News
Batal
KATEGORI
link has been copied
84
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd63ab89a972e4f6533796f/ustaz-abdul-somad-haramkan-catur-warganet-bereaksi
Nama Ustaz Abdul Somad alias UAS kembali diperbincangkan di jagat media sosial, usai mengisi tausiah bertema integritas di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sejumlah warganet mengungkit video ceramah lama soal haramnya permainan catur dan domino yang sempat viral di dunia maya. Dalam video ceramah yang diunggah laman YouTube Tausiah Islami tersebut, UAS terlihat membacakan pertanyaan dala
Lapor Hansip
21-11-2019 14:20

Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi

Nama Ustaz Abdul Somad alias UAS kembali diperbincangkan di jagat media sosial, usai mengisi tausiah bertema integritas di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sejumlah warganet mengungkit video ceramah lama soal haramnya permainan catur dan domino yang sempat viral di dunia maya.

Dalam video ceramah yang diunggah laman YouTube Tausiah Islami tersebut, UAS terlihat membacakan pertanyaan dalam sesi tanya jawab bersama jamaah pengajian.

Salah satu pertanyaan yang muncul adalah mengenai hukum bermain catur dan domino. Abdul Somad mengatakan, bermain catur atau domino merupakan kegiatan mubazir waktu.

"Maaf ustaz, boleh enggak mau main domino, untuk mengisi (waktu) luang, biasanya saat (perayaan) 17 Agustus," kata UAS membacakan pertanyaan dalam selembar kertas.

Sebelum mantap menjawab, Abdul Somad sudah menyangka bahwa rekaman video jawabannya bakal 'berbahaya' di masa yang akan datang.

Tapi pada akhirnya, pendakwah asal Kabupaten Asahan, Sumatera Utara itu tetap menjawab dengan mengutip mazhab Imam Hanafi.

"Ini, rekaman ini berbahaya ini," Kata UAS. "Nah, dalam mazhab Hanafi mengharamkan dadu dan catur, alasannya dua, pertama melalaikan salat, yang kedua menghilangkan waktu berhari-hari," kata dia melanjutkan.

Video lama yang diunggah tanggal 26 Juli 2017 itu kembali ramai menjadi perbincangan warganet tidak lama usai UAS mengisi pengajian di gedung KPK pada Selasa, 19 November 2019.

Sejumlah netizen membanjiri kolom komentar unggahan dengan pernyataan menohok soal ucapan Ustaz Abdul Somad. Sebagian lain, memilih tak ambil pusing dengan isi ceramah tersebut.

"Simpel az,,yg haram itu ada diotak kita,, kalau kita lalai gegara main musik main catur main domino atau sebagainya bahkan ngumpul ngumpul bgadang yg membuat lalai sholat subuh itu haram,,,tapi kalo slama ingat ada waktu shalat walau dia main catur main musik ngumpul ngumpul sah sah aja gak ada haramnya koq,,,gitu aza merepot mikirkan," tulis akun Ahmad Rafii.

Sementara sejumlah netizen penghuni media sosial Twitter mengemukakan keberatannya atas pendapat UAS tentang hukum permainan catur dalam Islam.

"Main catur itu HARAM. Begitulah kata orang yg tidak pernah belajar ttg strategi," kata akun @AWChuz.

"Kalopun maen catur pake taruhan, tentu bukan caturnya yg haram kan?," cuit akun @Iron_Dizan.

https://www.tagar.id/ustaz-abdul-som...ganet-bereaksi

Dengan logika yg sama:

Dengerin ceramah si pesek sampai lupa sholat juga haram.

Artinya ceramah si pesek haram

Dasar pesek goblog.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hattori hanzo dan 14 lainnya memberi reputasi
13
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
21-11-2019 23:30
Jelaslah haram..
Disitu ada kanibal, mentri dimakan..raja dimakan..
Selain itu juga sia2..udah tw benteng berat kok diangkat..
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
21-11-2019 23:34
Quote:Original Posted By bl0job
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi


mukanya asemm banget. Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
21-11-2019 23:38
Quote:Original Posted By unwell
hmm.. gw sih setuju2 aja memang catur itu menghabiskan waktu.


Kalo ngaskus gan?
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
22-11-2019 00:37
Bangciaaat....ane jadi ingat...MEMANCING...iya..mancing gan...
Para jamaah Mancing mania..Mancing juga bisa melalaikan..berarti juga HAARAM...
Kasihan para mancing mania...untungnya ane gak suka mancing..ane sukanya ngumpul di pos komplek sama bapak bapak

Eh bangciaaaat lagi...seringkali kami lupa waktu sampe ada yg gak di bukain pintu sama bini nya..

Brarti kegiatan ngumpul di pos juga HARAM...alamakjang..

Kadang ane juga tidur sering lupa waktu..apakah HARAM juga???

Wah berat banget hidup ane kalau jadi jamaah ustad satu ini..untung ane bukan jamaah nya
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
22-11-2019 00:41
kimpoy itu halal kalau dilakukan dengan pasangan yang sah apalagi untuk membahagiakan suami/istri.. malah ibadah... tapi kalo lupa kewajiban gegara kebanyakan kimpoy ya hukumnya haram. jadi segala sesuatu itu ada tempat dan waktunya. dan janganlah kamu belebih lebihan.
masih kurang jelas? berarti matamu ketutupan taik...
Diubah oleh foolbaby
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
22-11-2019 03:42
ada lagi yg gak setuju sama caturrrrr.....



emoticon-Leh Uga
Diubah oleh TheTenant
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
22-11-2019 05:07
dikit2 haram...
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
22-11-2019 05:58
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi



ketakutan sama salib emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
Exorcizm memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
22-11-2019 05:58
Quote:Original Posted By Uthe18
coba ustadz, tanyakan ke bibib babanana...
kalau maen WA sama WIL yg bukan muhrimnya sambil ngayal jorok, minta kirim2 foto dan video cabulnya kira2 haram gak ? emoticon-Ngacir


klo dapet kirimin poto/video berarti rejeki gan emoticon-Malu
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
1 0
1
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
22-11-2019 06:02
hmmm aye demen catur
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
22-11-2019 06:28
lah... si berita sebelah, si UAS di cekal sama KPK..


kok di sini dia bikin pengajian di KPK..

mana yg bener nih berita nya... emoticon-Bingung
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
22-11-2019 06:50
Catur dan Domino khan Olahraga Otak...

Kok Dibilang Mubajir?...

Tad Somad makin kesini...

Kok Makin Suram ya?...
emoticon-Ngakak
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
22-11-2019 06:52
yg punya hobi mancing jg kena dong??
trus aktifitas apa yg ga ngabisin waktu??
waktu itu jalan bos, ga brenti
dan refreshing dgn hobi itu jg penting
dikit2 haram
dikit2 dibawa ke agama
mabok agama tp minim logika
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
Lapor Hansip
22-11-2019 07:32
Balasan post unwell
Quote:Original Posted By unwell
hmm.. gw sih setuju2 aja memang catur itu menghabiskan waktu.


lu kaskusan juga ngabisin waktu

Time You Enjoy Wasting is Not Wasted Time
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
Lapor Hansip
22-11-2019 08:00
Balasan post PiranH.Jr
@PiranH.Jr Apalagi kalau babu nya sampai 4, seperti manual book. Pas mati dah ditunggu lagi sama 72 babu di syurga emoticon-Kiss (S)
Nikmat mana lagi yang kau dustakan? emoticon-Wowcantik
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
Lapor Hansip
22-11-2019 08:01
Balasan post gosal1929
Bukan cuma takut sama salib nih si pesek, pas ngaca juga pasti dia sering ketakutan emoticon-Wakaka
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
22-11-2019 08:28
ane setuju sama quote terakhir ts jadi semua yg melalaikam itu haram termasuk denger ceramah,berarti tinggal manusianya aja yang cerdas.
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
22-11-2019 08:32
Ngakak aja gegara komeng ts emoticon-Ngakak
0 0
0
Ustaz Abdul Somad Haramkan Catur, Warganet Bereaksi
22-11-2019 08:35
monopoli lebih lama tuh tadz. haramin jg sekalian emoticon-Ngakak
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia