Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
73
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcd325ab840880454312acf/galette-dan-pagpag-makanan-si-miskin-untuk-ganjal-perut
Makanan sisa tentu akan berakhir di tempat sampah, tapi ada beberapa negara yang mengolah makanan sisa menjadi lauk pauk untuk hidangan utama keluarga. Contohnya Manila, orang miskin di negara ini justru memungut bekas makanan sisa untuk diolah kembali menjadi makanan favorit dengan cita rasa tersendiri. Makanan berbahan dasar sisa makanan bekas ini diberi nama Pag-pag.
Lapor Hansip
14-11-2019 17:54

Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut

Past Hot Thread
Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut

Makanan sisa tentu akan berakhir di tempat sampah, tapi ada beberapa negara yang mengolah makanan sisa menjadi lauk pauk untuk hidangan utama keluarga. Contohnya Manila, orang miskin di negara ini justru memungut bekas makanan sisa untuk diolah kembali menjadi makanan favorit dengan cita rasa tersendiri. Makanan berbahan dasar sisa makanan bekas ini diberi nama Pag-pag. Kalo di Indonesia juga ada sih sebenernya, dulu disebut nasi aking ataupun air tajin alian air cucian beras.


Pag-pag sebenarnya merupakan istilah yang digunakan untuk debu yang melekat pada pakaian atau karpet. Namun, masyarakat Filipina menggunakan kata itu khusus untuk menyebut daging sisa yang dibuang oleh restoran dan kedai makanan cepat saji.

Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut

Biasanya para pengepul pag-pag akan bergerak dari jam 4 subuh menuju tempat pembuangan sampah. Pada jam tersebut, para pemilik kedai akan membuang makanan sisa mereka. Para pemburu Pag-pag selama seminggu akan mendapat gaji sebesar 80 ribu rupiah, dan mereka akan menjualnya kembali ke penadah sebesar 7-8 ribu rupiah per kantongnya.

Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut

Pagpag merupakan makanan yang tercipta karena himpitan ekonomi masyarakat Filipina di pemukiman kumuh. Hidangan ini akhirnya menjadi pengganti makanan pokok dari daging yang sulit didapat karena harga yang mahal.

Gimana gansis? Yang lagi mam siang berniat mencobanya? Kira-kira ini makanan bakal membunuh penikmatnya ga ya? Cekidot langsung di The Lounge hanya di Kaskus Podcast!
Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut




emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut



profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 4
Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut
15-11-2019 23:59
Ya allah masih banyak yg kekurangan makan tapi yg kelebihan makanan sampe dibuangemoticon-Cape d...
0 0
0
Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut
16-11-2019 00:00
Quote:Original Posted By stay.SIC
bersyukurlah di Indonesia ada tempe, tahu, rawit, kecap emoticon-Nyepi


Iya bener, tempe sama sambel enakk😂
0 0
0
Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut
16-11-2019 06:40
Quote:Original Posted By todzzz
Ini karakter dan kebiasaan breee, yg namanya karakter kebiasaan susah buat diubah,, udah dicekokin ceramah, ditampilin depan mata orang-orang yg susah makan ttp aja mereka bakal buang makanan.

—-

Contoh paling dasar, kalau ke kondangan berapa banyak tuh makanan yg dibuang,, ambil daging 3 dimakan 1 lalu buang, ambil ayam 3 dimakan 1 lalu buang.

—-

orang kek gini bisa berbah kalau udah dapet pengalaman empiris menjdi orng yg susah makan,, kasih aj 3 hari...

sehari makan hnya 1x, lauknya gak enak, dan porsinya hanya sedikit.

kalau dikasih cobaan itu mnhkin orang-orang yg suka buang makann bisa berubah emoticon-Cool


Bener gan. Di kondangan itu banyak makanan dibuang2. Padahal udah kenyang, tapi masih aja ngambil makanan lain. Cuma icip alesannya.
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut
16-11-2019 13:39
biasa diolah pedes biar gak terlalu jijik pas makan.
0 0
0
Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut
19-11-2019 12:59
Wawwww moga dikasih sehat selalu yaaa buat yang makan
0 0
0
Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut
19-11-2019 12:59


Quote:Original Posted By mantanqu
Ya allah masih banyak yg kekurangan makan tapi yg kelebihan makanan sampe dibuangemoticon-Cape d...


Bener gaaan hiks ane juga kadang masih gituemoticon-Frown
0 0
0
Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut
19-11-2019 13:00


Quote:Original Posted By sikurus97
sudah bebeapa video orang-orang yang ngelola makanan sampah atau pag pag ini,ngilu,ngiris hati,asli langsung ngerasa bersyukur aja masih di kasih rejeki sama tuhan buat makan makanan yang baru dan bersih emoticon-Frown


Bener gaaan ane juga selalu miris dan cuma bisa berdoa semoga dikasih sehat terus makan makanan seperti itu
0 0
0
Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut
19-11-2019 13:01


Quote:Original Posted By scorpionsmbdr
kalau yang di daerah mana gitu.. sisa ayam dari kfc di sana pasti diambil oleh seseorang

lalu dibawanya pulang dan dibagikan kepada anak dan saudaranya untuk dimakan.. rada miris dan enek sebenernya.. cuman yaa . itulah yang terjadi gan...


YaAllah, miris ane bacanyaaaemoticon-Frown ini di indonesia apa mana gaan?
0 0
0
Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut
19-11-2019 23:10
hiii beneran ada yang makan itu tuh?? kasian banget yaaah, saking hematnya biar uangnya bisa dipake untuk yang lebih penting, sampe rela makan makanan kaya gitu emoticon-Frown
0 0
0
Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut
20-11-2019 09:19
Quote:Original Posted By hasya429
YaAllah, miris ane bacanyaaaemoticon-Frown ini di indonesia apa mana gaan?


Luar negeri gan...
Ane lupa namanyaa.
Seingatku asal mula kfc. Entu di daerah mana ya gan...
0 0
0
Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut
20-11-2019 22:57


Quote:Original Posted By scorpionsmbdr
Luar negeri gan...
Ane lupa namanyaa.
Seingatku asal mula kfc. Entu di daerah mana ya gan...


Ohhh diluar negeri gan... duh aman ya gan ane juga gangerti wkwkwkwkemoticon-Frown
0 0
0
Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut
29-11-2019 02:24
Quote:Original Posted By hasya429
Ohhh diluar negeri gan... duh aman ya gan ane juga gangerti wkwkwkwkemoticon-Frown


Iyaa gan.. di luar negeri.. tapi kagak tahu juga ya gan kalau di dalam negeri jugaa ada.. tapi semoga saja tidaak gan...kaasean..
0 0
0
Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut
30-11-2019 14:43


Quote:Original Posted By scorpionsmbdr
Iyaa gan.. di luar negeri.. tapi kagak tahu juga ya gan kalau di dalam negeri jugaa ada.. tapi semoga saja tidaak gan...kaasean..


Iyaaa gaan aamiin semoga gaada deh yaaa...
0 0
0
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia