News
Batal
KATEGORI
link has been copied
46
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd771e410d295723b3bec8d/uas-haramkan-catur-percasi-angkat-bicara
Suara.com - Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi ) angkat bicara terkait ceramah Ustaz Abdul Somad ( UAS) yang sepakat mengharamkan olahraga catur. UAS menyebut olahraga catur menjadi haram lantaran disinyalir dapat melalaikan salat dan menghilangkan waktu berhari-hari. Video mengenai ceramah pria berusia 42 tahun itu ramai diperbincangkan khalayak seiring dengan kabar UAS
Lapor Hansip
22-11-2019 12:28

UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara

UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara

Suara.com - Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi ) angkat bicara terkait ceramah
Ustaz Abdul Somad ( UAS) yang sepakat mengharamkan olahraga catur.

UAS menyebut olahraga catur menjadi haram lantaran disinyalir dapat melalaikan salat dan menghilangkan waktu berhari-hari.

Video mengenai ceramah pria berusia 42 tahun itu ramai diperbincangkan khalayak seiring dengan kabar UAS yang mengisi tausiah di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (20/11/2019).

Dari hasil penelusuran, ceramah UAS soal catur diunggah oleh YouTube Teman Ngaji pada 26 Juli 2017 dengan judul "Hukum Main Domino dan Catur - Ustadz Abdul Somad Lc MA".

UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
Ceramah Ustaz Abdul Somad soal hukum main domino dan catur. (YouTube/Teman Ngaji)

Menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem, UAS salah kaprah terkait hukum mengharamkan olahraga catur.

Menurutnya, catur yang dimaksudkan UAS berbeda dengan olahraga catur profesional yang selama ini diwadahi Percasi.

Percasi, kata Liem, memiliki waktu dan metode latihan yang jelas bagi para atlet Pelatnas catur. Sehingga, tudingan yang menyebut catur membuang-buang waktu kurang tepat.

"Ustaz Abdul Somad mungkin tidak tahu situasi. Dia pikir hanya yang di kampung-kampung yang main hingga lupa waktu," ujar Liem saat dihubungi
Suara.com, Kamis (21/11/2019).

"Kami di Percasi minimal latihan satu hari itu enam jam. Itu dibagi dua sesi. Kita kebanyakan bahas strategi, bukan main."

"Main itu saat jelang pertandingan, agar pola dan irama berpikirnya cocok dengan nomor yang dipertandingkan," sambungnya.

UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
Kabid Binpres PB Percasi Kristianus Liem (kedua dari kanan). [Facebook/Percasi Catur Indonesia]


Lebih jauh, Liem menjelaskan bahwa bahasan mengenai haram tidaknya suatu kegiatan, dalam hal ini catur, seharusnya sudah tak relevan untuk dibahas.

Menurut Liem, Indonesia lebih baik membahas soal peningkatan prestasi catur itu sendiri.

Lantaran, kata dia, negara-negara lain yang sempat mengharamkan catur pun telah berpikir lebih terbuka dan mencoba lebih maju.

"Lebih baik kita pikirkan hal-hal positif. Negara-negara lain sudah lebih maju meski dulu membahas hal itu," ujarnya.

"Harusnya kita bahas prestasi. Aneh hal-hal seperti ini masih dibicarakan sekarang."

"Iran pernah mengharamkan catur. Tapi sekarang catur di Iran itu sedang booming, gila-gilaan. Bukan hanya sponsor banyak, tapi pecatur-pecatur mudanya tumbuh luar biasa," sambungnya.

UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
Para pecatur putri mengikuti Kejuaraan Dunia Catur di Riyad, Arab Saudi, Selasa (26/12/2017). [AFP]


Di sisi lain, Liem menyebut catur juga memiliki banyak manfaat khususnya bagi perkembangan otak anak.
Permainan catur disebutnya sangat baik untuk melatih kepintaran seseorang.

"Dengan main catur, bermain bagus, pemikirannya semakin sistematis. Mana yang harus didahulukan ada saat kita mengalah dulu untuk menang," jelas Liem.

"Anak yang sering main catur, pelajaran di sekolah itu cerdas-cerdas, terutama matematika," pungkas Kabid Binpres PB Percasi Kristianus Liem.



Awal Mula

Awal mula dari kasus pengharaman catur ini dari pertanyaan seorang jamaah kepada UAS.

"Maaf Pak Ustaz boleh nggak main domino untuk mengisi waktu luang biasanya 17 Agustus?" tanya jamaah tersebut.

Tak lama, UAS berkelakar, "Ini rekaman berbahaya".

Kemudian ia memberi jawaban atas pertanyaan itu dengan merujuk pada Mazhab Hanafi .

"Mazhab Hanafi mengharamkan dadu dan catur, alasannya dua yakni pertama melalaikan sholat dan yang kedua menghilangkan waktu berhari-hari," terang UAS.

UAS lalu mengatakan, bila dirinya tidak setuju catur dimasukkan sebagai salah satu cabang olahraga lantaran membuang waktu.

"Bahwa ketua persatuan catur marah pada saya, terserahlah tapi saya tidak setuju. Habiskan waktu itu, banyak yang perlu kita pikirkan. Bagaimana politik, bagaimana anak. Ini yang kita pikirkan cem mana pion-pion ini bisa selamat," imbuhnya.

Pun bila catur diklaim bisa meningkatkan ketangkasan, UAS menyebut masih ada olahraga lainnya yang bertujuan sama.

Ia pun menegaskan sepakat dengan Mazhab Hanafi yang mengharamkan permainan domino dan catur, setelah melihat titik persamaannya.

"Dadu dan catur sifatnya permainan, menetapkan sesuatu yang belum ada hukumnya kepada sesuatu yang ada hukumnya dengan melihat titik persamaan antara keduanya," pungkas UAS.

Sejak diunggah, ceramah UAS tentang hukum main domino dan catur telah disaksikan lebih dari 1,3 juta kali.


https://www.suara.com/sport/2019/11/...-angkat-bicara

profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
22-11-2019 12:31
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara

ini loh yang membuat setan menggigil. emoticon-Sundul Up
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
22-11-2019 12:35
Seperti kata Menag, omongan si ginong nga usah ditanggapi....malu kita emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
22-11-2019 12:36
ngasah biji vs ngasah otak
profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
22-11-2019 12:36
Kaga ada yang nanya kalo berak makan waktu haram apa kaga?
Kalo mencret enak, ini kalo keras taiknya kan susah keluar, lama ngedennya, tod.. Eh tad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
22-11-2019 12:36
Mungkin yg perlu diharamkan 👄👅 kalik yak. Soalnya bikin rusuh mulu
profile-picture
profile-picture
bajier dan kmzwa88waa memberi reputasi
2 0
2
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
22-11-2019 12:37
kalo gitu ceramahnya jangan pake toa produk tapir
ntar kesurupan jin tapiremoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
22-11-2019 12:38
mampus deh lu...
ini akibat ngomong asal ngomong.
gak pake dipikir.
nyinggung org lain apa enggak.

ibarat org jalan di pasar gak pake mata.
asal jalan aje.
gak peduli nyenggol org lain apa enggak.

bentar lagi dia ngomong piknik itu haram

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
22-11-2019 12:38
Insya Allah cahaya Islam tak akan padam oleh banyaknya keroyokan Setan
Islam akan padam saat dunia dikiamatkan
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan jfun790 memberi reputasi
1 1
0
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
22-11-2019 12:41
Ceramah poligami, tapir kelojotan
Ceramah salib, tapir kelojotan
Ceramah drama korea, tapir kelojotan
Celamah catur, tapir kelojotan
Ceramah tentang tapir, tapir pingsan 3 hari

Anehnya si tapir malah hobi kepoin ceramah UAS,

Kan tolol
Wkwkqk


Harusnya ceramah uas dikasih spanduk,
"TAPIR NEKAD NGUPING, KELOJOTAN TANGGUNG SENDIRI"

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh tujuh.tahun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
higgsboson dan 6 lainnya memberi reputasi
4 3
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
22-11-2019 12:42
babi bisa halal dalam kondisi terpaksa
profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
22-11-2019 12:43
Quote:Original Posted By higgsboson
Insya Allah cahaya Islam tak akan padam oleh banyaknya keroyokan Setan
Islam akan padam saat dunia dikiamatkan


Jangan lupa take a emoticon-Angkat Beer dulu

Quote:Original Posted By tujuh.tahun
Ceramah poligami, tapir kelojotan
Ceramah salib, tapir kelojotan
Ceramah drama korea, tapir kelojotan
Celamah catur, tapir kelojotan
Ceramah tentang tapir, tapir pingsan 3 hari

Anehnya si tapir malah hobi kepoin ceramah UAS
Kan tolol

Wkwkqk

emoticon-Leh Uga


Jangan lupa take a emoticon-Angkat Beer dulu
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1 0
1
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
22-11-2019 12:43
mau terkenal di indonesia? bikinlah sensasi, diulang ulang terus biar makin naik.

profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
22-11-2019 12:45
Liem kapir,
Gak mau denger kata ustat..
Last carr.....!!!!
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
22-11-2019 12:47
mantap nih somat.... pelawak yg tersesat emoticon-Ngakak
profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
22-11-2019 12:54
kalau catur ga di masukin jadi cabang olah raga ok lah , masih kontroversial , kek e-sport itu ,

tapi kalo di haramin karena ngabisin waktu.
terus hobi baru lu touring moge itu ngabisin waktu ga mad ? emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
22-11-2019 13:00
papan, biji caturnya terbuat dari babi2 makanya haram tapi nikmat emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
22-11-2019 13:02
Udahlah udah, jgn maunya diketawain terus...
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan kmzwa88waa memberi reputasi
2 0
2
UAS Haramkan Catur, Percasi Angkat Bicara
22-11-2019 13:04
ahh , ane g tau lagi mau komen apa ,
hahaha
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia