• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Harimau Bermunculan! Benarkah Tanda Gunung Akan Meletus, Atau Sekedar Disorientasi?

agungdar2494
TS
agungdar2494
Harimau Bermunculan! Benarkah Tanda Gunung Akan Meletus, Atau Sekedar Disorientasi?


Beberapa pekan ini Provinsi Sumatera Selatan dibuat geger. Warga kabupaten lahat dan kota Pagar Alam khususnya--yang bermukim dan beraktivitas di sekitar Gunung Dempo semakin diresahkan.



Bermula dari penampakan harimau yang menurut pengakuan saksi mata berwarna putih muncul di kebun teh dan kebun warga, hingga memakan korban yang tewas diterkam macan tutul bahkan harimau.

Kini warga sekitar kembali dibuat resah. Bermunculan spekulasi (simpang siur) yang menyebutkan, bahwa hewan buas turun dari gunung merupakan pertanda jika Gunung Api Dempo (GAD) akan meletus. Benarkah?



Bisa jadi benar, apapun bisa terjadi jika allah menghendaki, dan kita tahu sama tahu bahwa insting hewan terhadap bencana alam memang kuat.

Kendati, Petugas Pos Pemantau Gunung Api, Megi menjelaskan, bahwa sampai saat ini kondisi GAD masih normal.

Quote:


Isu meletusnya Gunung Dempo--salah satu pegunungan aktif di bukit barusan (memanjang dari Lampung hingga Aceh) bukan tidak pernah digemborkan. Pada tahun 2006 lalu misalnya.

Beberapa oknum menyebar informasi bahwa pada tanggal 10 mei 2006 Gunung Dempo akan meletus. Tidak sedikit warga sekitar yang telah mengungsi karena informasi tersebut.

Sebagai seseorang yang lahir dan dewasa di Pagar Alam. TS juga mengetahui beberapa kisah yang sering diceritakan nenek dulu. Bahwa Harimau adalah hewan yang disegani (sebutannya nenek gunung). Dan mereka (harimau) hanya muncul ketika diusik atau jika ada sesuatu yang buruk di Gunung Dempo akan terjadi.

Quote:


Ada banyak sekali kemungkinan penyebab turunnya para hewan buas tersebut.

1. Kemarau Panjang



Seperti yang kita ketahui, beberapa bulan belakangan, kemarau panjang terjadi dimana-mana, termasuk Sumatera Selatan. Hal ini mungkin yang menyebabkan hewan buas terpaksa turun mencari air.

2. Disorientasi (Tersasar)



Dikarenakan kemarau, hewan buas yang terpaksa keluar dari habitatnya demi mencari air. Manusia saja bisa tersasar, apalagi hewan.

3. Kebakaran Hutan



Kebakaran hutan bisa menjadi penyebab keluarnya hewan buas, 21 september 2019 sempat terjadi kebakaran hutan di Pagar Alam. (Sumber : di sini)

Ada begitu banyak kemungkinan yang terjadi sebagai penyebab hewan langka ini keluar dari habitatnya.

Namun, daripada kita sibuk berspekulasi dan panik. Akan lebih baik jika kita berdoa meminta perlindungan, sembari menghindari tempat-tempat seperti hutan dan kebun di sekitar kaki gunung.

Lebih daripada itu, atas keresahan warga terkait harimau dan macan tutul. Semoga segera dapat ditangani oleh pihak berwenang dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Sekian dulu thread dari ane.
Terima Kasih
:terimakasih




Referensi : 1. Isu Gunung Api Meletus 2006
2. Harimau Putih Penyerang Petani Kopi

Sumber foto : Google

4iinchsebelahblogtien212700
tien212700 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
17.4K
168
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.