• Beranda
  • ...
  • Fashion
  • Nggak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Bahan Suede yang Benar

n0404
TS
n0404
Nggak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Bahan Suede yang Benar
Bahan suede adalah salah satu bahan yang paling tricky untuk dirawat karena sifatnya yang sensitif. 



Goresan noda sedikiit aja bisa mengotori sepatu, boots, atau jaketmu kalau nggak ditanganin buru-buru dan dengan benar. Lebih susah lagi kalau suede-nya warna hitam. Semua debu-debu yang nempel di pakaian bakal terpampang jelas deh kalo nggak rajin-rajin dibersihin. Memasuki musim hujan, merawat pakaian berbahan suede jadi tantangan yang makin besar, karena rawan terpapar basah dan becek. 



Meski termasuk susah buat dirawat, masih banyak orang yang memilih pakaian yang berbahan suede, entah yang asli maupun yang imitasi. Alasan utamanya karena bahannya yang lentur dan kelihatan elegan dan lembut waktu dipakai. Apa Gan Sis salah satunya?

Nah, supaya lebih awet, Gan Sis yang punya pakaian berbahan suede bisa ikutin tips perawatannya di bawah ini nih,:
 
1. Jangan pernah dicuci

Nggak seperti pakaian dengan bahan lain, sepatu dan jaket berbahan suede nggak boleh dicuci atau ada dalam keadaan basah. Keadaan yang terlalu lembab bakal meninggalkan noda pada bahan suede, serta mengubah warna dan bentuknya.  Sepatu suede, misalnya, bisa menciut dan nggak muat lagi di kaki kalian kalau udah kena air.



Air masih bisa digunakan kalau kalian cuma mau membersihkan noda-noda kecil pada permukaan jaket atau sepatu. Kalian bisa semprotkan sedikit aja air ke seluruh permukaan sepatu atau jaket kalian. Kemudian, segera keringkan dengan handuk sambil menggosok ringan bagian yang terkena noda. Jauhkan suede dari udara panas saat masih dalam keadaan basah supaya nggak meninggalkan noda.
 

2. Gunakan sikat khusus

Ada sikat khusus yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan pakaian berbahan suede. Sikat khusus ini punya bulu yang lebih lembut dan nggak akan merusak bahan suede yang sensitif. Kalau nggak mau beli sikat khusus, kalian bisa gunakan bahan-bahan lain yang ada di rumah. 



Kalian bisa pakai sikat gigi yang berbulu sikat lembut, atau kalian juga bisa menggunakan nail file (kikir kuku) yang nggak terpakai supaya suede kalian keliatan kinclong lagi. Inget, jangan pakai sikat baju biasa, yaa.

Supaya debu-debu nggak menumpuk, usahakan untuk menyikat suede kalian setiap kali habis dibapakai, atau seenggaknya seminggu sekali.
 

3. Gunakan cuka putih untuk noda membandel



Tumpahan kopi, soda, atau noda lain yang susah dibersihin meski udah disikat, bisa kalian hapus dengan menggunakan cuka putih. Tuangkan sedikit cuka putih pada handuk bersih,  lalu usapkan ke bagian yang kena noda sampai nodanya memudar. Kalau nggak suka sama bau cuka, kalian bisa ganti dengan rubbing alcohol.
 

4. Letakkan di atas uap



Kalau sepatu suede Gan Sis mulai kehilangan teksturnya, atau kulitnya mulai kaku, Gan Sis bisa melembutkannya lagi dengan menaruh sepatu tersebut di atas uap selama beberapa detik. Uap ini bsa dari panci, atau dari teko. Setelah itu, gosok sepatu secara perlahan dengan handuk.
 

5. Gunakan bedak bayi atau tepung jagung



Saat terkena noda-noda yang berminyak, Gan Sis bisa segera menaburkan tepung jagung atau bedak tabur pada permukaan sepatu atau jaket. Tepung atau bedak bisa menyerap sisa-sisa minyak pada noda. Diamkan selama beberapa jam, kemudian sikat dengan sikat halus untuk membersihkan sisa bubuk.
 

6. Lindungi dengan spray pelindung


Untuk memastikan suede Gan Sis nggak terkena noda lagi, Gan Sis bisa semprotkan sepatu suede dengan semprotan pelindung khusus . Cukup semprotkan secara tipis-tipis, dan sepatu kalian udah terlindungi selama beberapa bulan. Perlindungan ini membuat kotoran nggak mudah menempel dan menyerap. Ada juga semprotan waterproof yang bisa mencegah suede kalian dari noda air.
 

Kalau sepatu kalian udah ternodai sampe nggak berbentuk lagi, dan nggak bisa tertolong meski dengan cara-cara di atas, mungkin udah waktunya kalian minta bantuan profesional. Bawa sepatu kalian ke salon sepatu dan biarkan para ahli yang menanganinya.


Spoiler for Sumber:


ulermaboqsiapikalina.wh
lina.wh dan 6 lainnya memberi reputasi
7
4.5K
24
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Fashion
Fashion
icon
16KThread4.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.