- Beranda
- Kendaraan Roda 4
Sejarah Panjang Jip di Indonesia
...
TS
babygani86
Sejarah Panjang Jip di Indonesia
Jip punya sejarah panjang di negeri kita. Inilah mobil yang mewarnai sepak terjang perjuangan RI melawan penjajah. Ia juga menjaid penanda kehadiran merek merek mobil Jepang pasca turunnya Soekarno sebagai presiden. Toyota land cruiser sempat menjadi teman sementara presiden baru RI kala itu, Soeharto, dalam setiap aktivitasnya.
Quote:
Toyota land cruiser 40-series
Jepang 1960-1984. Panggilan hard top. Masyarakat indonesia mulai mengenal land cruiser sejak tahun 1950. Tapi seri 40 kebanyakan digunakan oleh militer, kantor pemerintah, atau sebagai transportasi di perkebunan. Land cruiser seri 40 ini diproduksi dalam 2 versi: soft top dan hard top. Mobil ini juga dikenal memiliki tenaga besar, keahlian menanjak lumayan mumpuni serta kemampuan menembus genangan air cukup tinggi. Namun, tenaga besar ini juga diimbangi dengan konsumsi bahan bakarnya yang lumayan rakus. Ia hadir di indonesia dengan 2 pilihan mesin besar 3700cc dan 4200cc.
Di era presiden soekarno, pasukan cakrabirawa juga menggunakan seri 40 soft top sebagai kendaraan operasional. Sehingga banyak kalangan memanggi seri 40 soft top dengan panggilan land cruiser cakrabirawa. Tapi nama hard top lah yang menjadi julukan paling populer land cruiser seri 40 di tanah air. Di era 70 an dan 80 an, land cruiser seri 40 masih tetap dipakai sebagai kendaraan militer dan polisi. Bukan hanya sebagai kendaraan lapangan, seri 40 juga dipakai sebagai mobil para petinggi militer dan polisi. Saat ini, land cruiser seri 40 dianggap sebagai collector item. Tapi anda juga bisa menemui beberapa seri 40 sedang asyik melahap tanjakan dan gurun pasir di gunung bromo.
Jepang 1960-1984. Panggilan hard top. Masyarakat indonesia mulai mengenal land cruiser sejak tahun 1950. Tapi seri 40 kebanyakan digunakan oleh militer, kantor pemerintah, atau sebagai transportasi di perkebunan. Land cruiser seri 40 ini diproduksi dalam 2 versi: soft top dan hard top. Mobil ini juga dikenal memiliki tenaga besar, keahlian menanjak lumayan mumpuni serta kemampuan menembus genangan air cukup tinggi. Namun, tenaga besar ini juga diimbangi dengan konsumsi bahan bakarnya yang lumayan rakus. Ia hadir di indonesia dengan 2 pilihan mesin besar 3700cc dan 4200cc.
Di era presiden soekarno, pasukan cakrabirawa juga menggunakan seri 40 soft top sebagai kendaraan operasional. Sehingga banyak kalangan memanggi seri 40 soft top dengan panggilan land cruiser cakrabirawa. Tapi nama hard top lah yang menjadi julukan paling populer land cruiser seri 40 di tanah air. Di era 70 an dan 80 an, land cruiser seri 40 masih tetap dipakai sebagai kendaraan militer dan polisi. Bukan hanya sebagai kendaraan lapangan, seri 40 juga dipakai sebagai mobil para petinggi militer dan polisi. Saat ini, land cruiser seri 40 dianggap sebagai collector item. Tapi anda juga bisa menemui beberapa seri 40 sedang asyik melahap tanjakan dan gurun pasir di gunung bromo.
Quote:
Jeep CJ-7
Amerika serikat. Panggilan sije. 1980-1985. Pabrikan asal amerika serikat ini punya sejarah panjang di nusantara, dan dari merek inilah munculnya sebutan jip dalam bahasa indonesia. Sejak masa penjajahan, beberapa mobil keluaran keep telah menginjakkan keempat bannya di tanah air. Bahkan jeep willys tipe CJ2A, menjadi mobil pilihan jenderal terkenal republik ini, jenderal Soedirman. Berkat tongkrongannya, CJ-7 membuat penggunanya terlihat gagah, jantan, dan dari kalangan berada.
Tapi CJ-7 jelas berbeda dari beberapa tipe jeep yang malang melintang di jalanan idnonesia. Mengapa? Karena CJ-7 soft top menjadi bintang pendamping BMW 318iM10 dalam film catatan si boy. Tahun 1981, CJ-7 mulai dirakit di indonesia dan lumayan populer. Karena dipasangi mesin diesel 2400cc buatan isuzu, perfomanya jadi cukup buruk di jalanan maupun off road. Namun, hasilnya berbeda saat dipasangi mesin AMC 4200cc dan 5000cc V-8. Sama seperti land cruiser seri 40, meisn CJ-7 juga penyeruput bahan bakar yang hebat.
Amerika serikat. Panggilan sije. 1980-1985. Pabrikan asal amerika serikat ini punya sejarah panjang di nusantara, dan dari merek inilah munculnya sebutan jip dalam bahasa indonesia. Sejak masa penjajahan, beberapa mobil keluaran keep telah menginjakkan keempat bannya di tanah air. Bahkan jeep willys tipe CJ2A, menjadi mobil pilihan jenderal terkenal republik ini, jenderal Soedirman. Berkat tongkrongannya, CJ-7 membuat penggunanya terlihat gagah, jantan, dan dari kalangan berada.
Tapi CJ-7 jelas berbeda dari beberapa tipe jeep yang malang melintang di jalanan idnonesia. Mengapa? Karena CJ-7 soft top menjadi bintang pendamping BMW 318iM10 dalam film catatan si boy. Tahun 1981, CJ-7 mulai dirakit di indonesia dan lumayan populer. Karena dipasangi mesin diesel 2400cc buatan isuzu, perfomanya jadi cukup buruk di jalanan maupun off road. Namun, hasilnya berbeda saat dipasangi mesin AMC 4200cc dan 5000cc V-8. Sama seperti land cruiser seri 40, meisn CJ-7 juga penyeruput bahan bakar yang hebat.
Quote:
Daihatsu taft F50
Jepang. Panggilan kebo. 1974-1985. Inilah andalan daihatsu untuk bersaing di arena mobil 4WD. Walau sudah diproduksi sejak tahun 1974, taft tipe F10 baru masuk ke indonesia pada 1976. 2 tahun kemudian hadir pula seri F50 bermesin diesel 2500cc. Meski berkapasitas kecil, tapi mesin ini cukup mumpuni karena bodi taft cukup ringan. Harga solar yang sangat murah, pada masa itu, membuat biaya operasional taft lebih kecil dibanding pesaingnya.
Keunggulan taft F50 lainnya adalah kemampuan untuk mengubah sistem penggerak dari 2WD ke 4WD pada saat kendaraan bergerak. Inilah yang membuat taft punya penggemar yang tak sedikit. Taft seri F50 ini sering dipanggil taft kebo, oleh banyak orang.
Saat land cruiser seri 40 dihentikan produksinya, daihatsu justru memperkenalkan tipe taft baru, taft GT. Taft terus berkembang, hingga pada tahun 1996 daihatsu menelurkan 2 versi terakhir F73 dan F70. 2 versi terakhir ini diproduksi di indonesia hingga tahun 2007. Taft seri F50 sendiri berhenti diproduksi pada tahun 1985.
Jepang. Panggilan kebo. 1974-1985. Inilah andalan daihatsu untuk bersaing di arena mobil 4WD. Walau sudah diproduksi sejak tahun 1974, taft tipe F10 baru masuk ke indonesia pada 1976. 2 tahun kemudian hadir pula seri F50 bermesin diesel 2500cc. Meski berkapasitas kecil, tapi mesin ini cukup mumpuni karena bodi taft cukup ringan. Harga solar yang sangat murah, pada masa itu, membuat biaya operasional taft lebih kecil dibanding pesaingnya.
Keunggulan taft F50 lainnya adalah kemampuan untuk mengubah sistem penggerak dari 2WD ke 4WD pada saat kendaraan bergerak. Inilah yang membuat taft punya penggemar yang tak sedikit. Taft seri F50 ini sering dipanggil taft kebo, oleh banyak orang.
Saat land cruiser seri 40 dihentikan produksinya, daihatsu justru memperkenalkan tipe taft baru, taft GT. Taft terus berkembang, hingga pada tahun 1996 daihatsu menelurkan 2 versi terakhir F73 dan F70. 2 versi terakhir ini diproduksi di indonesia hingga tahun 2007. Taft seri F50 sendiri berhenti diproduksi pada tahun 1985.
Quote:
Suzuki Jimny (katana)
Jepang. Panggilan jangkrik/ katana. 1979-2019. Suzuki indonesia pertama kali memperkenalkan mobil 4WD perdana mereka pada tahun 1979 dengan nama Jimny LJ50. Ia hanya dibekali mesin 550cc. Tapi setahun kemudian, suzuki mengganti mesin yang lebih bertenaga berkapasitas 800cc. Penerusnya, suzuki katana, hadir di indonesia pada tahun 1984 dengan pilihan mesin 1000cc dan 1300cc.
Kemampuan menembus rintangan off road yang buruk tetap membuatnya diminati, karena jimny mungil ini punya dimensi kompak, irit bahan bakar, mudah dikendarai, serta gesit saat bermanuver. Ia pun diminati banyak kalangan sebagai city car, bukan sebagai jip. Oleh karena itu, banyak pemilik Jimny (generasi kedua Jimny diberi nama katana di indonesia) yang akhirnya mencopot sistem penggerak 4WD miliknya. Suzuki jimny juga menjadi favorit para modifikator roda 4, karena mereka sangat mudah untuk diberikan aksesoris pemanis tampilan. Yang jelas, ia bukan lawan tanding untukland cruiser 40 series dan jeep CJ-7. Sebab ia disukai sebagai city car.
Jepang. Panggilan jangkrik/ katana. 1979-2019. Suzuki indonesia pertama kali memperkenalkan mobil 4WD perdana mereka pada tahun 1979 dengan nama Jimny LJ50. Ia hanya dibekali mesin 550cc. Tapi setahun kemudian, suzuki mengganti mesin yang lebih bertenaga berkapasitas 800cc. Penerusnya, suzuki katana, hadir di indonesia pada tahun 1984 dengan pilihan mesin 1000cc dan 1300cc.
Kemampuan menembus rintangan off road yang buruk tetap membuatnya diminati, karena jimny mungil ini punya dimensi kompak, irit bahan bakar, mudah dikendarai, serta gesit saat bermanuver. Ia pun diminati banyak kalangan sebagai city car, bukan sebagai jip. Oleh karena itu, banyak pemilik Jimny (generasi kedua Jimny diberi nama katana di indonesia) yang akhirnya mencopot sistem penggerak 4WD miliknya. Suzuki jimny juga menjadi favorit para modifikator roda 4, karena mereka sangat mudah untuk diberikan aksesoris pemanis tampilan. Yang jelas, ia bukan lawan tanding untukland cruiser 40 series dan jeep CJ-7. Sebab ia disukai sebagai city car.
Quote:
Land rover 90 dan 110
Inggris. Panggilan landy/ ninety/ one ten. 1983-1990. Masuknya merek mobil inggris ini ke indonesia mungkin sejalan dengan sejarah PT java motors yang didirikan pada tahun 1949 dengan nama handles Vennootschap java motors import corporation NV. Java motors ditunjuk sebagai distributor kendaraan dan suku cadang land rover di indonesia. Jadi, kehadiran Landy di Indonesia hanya sethaun setelah merek land rover resmi beredar di dunia.
Seperti halnya land cruiser seri 40, land rover 90 dan 110 juga digunakan untuk memperkuat armada angkatan bersenjatan indonesia. Landy digunakan sebagai alat transportasi atau dimodifikasi agar bisa dipasangi senjata di atasnya. Apa sih arti nomor 90 dan 110? Nomor nomor itu sebenarnya adalah panjang wheelbase mobil dalam satuan inci.
Land rover juga menyediakan banyak pilihan mesin, agar penggunanya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Di tahun 1990, nama 90 dan 110 ditambahi dengan defender di depannya agar konsumen bisa membedakan dengan produk land rover lainnya. Bagaimana perfomanya? Sudah pasti jempolan.
Inggris. Panggilan landy/ ninety/ one ten. 1983-1990. Masuknya merek mobil inggris ini ke indonesia mungkin sejalan dengan sejarah PT java motors yang didirikan pada tahun 1949 dengan nama handles Vennootschap java motors import corporation NV. Java motors ditunjuk sebagai distributor kendaraan dan suku cadang land rover di indonesia. Jadi, kehadiran Landy di Indonesia hanya sethaun setelah merek land rover resmi beredar di dunia.
Seperti halnya land cruiser seri 40, land rover 90 dan 110 juga digunakan untuk memperkuat armada angkatan bersenjatan indonesia. Landy digunakan sebagai alat transportasi atau dimodifikasi agar bisa dipasangi senjata di atasnya. Apa sih arti nomor 90 dan 110? Nomor nomor itu sebenarnya adalah panjang wheelbase mobil dalam satuan inci.
Land rover juga menyediakan banyak pilihan mesin, agar penggunanya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Di tahun 1990, nama 90 dan 110 ditambahi dengan defender di depannya agar konsumen bisa membedakan dengan produk land rover lainnya. Bagaimana perfomanya? Sudah pasti jempolan.
Spoiler for Referensi:
https://www.topgear.com/car-news/retro/classified-week-toyota-land-cruiser-fj40
https://www.olx.co.id/mobil-bekas_c1...bil-bekas-jeep
https://jip.gridoto.com/read/2616847...o-di-indonesia
https://jip.gridoto.com/read/2612789...a-di-indonesia
https://www.motor1.com/news/383321/2...rover-pricing/
https://www.olx.co.id/mobil-bekas_c1...bil-bekas-jeep
https://jip.gridoto.com/read/2616847...o-di-indonesia
https://jip.gridoto.com/read/2612789...a-di-indonesia
https://www.motor1.com/news/383321/2...rover-pricing/
0
1.7K
Kutip
2
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
25KThread•11.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru