• Beranda
  • ...
  • Heart to Heart
  • CARA MENYADARKAN KAKEK YANG GENGSIAN, KERAS KEPALA, SUKA MENYALAHKAN ORANG, PEMARAH.

gameholic2000Avatar border
TS
gameholic2000
CARA MENYADARKAN KAKEK YANG GENGSIAN, KERAS KEPALA, SUKA MENYALAHKAN ORANG, PEMARAH.
Assalamualaikum wr wb. Mohon maaf mungkin judul thread ini sedikit frontal, ya memang seperti itu kejadian nya sekarang.

Gini gan, gw mau nyeritain tentang KAKEK gw dulu. 1 bulan yg lalu nenek gw meninggal dunia. NENEK gw yang setiap harinya melayani kakek gw walaupun harus sabar menahan makian dari kakek gw  meninggal karena sakit kanker. Akhirnya kakek gw tinggal sendirian. Bapak gw (Anak Pertama) punya inisiatif buat ngajak kakek gw tinggal di rumah (Rumah gw di Surabaya, rumah kakek gw di Bekasi).  Kakek gw pun setuju dan akhirnya sekarang tinggak di rumah gw.

Fyi kondisi kakek gw sekarang agak memprihatinkan. Tubuh kakek gw bermasalah sehingga buat jalan aja susah butuh bantuan tongkat dan itupun masih jatuh kalau gak dituntun sama orang. Karena itu kakek gw sering manggil" semua yang ada di rumah buat nolongin dia, terutama gw (Kuliah Semester 3), adek pertama (Kelas 1 SMA) sama adek kedua (Kelas 4 SD). Gw sama adek gw laki semua.

Nah disini permasalahan dimulai. Selama kakek dan nenek gw hidup bersama hampir tiap hari terjadi konflik yang disebabkan masalah sepele, contohnya nenek gw yang salah ngambilin porsi makan buat kakek gw, lama kalo bukain pintu pagar sampe kakek gw nge bel" mobil kayak orang gila.  Dan yang paling parah ketika beras di rumah mereka abis, kakek gw sampe maki" nenek gw dan maksa nenek gw buat minjem beras sama tetangga. Hampir setiap hari nenek gw menerima makian dari kakek gw sampai nenek gw meninggak dunia. 

Setelah nenek gw meninggal ternyata tidak merubah sifat kakek gw. Sebelumnya rumah gw adem ayem gaada masalah apa-apa. Namun semenjak kakek gw dateng ke rumah gw, seisi rumah gw merasa tertekan karena kedatangannya. Yah mohon maaf yah bukan benci sama orangnya, tapi benci sama sifat buruknya.

Bapak gw bela" in beli tv buat dipasang di kamar kakek gw. Udah terlanjur beli tv, ehh kakek gw malah minta tv yang lebih besar. Alhasil bapak gw tekor harus keluar uang lagi. 

Lalu ibu gw, diminta tolong buat ngambilin kue buat persiapan sahur, tiba-tiba dibentak cuman gara-gara kuenya kelebihan satu (kebanyakan). Disini gw pengen bentak kakek gw karena gw gak terima, tapi mau gimana lagi, orang tua.

Terus gw juga gak luput dari sifat buruk kakek gw. Terkadang kakek gw suka memberi perintah gak jelas atau setengah-setengah, tapi kalau gw gak paham diomelin habis-habisan. Ketika gw niat membantu kakek gw misalnya ngambilin kue, ngelipetin kasur, makein baju dll, kakek gw malah ngomelin gw karena apa yg gw lakukan gak sesuai sama yang dia inginkan,  biasanya ngomong dengan nada keras, padahal cuma masalah sepele. Dan setiap gw melakukan kesalahan yang tidak disengaja, kakek gw selalu bilang ke gw "Kamu kok gak cerdas-cerdas sih, kamu itu udh dewasa, otaknya dipake buat mikir".

Lalu adek pertama gw yg masih SMA. Ya apa yg dia alami hampir sama dengan apa yang gw alamin. Diomelin, diteriakin, intinya hal ysng bikin adek gw ketakutan dan sakit hati itu dia alamin.

Lalu adek kedua gw yang masih SD. Gw kasihan sama adek gw yang ini gan. Masih kecil tapi sering banget dipanggil sama kakek gw buat ngebantuin dia, padahal ada 2 pembantu yang stand by buat ngebantu kakek gw. Dan adek gw ini pernah disalah-salahin karena gabisa ngegunting pengharum ruangan gantung, padahal guntingnya yang tumpul. 

Nah yang ini yang paling parah gan, 2 pembantu gw paling sering menerima cacian dari kakek gw. Fyi di rumah gw sebenarnya cuma ada 1 pembantu. Tapi karena ada kedatangan kakek gw, bapak gw sengaja nambah 1 pembantu lagi, cuma buat jagain kakek gw doang kalo ada apa-apa. Kakek gw suka protes ke pembantu gw cuma karena masalah makanan yg gak cocok sama selera kakek gw, contohnya rawon yang kemanisan, motong timun kekecilan, bikin lalapan bareng sama sayur itupun juga dijadiin bahan omelan. Pernah ada kejadian pembantu gw ngisi air di gelas khusus buat kakek gw, kakek gw yang ngeliat itu langsung marahin pembantu gw gara" kerja pas menjelang maghrib. Tetapi, setelah maghrib kakek gw ngomel" gara" gelas khusus buat kakek gw kosong gaada air. Habislan pembantu gw diomelin.

Oke disini gw mau nyeritain kalo kakek gw punya sifat GENGSIAN. Pernah ada kejadian kakek gw jatoh di depan kamar mandi. 2 Pembantu dateng cepet" buat nolongin kakek gw. Tapi kakek gw malah ngusir" pembantu gw dengan kasar emoticon-Frown . Disini gw mikirnya kakek gw gengsi karena ditolongin sama perempuan. Dan yang paling brengseknya lagi adek gw dipanggil dgn teriak" sama kakek gw, terus disuruh ngangkat kakek gw yang lagi tersungkur dilantai. Banyangin aja gan gw gak tega anak kelas 4 SD disuruh-suruh ngangkat orang tua yang badannya lebih besar dari dia. Padahal ada 2 pembantu gw yang kuat buat ngangkat kake gw yang jatuh. Tapi karena gengsi, adek gw yang harus susah payah.

Lalu sifat KERAS KEPALA kakek gw, kakek gw gapernah mau dengerin omongan gw. Pernah saat itu bapak gw minta tolong gw buat nyariin surat nikah kakek gw buat surat pindahan. Gw akhirnya ke kamar kakek gw dong buat nyari surat nikah itu di tas yg isinya file-file. Kakek gw pasti nanyain gw mau ngapain dan akhirnya gw jawab kalo gw nyari surat nikah karna disuruh bapak. Ketika gw berusaha nyari surat nikahnya pelan", kakek gw ngomong dengan ketus ke gw "Kamu itu gak tau, yang nyimpen surat itu yangkung sendiri, kamu diem aja disini". Akhirnya gw diem aja ngeliatin kakek gw yg nyari surat nikahnya sendirian. Singkat cerita suratnya gak ketemu dan akhirnya kakek gw menyerah. Gw menawarkan buat nyari surat itu pelan" tapi kakek gw ngeyel dan keras kepala kalau suratnya gaada di tas itu. Gw bilang bapak gw kalau suratnya gaada. Tapi bapak gw ga pecaya. Akhirnya bapak gw yg nyariin surat itu pelan" dan ternyata ketemu. Gw mau ngomong ke kakek gw kalau nyari barang itu pelan" sama harus sabar, tapi mau gimana lagi, orang tua.

Lalu sifat SUKA MENYALAHKAN. Pernah kejadian ketika nenek gw masih hidup dan bersma kakek gw lagi nginep di rumah gw, pas mau sholat subuh, tiba" ban mobil di rumah gw kempes (kakek gw sholat subuh ke masjid pake mobil disupirin sama gw). Kakek gw teriak", malu-maluin gw sama nenek gw yg ada dirumah. Dan yang paling ngeselin lagi kakek gw nyalah"in gw sama nenek gw tanpa alasan yang jelas. Terus ada kejadian waktu wudhu celana kakek gw gak sengaja kena air dari keran. Kakek gw heboh dan teriak" manggil gw. Kakek gw nyalahin gw karena gw gak sigap buat matiin kerannya. Setelah kejadian itupun kakek gw ngomel"  gak jelas ke gw gak pake berhenti (padahal mau sholat). Bikin sakit hati ajaa.

Sebenarnya dari keluarga yg lain  (adek sepupu, om, tante, adik dari nenek, dsb) mengeluh akibat sifat kakek gw yg seperti itu, tapi gw gabisa jelasin satu" permasalahannya apa disini karena terlalu banyak.

Disini gw mau minta saran ke agan-agan semua gimana caranya menyadarkan dan menghilangkan sifat busuk kakek gw yang bikin gw, adek gw, bapak ibu gw, keluarga yg lain sakit hati. 

Karena kakek gw kayak gini bukan baru-baru ini, TAPI UDAH BERTAHUN-TAHUN. FYI kakek gw adalah orang yang taat beribadah, tapi gabisa menjalin hubungan yang baik sama keluarga sendiri. Suka menyampaikan ceramah tapi dia sendiri gabisa melakukan dan tidak bisa untuk diingatkan.

Terima kasih.
lina.wh
NadarNadz
nona212
nona212 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.9K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to Heart
icon
21.6KThread27.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.