yang utk pembuatannya ada melibatkan enzim dari babi lah, sampai urusan tulisan babi, anjing dan seterusnya.

ngerepotin untuk hal-hal yang gak jelas juntrungannya. mau sampai kapan bangsa ini terus digoblok-goblokin agama ya.


sbenarnya untuk makanan halal&haram udah jelas di AQ. Merekanya aja yg menambahkan indikator2x lain kek prosesnya lah, bahannya lah, apalah. Di AQ udah jelas yg diharamkan hanya ini

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.” (QS. Al Maidah: 3)

Disitu jelas banget cuman daging aja yg ga boleh dikonsumsi.. jika dalam suatu proses melibatkan unsur babi, atau menggunakan minyak, enzim, atau yg ga termasuk dagingnya, ya ga masalah toh.

Hal yg sama dgn kue tart yg katanya ada unsur khamir (alkohol) di dalamnya. Kalau mau berfikir sih mestinya jelas ya, jika khamir itu memabukkan ya haram. Jika ada unsur khamir yg dimasukkan kedalam makanan dan makanan tsbt tidak membuat mabuk, ya ga masalah.
0 0
0
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
25-11-2019 12:07
bawa kue dari luar aja
0 0
0
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
25-11-2019 12:16
fix piringnya ga dcuci ya
0 0
0
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
25-11-2019 12:45
0 0
0
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
25-11-2019 12:48
Quote:Original Posted By vnicce
Ente dulu perbaiki logika. Di awal ente bilang akal terbatas. Gw ga pernah declare gw agnostic kok


Sorry bray gw ga teliti ternyata beda akun ya emoticon-Bingung kirain masih diskusi ama agan @Glooskap

Akal digunakan manusia utk lebih mengenal Tuhannya melalui tanda2 kekuasaanNya. Akal memiliki batasan yaitu logika, imajinasi, dan pengetahuan si empunya. Oleh karena itu agama diimani dengan keyakinan gausah terlalu dilogika krn klo maksain jelas miss krn

1. Pengetahuan manusia yg terbatas
2. Umur manusia yg terbatas.

Klopun umur ente semua didedikasikan utk melogika ketuhanan, mungkin baru setengah perjalanan ente udah mati sebelum menemukan benang merah nya.

Klo ente atheis ane ga punya argumen lagi utk didiskusiin ama ente krn perspektif awal kita aja udah beda.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
25-11-2019 12:56
Sekalian lah dipajang tulisan larangan, tapir dilarang masuk.
Abab, jigong & liur tapir haram. Bisa nempel dimana mana.
emoticon-Traveller
Diubah oleh Cooldrips
0 0
0
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
Lapor Hansip
25-11-2019 13:44
Balasan post FreezeHalogen
@lexarrio bhwkwkwk maafin ane sebagai kafir yg begoh enih

maklum gan, blom pernah nyobain kentjing oenta emoticon-Big Grin
0 0
0
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
25-11-2019 13:49
ditunggu boikotnya lagi netijen emoticon-Cool boikot semua sampe gabisa makan apa apa emoticon-Leh Uga
0 0
0
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
Lapor Hansip
25-11-2019 13:52
Balasan post vaksinbabihalal
lempar link smber yang bisa dipercaya kalau "vaksin dari babi halal".
0 0
0
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
Lapor Hansip
25-11-2019 14:26
Balasan post vaksinbabihalal
@QMaoel ''Dasar kewajiban suntik vaksin meningitis adalah peraturan pemerintah Arab Saudi yang mengharuskan tiap calhaj divaksinasi. Selain itu, pemberian vaksin merupakan langkah pencegahan terhadap penyebaran wabah meningitis. Mencegah terjangkitnya wabah dan penyakit wajib dalam agama,” ujar Ketua MUI, Ma’ruf Amin kepada Republika, Kamis (16/9).

Bahkan, jelas Ma’ruf, sekalipun belum ditemukan vaksin meningitis halal sebagaimana tahun lalu, hukum vaksinisasi tetap wajib. Sedangkan penggunaan vaksin haram saat itu diperbolehkan karena darurat.
0 0
0
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
Lapor Hansip
25-11-2019 14:45
Balasan post firewallshop
@firewallshop dia tidak bilang serta merta vaksin halal. dia bilang vaksin boleh karna darurat. vaksinnya tetap dianggap haram tapi karna darurat/dipaksakan/diwajibkan vaksin ,ya harus divaksin.

edited. si ma'ruf itu kejepit posisinya. entah harus ngikutin program pemerintah atau lurus-lurus ikutin hukum islam. banyak yang desak. emangnya gampang diposisi dia. nggak kayak UAS yang terang2an ceramah dia bilang vaksin haram ditambah testimoni dia"saya tidak pernah vaksin, sehat sehat saja". dia juga tambahkan kalau terdesak/darurat boleh(darurat dalam artian perasaan was-was kalau gak vaksin pasti mati)
Diubah oleh QMaoel
0 0
0
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
25-11-2019 15:12
Yang punya resto ini si githa nafeeza, mantan news anchor metro TV.

Antara memang ini persyaratan lebay yg diterapkan MUI, atau memang si githa dan manajemen resto itu yg udh masuk ke dalam golongan kadrun.

Yg jelas ini termasuk lebay juga kyk TLJ. Andaikan pengunjung bawa kue non-halal atau bahkan bawa bir dan minum pake gelasnya resto, emang itu semua ga bs dicuci lagi gitu??

Bekas makanan biasa dr makanan halal pun, kalau ga dicuci bersih, dan lgsg digunakan oleh konsumen baru, itu jg jadi sumber penyakit krn udh tercemar bakteri..
0 0
0
Kue Tart NON HALAL Dilarang Restoran Shabu Hachi
25-11-2019 16:01
Pantes kementrian agama ambil alih sertifikasi halal. Dri MUI sendiri dah aneh peraturannya. Atau ini peraturan baru yg ditambah Kemenag?
0 0
0
Halaman 7 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia