News
Batal
KATEGORI
link has been copied
317
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dda8b86f4d6953fbb389b4b/heboh-larangan-tulisan-natal-di-roti-rawon-setanampcelenganpuntak-bsa-dilabeli-halal
Kasus gerai roti Tous les Jours di Mal Pacific Place Jakarta cukup menarik. Gara-gara mengajukan label halal, manajemen gerai ini diduga melarang pegawainya melayani penulisan ucapan seperti Natal, Valentine dan Imlek. Menurut Wakil Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika MUI (LPPOM MUI) Sumunar Jati, aturannya tidak persis seperti itu. Ia juga menegaskan bahwa pihaknya tidak
Lapor Hansip
24-11-2019 20:54

Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal

Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal

Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal

Quote:Kasus gerai roti Tous les Jours di Mal Pacific Place Jakarta cukup menarik. Gara-gara mengajukan label halal, manajemen gerai ini diduga melarang pegawainya melayani penulisan ucapan seperti Natal, Valentine dan Imlek.

Menurut Wakil Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika MUI (LPPOM MUI) Sumunar Jati, aturannya tidak persis seperti itu. Ia juga menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah meminta toko kue untuk memajang aturan semacam itu.

Jati mengatakan, untuk memperoleh sertifikat halal memang ada ketentuan bahwa penamaan produk tidak boleh bertentangan dengan ajaran Islam. Hanya, aturan itu tidak berlaku untuk kustomisasi pada kue yang akan dibawa pulang.

Aturan penamaan produk
Bukan cuma bahan produk yang menjadi kriteria untuk mendapatkan label halal, tapi juga nama dan bentuk produk. Hal ini memang diatur dalam Surat Keputusan LPPOM-MUI No. 46 Tahun 2014 tentang Ketentuan Nama Produk dan Bentuk Produk.

Surat keputusan itu bahkan mengatur sejumlah nama produk yang otomatis tidak bisa diberikan label halal. Misalnya, hotdog, hamburger, bir 0 % alkohol, dan rootbeer. Jadi, dari segi nama sudah dinilai tidak sesuai dengan syariat Islam.

Begitu pula nama-nama yang mengandung nama setan seperti rawon setan, es pocong, mi ayam kuntilanak. Sekalipun bahan makanan itu halal, produk yang menggunakan nama-nama seperti itu tidak bisa disertifikasi halal.

Tak cuma nama, tapi juga bentuk. Produk yang berbentuk babi atau anjing tidak bisa mendapat label halal. Dengan demikian, celengan yang biasa dipakai anak-anak menabung juga tak bisa disertifikasi halal. Begitu pula bentuk produk yang erotis atau vulgar.

Aturan lengkap LPPOM-MUI
Berikut ini aturan lengkap sesuai dengan lampiran SK LPPOM-MUI No. 46 Tahun 2014 tentang Ketentuan Nama Produk dan Bentuk Produk.

Surat Keputusan LPPOM-MUI

Nama produk yang tidak dapat disertifikasi :

a. Nama produk yang mengandung nama minuman keras, contoh rootbeer, es krim rasa rhum raisin, bir 0 % alkohol.
b. Nama produk yang mengandung nama babi dan anjing serta turunannya, seperti babi panggang, babi goreng, beef bacon, hamburger, hotdog.

c. Nama produk yang mengandung nama setan seperti rawon setan, es pocong, mi ayam kuntilanak.
d. Nama produk yang mengarah kepada hal-hal yang menimbulkan kekufuran dan kebatilan, seperti coklat Valentine, biskuit Natal, mie Gong Xi Fa Cai

e. Nama produk yang mengandung kata-kata yang berkonotasi erotis, vulgar dan/atat porno.

Catatan;
o Poin-poin di atas tidak berlaku untuk produk yang telah mentradisi secara luas dan dipastikan tidak mengandung unsur-unsur yang diharamkan seperti bir pletok, bakso, bakmi, bakwan, bakpia dan bakpao
o Merk/brand produk yang mengandung nama produk haram lainnya dibolehkan untuk disertifikasi, contoh merk garuda, kubra bear, crocodile, cap badak.
o Nama produk yang mengandung kata sexy dan sensual boleh disertifikasi, contoh lipstick sexy pinky, lotion sensual amber, spa sensual.

Surat Keputusan LPPOM-MUI

Bentuk produk yang tidak dapat disertifikasi :
Bentuk hewan babi dan anjing.
Bentuk produk atau label kemasan yang sifatnya erotis, vulgar dan/atauporno



Sumber : https://www.indonesiana.id/read/1361...ign=2019-11-23


Oooohh jadi begini ceritanya ya.
Karena mau mendapatkan sertifikat/label halal jadinya tokonya melakukan hal tersebut?
Walaupun bahan halal, kalau namanya tidak sesuai, tidak bisa terbit sertifikasi halal?
Bahkan Rawon Setan pun tidak bisa disertifikasi halal?
Lawakan apa lagi ini?

emoticon-Ngakak

Lembaga agama tertentu kok gini banget ya?

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ezolla dan 34 lainnya memberi reputasi
31
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 15 dari 16
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
25-11-2019 12:20
Quote:Original Posted By Exorcizm
@bodico Jangan lupa pake TOA karena itu sangat syarii, biarpun toanya sampe ganggu orang lain bahkan orang sakit dan orang tua yang pengen sekedar tidur ga bisa emoticon-Tai emoticon-Malu


Sangat syarii bre,

Tapi pakai kaskus buatan k-feer

emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By Exorcizm
Dan banyak orang mempertanyakan kenapa negara ini tidak pernah maju Ngoahahahahaha
Do you realise that u live in stupid country with stupid people mate? ROFL


LOL

emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By adilaziali
Udah gausah pake sertifikat segala, yg penting bahanya aja yg halal
ntr kalau di grebek, tinggal tabok


Ga daftar sertifikasi halal? Kena sanksi!

Jika pelaku usaha tidak melakukan registrasi, maka sesuai pasal 48 ayat 3, ia dikenai sanksi administratif berupa penarikan barang dari peredaran.


https://www.cnbcindonesia.com/news/20191009073440-4-105460/tak-cantumkan-label-halal-produk-di-ri-bakal-kena-sanksi
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
25-11-2019 12:27
Quote:Original Posted By jd101
Gak rasional, nama bisa buat haram? Yeah right

Label ini mengganggu non muslim...tuh gara2 pengen dapat label pelayanan ke non jadi disunat. So jangan seenaknya ini cuma buat kaum gw karena nyatanya mulai menggerogoti hak2 orang lain


nah makanya, indonesia bukan negara islam, knp wajib halal, harusnya yg dipertanyakan yg ngeluarin aturan. Bikin demo sono gan kayak 212 tandingan ato gmn gitu. Kecuali malaysia yg emang negara islam, baru wajar.

ga perlu bahas knapa penamaan bisa haram sih. karena pokok permasalahannya (menurut gw) ada di "bukan negara islam knp wajib halal"
Diubah oleh heavenspace
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
Lapor Hansip
25-11-2019 12:31
Balasan post Exorcizm
@Exorcizm he-euh, holol pastinya.
kalo tinggal di area syar'i, pasti sudah terbiasa subuh-subuh mendengar mesjid yang berdekatan di tiap penjuru angin beradu toa.
nyanyian jampi-jampi arobnya tumpang-tindih kayak erang dengung gerombolan laler yang lagi tumpak-tumpakan coy.
tetap holol karena sesungguhnya berlomba memuji ollo itu sangatlah syar'i.emoticon-Big Grin
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
Lapor Hansip
25-11-2019 12:31
Balasan post heavenspace
Kenapa mesti demo? Ribut2 di masyarakat merupakan salah satu cara buat menunjukkan ketidaksenangan akan aturan ini... lucunya mui malah terkesan lepas tangan & menyalahkan toko
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
25-11-2019 12:41
Quote:Original Posted By jd101
Kenapa mesti demo? Ribut2 di masyarakat merupakan salah satu cara buat menunjukkan ketidaksenangan akan aturan ini... lucunya mui malah terkesan lepas tangan & menyalahkan toko


well bener sih, cuman sayangnya ribut2 di media onlen seringnya malah jadi ajang olok2 agama. Mui trrkesan lepas tangan, karena ga ad yg langsung protes to de point ke muinya kali gan... mreka mah bakal blaga pilon
0 0
0
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
25-11-2019 12:49
mau celengan berlabel halalpun tetep gak bisa dimakan


emoticon-Big Grin
0 0
0
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
Lapor Hansip
25-11-2019 12:54
Balasan post ceo.amigroup
Memang gan, dan sayangnya umat Islam alih2 membuat pengganti (buat industri/pabrik halal) malah sibuk gontok2an...
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
25-11-2019 12:54
No.3 super ambigu.emoticon-Wkwkwk
emoticon-Traveller
0 0
0
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
25-11-2019 13:20
Alergi amat ama yg berbau valentin.mungkin sukanya yg perang bunuh2an kali y.
0 0
0
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
25-11-2019 13:22
Quote:Original Posted By pertotperbaik
Yg beli ama makan geromban 212nya
Makan tuh jembut


Oseng jembhut kecap
0 0
0
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
Lapor Hansip
25-11-2019 13:47
Balasan post sudarmadji-oye
@4nt1.sup3r orang gila hahaha emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4nt1.sup3r memberi reputasi
2 0
2
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
Lapor Hansip
25-11-2019 14:03
Balasan post adhiet6
@adhiet6

Kalau Tape yang mengandung alkohol 7-10%, menurut anda haram / halal..?

*serius nanya ya gan
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
25-11-2019 14:05
Quote:Original Posted By jaguarxj220
@adhiet6

Kalau Tape yang mengandung alkohol 7-10%, menurut anda haram / halal..?

*serius nanya ya gan


Halal kalo itu setau ane

Karena yang mengandung alkohol belun tentu haram, itu udah banyak penjelasannya
Alkohol itu ga haram, yang haram itu khamar
0 0
0
Lihat 1 balasan
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
Lapor Hansip
25-11-2019 14:10
Balasan post adhiet6
Apa saja contohnya makanan/minuman yang mengandung alkohol tetapi tidak haram selain Tape ini ?

Kenapa ada yg bisa mengandung alkohol halal, ada yang haram ?
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
25-11-2019 14:16
HAM apa kabar? emoticon-Leh Uga
0 0
0
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
25-11-2019 14:19
Quote:Original Posted By jaguarxj220
Apa saja contohnya makanan/minuman yang mengandung alkohol tetapi tidak haram selain Tape ini ?

Kenapa ada yg bisa mengandung alkohol halal, ada yang haram ?


Duren, anggur, kan ada alkoholnya itu

Patokan halal haramnya itu jika si makanan/minuman itu kalo dikonsumsi memabukkan maka dia haram , tape juga kalo memabukkan juga haram jadinya

Jadi fleksibel sebenernya,
Kayak rawon setan, karena ada nama setannya jadi ga bisa disertifikasi halal, tapi kalo dinamakan rawon set one bisa jadi boleh disertifikasi halal,
Pengucapan sama tapi makna lain

https://m.kiblat.net/2014/03/27/huku...n-dan-minuman/
0 0
0
Lihat 1 balasan
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
Lapor Hansip
25-11-2019 14:29
Balasan post 4nt1.sup3r
@kacung.meykarta @4nt1.sup3r mau aja muter2 bareng ni cebong sama kadrun emoticon-Ngakak (S) , kampret ga diajak?
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
Lapor Hansip
25-11-2019 14:29
Balasan post kacung.meykarta
@kacung.meykarta WKWKWKKKWKWWKKWKWKWK PERTANYAAN KHAS LAYAKNYA PETUGAS SENSUS
AGAMA LU APA

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
zeledi dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
25-11-2019 14:41
Cuma gara-gara nama produk halal gak jadi "halal"emoticon-Leh Uga
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
Heboh Larangan Tulisan Natal di Roti: Rawon Setan&CelenganpunTak Bsa Dilabeli Halal
25-11-2019 14:59
Babi dibenci pdahal ga salah apa2...

Anjing diharamkan padahal bs jadi sahabat manusia, teman berburu, dan penjaga rumah...

Tapi,

Merokok ga diharamkan padahal merugikan kesehatan...

korupsi ga diharamkan padahal maling uang rakyat..

kimpoi kontrak dan perzinahan ga diharamkan karena dibalut nama nikah siri...

Sungguh hebat sekali...






profile-picture
profile-picture
profile-picture
4nt1.sup3r dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 15 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia