News
Batal
KATEGORI
link has been copied
57
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd4cf65c8208427e745fb2b/indonesia-belum-siap-masuk-era-skuter-listrik
Jakarta dan beberapa daerah di sekitarnya sedang punya “mainan” baru. E-scooters alias skuter listrik (skutik) yang disewakan oleh Grab Indonesia dalam bentuk layanan ‘GrabWheels’ saat ini tengah hits di kalangan anak muda. Sudah jadi pemandangan lazim sehari-hari anak muda, miskin ataupun kaya, berseliweran kesana-kemari naik skutik berwana hijau muda, warna yang identik dengan Grab Harga
Lapor Hansip
20-11-2019 12:30

Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik

Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik

Jakarta dan beberapa daerah di sekitarnya sedang punya “mainan” baru.

E-scooters alias skuter listrik (skutik) yang disewakan oleh Grab Indonesia dalam bentuk layanan ‘GrabWheels’ saat ini tengah hits di kalangan anak muda. Sudah jadi pemandangan lazim sehari-hari anak muda, miskin ataupun kaya, berseliweran kesana-kemari naik skutik berwana hijau muda, warna yang identik dengan Grab

Harga sewanya relatif murah membuatnya menjadi kendaraan (mainan) alternatif untuk menikmati pemandangan sekaligus kemacetan Ibu Kota. Bayangkan saja, biaya sewa yang dikenakan hanya Rp5.000 per 30 menit yang dibayarkan secara cashless melalui platform OVO. Tidak heran jika terjadi antrean cukup panjang di lebih dari 1.000 titik penyewaan otoped listrik tersebut.

Sejauh ini sih tampak aman-aman saja. Pihak GrabWheels mengklaim skutik merupakan personal mobility device atau transportasi personal jarak dekat yang “aman”, sesuai dengan standar dan regulasi yang berlaku. Apalagi mereka merasa sudah memberikan sosialisasi yang cukup soal penggunaan “mainan” yang satu ini.

Namun adanya peristiwa tabrakan nahas yang menewaskan dua pengguna skutik pada Minggu (10/11) sekitar pukul 3 pagi di kawasan Gate 3, Sudirman, Jakarta Pusat, membuka mata kita yang salama seakan-akan “buta.”

Bagaimana mungkin kita tidak sadar keberadaan skutik telah membawa masalah baru karena belum ada regulasi yang mengatur tentang penggunaannya??

Saya adalah WNI yang tinggal dan bekerja di kota Jenewa, Swiss. Namun pertengahan 2018 hingga akhir 2019 ini, saya kembali ke Indonesia untuk sementara waktu.

Saya adalah salah satu pengguna skutik di Jenewa. Namun tentu saja di negara pegunungan Alpen tersebut skutik digunakan secara berbeda dengan di Indonesia tercinta.

Pertama, skutik tidak disewakan. Orang yang terlihat menggunakan berarti dia rela merogoh koceknya sendiri untuk membeli. Waktu itu saya sendiri harus mengeluarkan uang sekitar 700 swissfrancs (setara Rp9.900.000) untuk membeli satu unit yang tergolong high-end. Tentu ada juga skuter murah seharga 75-150 swissfrancs yang tidak menggunakan baterai

Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik

Kedua, skutik hanya digunakan sebagai mode transportasi pendukung. Bukan utama atau alternatif. Biasanya digunakan hanya untuk perjalanan dari depan rumah hingga pemberhentian bis atau tram. Sesudah itu, skutir dibawa masuk naik bis atau tram, dengan harga tiket khusus yang berbeda. Jadi kita tidak akan melihat yang namanya orang berseliweran disana-sini mengendarai skutik

Ketiga, skutik tidak boleh digunakan di jalan raya. trotoar pejalan kaki, jalur sepeda, jalan-jalan di perumahan atau halaman gedung perkantoran (tidak semua perkantoran memperbolehkan). Jadi tidak ada tuh yang namanya skutik boleh digunakan di jalan raya seperti yang banyak kita lihat di Kawasan BSD, Bintaro atau di jalan depan mall Senayan City. Apalagi digunakan menelusuri kota selama 24 jam penuh.

Keempat, skutik tidak digunakan ugal-ugalan. Jika ingin mencoba skutik untuk keperluan lain seperti freestyle, ada taman khusus seperti skate park yang disediakan untuk mengakomodir tujuan semacam itu. Sementara disini, saya banyak melihat satu skutik dikendarai oleh dua orang yang sedang kasmaran sambil curi-curi mencium pasangannya, hingga empat anak kecil naik satu skutik bersamaan. Atau segerombolan anak muda yang mencoba melakukan freestyle dengan skutik, hingga beberapa anak muda yang mencoba balapan(…ya balapan) sehingga menghalangi pengguna jalan raya

Dan terakhir, pengguna skutik tergolong mature alias dewasa. Skutik mayoritas digunakan oleh kalangan pekerja. Hanya sedikit anak-anak maupun kaum muda yang terlihat menggunakan skutik, seperti di taman kota atau sekitar perumahan. Sementara disini, bisa dilihat sendiri. Skutik digunakan mulai dari anak di bawah umur hingga bapak-bapak atau ibu-ibu, dengan mayoritas pengguna kalangan muda.

Dengan harga sewa yang kelewat murah, tentu tidak mengherankan skutik bisa dijangkau seluruh kalangan. Memang tidak ada yang salah dengan harga murah. Siapa juga yang suka dengan harga mahal??

Namun, tanpa mengurangi rasa hormat, tentu harga murah membuat masyarakat kalangan bawah yang menganggap ini sebagai teknologi yang terjangkau, bisa mengaksesnya dengan sangat mudah. Mungkin mereka menganggap naik skutik di jalan raya sama dengan naik sepeda menelusuri gang-gang rumahnya.

Ada culture shock yang terjadi disini. Yang mungkin tidak hanya dialami masyarakat kelas bawah, namun juga anak muda pengguna skutik.

Tentu tidak berlebihan jika saya katakan culture shock. Sebagaimana untuk contoh lain bisa kita lihat dengan menjamurnya pengendara motor di bawah umur, yang bahkan tidak memiliki SIM dan menggunakan helm, seiring dengan makin terjangkaunya kredit kepemilikian kendaraan roda dua tersebut.

Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik

Swiss tentu berbeda dengan Indonesia. Orang yang sehari-hari makan keju dan coklat tentu akan menghasilkan output otak yang berbeda dengan kita yang makan nasi dan singkong. Apalagi masyarakat Indonesia sangat kompleks, tidak seperti mereka yang cenderung homogen.

Tapi tidak ada salahnya kita belajar dari salah satu negara terkaya,termakmur dan paling tertib aturan di dunia tersebut. Apalagi kalau untuk kebaikan bersama.

Karena itu, tidak ada jalan lain, Pemda DKI Jakarta harus segera mengeluarkan regulasi skutik tahun ini juga. Regulasi tersebut harus mengatur setidaknya tiga hal: jalur yang diperbolehkan dilewati skutik, jam operasional skutik dan batasan umur pengguna skutik.

Jangan sampai semangat Green Energy yang diusung skuter listrik hanya sekedar berujung pada komersialisasi teknologi hijau yang kebablasan (dan makan nyawa)…

Diubah oleh noldeforestasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jalinus dan 14 lainnya memberi reputasi
11
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
20-11-2019 13:36
Memang betul yg TS bilang, sewa kelewat murah tidak berbanding lurus dengan edukasi dan sosialisasi pemakai skutik. Jadinya ya begini deh, kebablasan..
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
Lapor Hansip
20-11-2019 13:41
Balasan post jeffrey.maulana
@helmidewata nyatanya masih kalah sama jiran singapore dan malaysia, itu jelas gak bisa ditutup-tutupi
0 0
0
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
20-11-2019 13:42
Iya tp ini ada andil besar korporasi jg disini,, mama mau mereka tanggung jawab? Yg penting duit masuk,, itu di perusahaan sebelah, abis mencetak rekor jumlah tukang ojek terbanyak sepanjang masa, malah jadi menteri,,
profile-picture
helmidewata memberi reputasi
1 0
1
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
Lapor Hansip
20-11-2019 13:45
Balasan post jeffrey.maulana
Quote:Original Posted By jeffrey.maulana
@helmidewata nyatanya masih kalah sama jiran singapore dan malaysia, itu jelas gak bisa ditutup-tutupi


@jeffrey.maulana di bidang apa dulu nih? Ekonomi kita anggota G20.. Kita anggota Dewan HAM PBB periode 2020-2022..

Kalau pendapatan per kapita, iya kita kalah. Sepakbola, iya kita kalah terus.. Tp kalau yg lain2, belum tentu.. Lihat dulu kasus per kasus, bung..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
20-11-2019 13:49
jangankan indonesia (jakarta) yg acak2an dan masyarakatnya susah diajak tertib, singapur yg rapi begitu aja sudah mulai melarang ini kendaraan gak jelas krn berbahaya di trotoar buat pejalan kaki, dan mengganggu klo turun ke jalan raya
0 0
0
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
20-11-2019 13:53
Quote:Swiss tentu berbeda dengan Indonesia. Orang yang sehari-hari makan keju dan coklat tentu akan menghasilkan output otak yang berbeda dengan kita yang makan nasi dan singkong. Apalagi masyarakat Indonesia sangat kompleks, tidak seperti mereka yang cenderung homogen.


ampun bahasanya emoticon-Leh Uga
0 0
0
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
20-11-2019 14:00
emoticon-Wow Emang belom siap breh emoticon-Cool
0 0
0
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
20-11-2019 14:00
masih jauuuh, klo mau laksanain dulu

1. moratorium masyarakat jakarta dan kota lainnya yg sudah macet beli mobil/motor
2. export kendaraan
3. kendaraan tua yg tidak layak harus dihancurkan, kecuali yg di rawat sesuai aturan berlaku
4. pajak kendaraan semakin tua semakin mahal
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
20-11-2019 14:00
gw sehari2 makan starbak ama pitsahut tetep aja ga pinter2 om, gmn tuh emoticon-Hammer2

apa harus ke suwis dulu beli coklat ama keju,, emoticon-Leh Uga
0 0
0
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
20-11-2019 14:16
kalau ini di Indonesia masih di sewakan mungkin untuk menimbulkan dulu rasa aware dan kayak ngasih "coba" dulu lah pakai itu skuter gimana rasanya buat pergi pergi yang nanti di harapkan tumbuh rasa butuh dan bikin orang orang ini pengen beli skuter,tapi sayangnya some of us memang tidak punya mental yang bagus dalam menyikapi sebuah hal baru,kayak ngerusak fasilitas lain,nyuri helm lah. ya jadi begitu lah yang ane kira kira
0 0
0
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
20-11-2019 14:17
baca dan liat Judul dan isj thread ini terlintas dikepala "Mental maling masih banyak, jd emg belum siap kayaknya" YKWIM lah ya

maap bukan suudzon, tp emg bener emoticon-Hansipemoticon-Turut Berduka
0 0
0
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
20-11-2019 14:44
emoticon-Ngakak
Produk udah kejual seabrek aturan belum ad
Kebiasaan +62 hanyak selebrasi dan pertontonan semata..
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
20-11-2019 14:54
Mending sepeda sbnrnya biar sehat. Atau jalan asal ada jalannya dan aman emoticon-Big Grin

Indo kbykan begal dan nggak ada jalan yg nyaman.
0 0
0
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
20-11-2019 15:02
analisa ts sangat mengena meskipun sedikit tidak mengenakkan tapi memang kenyataan pahit kalau masyarakat kita secara umum belum bisa "menjadi" baik dan cerdas.
0 0
0
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
20-11-2019 15:08
Padahal sebelum ramai ini kasus (2 buln lalu) ane sempat mau beli skuter listrik. Sekarang di trotoar dilarang, di jalan raya jg ada beberapa dilarang. Kalau dibeli masa cuma buat di perumahan doang emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
20-11-2019 15:28
hati2 gan kalo pake itu..... Pas dulu awal2 juga saya mikirnya, bisa bahaya kalo ketabrak.... Eh kejadian juga..... emoticon-Frown
0 0
0
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
20-11-2019 15:31
Gw makin yakin Indonesia ini lama kelamaan makin mirip India.
Orang keturunan India kalo cabut daru negaranya, Pinternya luar biasa. Bahkan CEO Google itu orang keturunan India. Sementara penduduk India yang menetap? Tahu sendirilah, India negara paling berbahaya buat cewek, Kesenjangan sosial gila-gilaan, dll..

Nah Indonesia mulai keliatan sama nih arahnya..
0 0
0
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
20-11-2019 15:54
seharusnya boleh2 aja indonesia masuk scooter listrik kayak gini tapi didalem area tertutup aja, jangan di jalanan diperbolehkan
0 0
0
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
20-11-2019 16:12
iya lah mental org Indon maling semua
0 0
0
Indonesia Belum Siap Masuk Era Skuter Listrik
20-11-2019 16:13
buset kalimat manusia yang konsumsi keju dan coklat menghasilkan output berbeda dari manusia yg konsumsi nasi singkong?
apa2an ini?
hatespeech?
makar?
manusia yg konsumsi nasi singkong ini lagi menikmati masa di rejim meroket, u(t)angny ada tinggal kerja doank lagi?
0 0
0
Lihat 4 balasan
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia