News
Batal
KATEGORI
link has been copied
278
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd76267e83c726e996d95ff/ustaz-somad-sepakat-catur-haram-ini-respons-menag
"Itu nggak usah ditanggapilah yang gitu-gitu ya. Malu nanti kita, malu diketawain orang banyak," kata Fachrul di Kantor Kemenag, Jl Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat, Jumat (22/11/2019).
Lapor Hansip
22-11-2019 11:21

Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag

Past Hot Thread
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag

Jakarta - Ustaz Abdul Somad (UAS) menyepakati bahwa permainan catur hukumnya haram. Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi merespons hal ini.

"Itu nggak usah ditanggapilah yang gitu-gitu ya. Malu nanti kita, malu diketawain orang banyak," kata Fachrul di Kantor Kemenag, Jl Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat, Jumat (22/11/2019).

"Orang semua bisa lihat referensi dari mana pun. Saya selalu bilang ya, sekarang nggak ada orang bisa mengklaim paling tahu, paling hebat," imbuh dia.

Menurut Fachrul, setiap orang memiliki referensi yang mungkin berbeda-beda. Dia pun mencontohkan seorang dokter spesialis yang dituntut oleh pasien karena memberi resep obat tak sesuai harapan pasien.

"Karena dokter spesialis pun bisa dituntut pasien yang tidak tahu apa-apa. Dia bisa mengatakan, 'Dok, Anda salah ngasih obat ke saya, obat yang Anda kasih dampak negatifnya sangat banyak'. 'Loh saya dokter spesialis'. 'Lha saya baca dari ratusan dokter spesialis lain'," katanya.

Diketahui, belakangan ramai lagi masalah ustaz Abdul Somad menyepakati bahwa permainan catur dan domino adalah haram. Dalam ceramahnya, UAS menyetujui bahwa catur adalah permainan yang mubazir waktu.

"Taz, boleh nggak mau main domino? Nah dalam mazhab Hanafi mengharamkan dadu dan catur, itu menghabiskan waktu," ungkap UAS dalam channel YouTube teman ngaji.

"Masa olahraga tapi bengong sampai tiga jam, aduh, mau persatuan catur nanti marah sama saya terserahlah," sambung Ustaz Somad.

https://m.detik.com/news/berita/d-47...-respons-menag

Youtubean haram lho, stad. Produk kafir emoticon-Christmas
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 40 lainnya memberi reputasi
41
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 15
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
22-11-2019 20:06
yaaa, gk bsa maen catur dong
0 0
0
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
22-11-2019 20:06
Quote:Original Posted By l.kripac98
trus penjumlahan dalam matematika haram dong


mottonya "dont be positive. be negative!"
0 0
0
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
22-11-2019 20:07
Quote:Original Posted By abk3304157
klo ane sih ketangkep, maksudnya kita tuh jangan buang buang waktu, lebih banyak beribadah, mungkin seperti itu maksud dan tujuannya, tp entahlah.


Poinnya emang di buang-buang waktu. Catur rakyat kan sekali main bisa berjam-jam dan berkali-kali ronde. Temen ane pernah sekali main bisa dari jam 11 malam ampe jam 4 pagi.

Daging ayam aja bisa haram kalo ketentuannya gak ditepati.
0 0
0
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
22-11-2019 20:24
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag

Di Alquran saja tidak disebut catur itu haram.

Nah ini bikin aturan sendiri...emoticon-Cape d... (S)

Dah berasa jadi TUHAN ini si manusia penggila khilafah dan intoleran. emoticon-Traveller
profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
22-11-2019 20:31
Quote:Original Posted By bixbite
sampe udah kebeli harley om ,
produk kapir juga emoticon-Ngacir

Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag


Quote:Original Posted By ustad.syam
nopol gak ada
spion gak ada
lampu depan gak idup

3 pasal


Itu yg di bawah stang bulet kayak spion bree emoticon-Bingung
0 0
0
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
22-11-2019 20:33
Kaskus haram dong? kan ada yg sampe seharian kaskusa melolo emoticon-Ngakak
0 0
0
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
22-11-2019 20:35
positif thinking aja. mungkin maksudnya main catur bisa haram kalau sambil pke narkoba..emoticon-Cool
0 0
0
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
22-11-2019 20:46
dikit2 haram hadeuh negarakuuu
0 0
0
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
22-11-2019 20:51
Maunya si somad itu, main catur sama kayak pubg, terjun langsung ketemu musuh jedar, jedor langsung selesai, dan nggak ada kesempatan buat bengong
0 0
0
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
22-11-2019 20:53
Kurang baca kisah Imam Al Gazali.
0 0
0
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
22-11-2019 21:05
Catur ngabisin waktu buat orang dungu yang kagak bisa mikir.

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
kera_terbang dan eomma memberi reputasi
2 0
2
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
22-11-2019 21:10
Selama somat ga suka, selama itu juga semuanya harom.
profile-picture
profile-picture
bajier dan liee memberi reputasi
2 0
2
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
22-11-2019 21:10
untung gue kapir
profile-picture
profile-picture
bajier dan theJizyah memberi reputasi
2 0
2
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
22-11-2019 21:14
Youtube,IG,FB,WA,twitter Haram gk mad tuh kan buatan tapir..

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
Lapor Hansip
22-11-2019 21:23
Balasan post bixbite
motor tehnologi kafir yah, HARAM ngak?
profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
22-11-2019 21:28
oh madzhab hanafi mengharamkan catur ya? baru tahu ane. tapi kan Indonesia mayoritas madzhab Syafi'i sihemoticon-Leh Uga
0 0
0
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
22-11-2019 21:32
Terkadang suka rindu sama ulama yang ceramahnya bikin hati tenang, damai. Gak kayak sekarang, dikit-dikit haram, dikit-dikit kapir emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
22-11-2019 21:33
Quote:Original Posted By bixbite
sampe udah kebeli harley om ,
produk kapir juga emoticon-Ngacir

Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag


Absolutely haram,,, ya aki2... emoticon-Maaf Agan
Diubah oleh slanker.nasbung
0 0
0
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
Lapor Hansip
22-11-2019 21:36
Balasan post nyairara
Lha di Arab Saudi 2017 diadakan lomba catur internasional, piye iki jal...
0 0
0
Ustaz Somad Sepakat Catur Haram, Ini Respons Menag
Lapor Hansip
22-11-2019 21:37
Balasan post binyomin
Quote:Original Posted By binyomin


Coba tanya emak lu emoticon-Najisemoticon-Najisemoticon-Najis


Tanya nenek lu emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis
0 0
0
Halaman 9 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia