• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Cemburu Menghantui Saat LDR? Coba 6 Tips Ini Supaya Emosimu Tetap Terkendali

kreator.artikel
TS
kreator.artikel
Cemburu Menghantui Saat LDR? Coba 6 Tips Ini Supaya Emosimu Tetap Terkendali





Beberapa orang menganggap bahwa cemburu adalah salah satu bentuk dari kecintaan. Rasa cemburu memang hal yang wajar di dalam sebuah hubungan, selama cemburu itu masih dalam tahap yang wajar pula.

Namun, bagaimana jika hubungan yang dijalani adalah LDR? Rasa cemburu bisa saja muncul berlipat-lipat ganda dan berbahaya. Karena terpisahkan oleh jarak, membuatmu tidak bisa melihat sang pacar dari jarak dekat, sehingga bisa membumbungkan rasa curiga. Terkadang, hanya karena pacar tidak bisa dihubungi saja bisa membuat pikiranmu kemana-mana.

Ya, itulah sulitnya menjalani LDR. Jarak yang membentang jauh, seringkali menimbulkan rasa kekhawatiran dan cemburu yang tidak menentu. Jika tidak segera ditangani dengan tepat, hal ini akan menjadi bumerang dan penyebab hancurnya suatu hubungan. Oleh karena itu, saat rasa cemburu mulai muncul dalam dirimu, cobalah 5 tips ini agar emosimu tetap terkendalikan!



1. Cari tahu dulu dari mana cemburumu itu.



Pertama, kamu harus tahu terlebih dahulu dari mana cemburumu itu. Sebenarnya, apa yang memicu rasa cemburumu? Apakah cemburumu dipicu oleh perubahan sikapnya yang begitu nyata? Seperti dia jadi sering menghilang tanpa kabar, kurang antusias saat diajak ngobrol baik lewat telfon ataupun chating? Atau sebenarnya kamu yang overthinking dan suka menduga-duga tanpa mau membahasnya secara terang-terangan dengan si dia? Saat cemburu mulai terpantik dalam dirimu, sebaiknya cari tahu dulu dari mana cemburu itu datang. Baru setelah itu ajak si dia berkomunikasi untuk membahas hal itu dan tanyakan apa alasan atas perubahan sikapnya tersrbut.



2. Berhentilah membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain.



Terkadang, rasa cemuburu muncul karena kamu merasa tidak aman. Bisa jadi itu karena kebiasaanmu yang suka membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, sehingga akan muncul rasa tidak percaya diri dalam dirimu. Kamu merasa kurang pantas untuk pacarmu, sedangkan pacarmu disana dikelilingi oleh banyak orang yang kamu anggap lebih sempurna darimu. Nah, rasa kalah itulah yang akan memicu timbulnya rasa cemburu yang tidak menentu, karena kamu khawatir jika dia akan berpaling pada orang lain yang kamu anggap lebih sempurna. Percayalah! Tidak ada satupun manusia didunia ini yang sempurna. Jadi, buang jauh-jauh pikiran buruk itu!



3. Obrolkan masalah yang ada secara lisan (telfon) dan pelan-pelan.



Bahasa tulisan dan bahasa lisan itu berbeda. Terkadang membaca tulisan di WhatsApp dengan tiga tanda seru, rasanya seperti sedang dibentak. Padahal, bisa saja mungkin gaya tulisannya memang begitu dan tidak bermaksud untuk membentakmu. Selain itu, bahasa teks juga bisa menimbulkan asumsi bermacam-macam di kepalamu. Nah, untuk menghindari konflik dan mengendalikan emosi yang semakin menjadi-jadi, sebaiknya selesaikan masalah secara lisan (telfon) dan pelan-pelan. Sehingga, tidak terjadi miss komunikasi yang akan membuat semua jadi berantakan.



4. Tenangkan diri sebelum mengambil keputusan.



Ketika rasa cemburu sedang menggelora, saat itulah amarahmu akan ikut membara. Saat itu pula, sangat sulit untuk bisa berpikir jernih. Karena emosi yang sedang berantakan akan membuat pikiran ikut berantakan. Membahas masalah saat situasimu seperti ini, hanya akan berujung pada pertengkaran dan berpotensi mengambil keputusan yang salah. Oleh karena itu, sebaiknya ambil jeda dan tenangkan pikiran terlebih dahulu. Jika pikiranmu sudah tenang, baru masalahnya diobrolkan.



5. Buang jauh-jauh prasangka buruk saat pacarmu nggakbisa dihubungi.



Komunikasi memang menjadi kunci suksesnya menjalin hubungan LDR. Namun, terkadang komunikasi bisa saja terkendala dengan sinyal, waktu, kesibukan, dan lain sebagainya. Ketika pacarmu nggak bisa atau susah dihubungi, pikiran-pikiran buruk muncul begitu saja. Pada kondisi ini, kamu harus singkirkan semua prasangka buruk yang ada di kepalamu. Bisa saja pacarmu sedang mengejar deadline, atau ingin lebih fokus agar pekerjaannya cepat selesai. Sehingga dia tidak sempat mengangkat telfon atau membalas chatmu. Lebih baik sibukkan diri dengan berbagai aktivitas agar kegelisahanmu tidak semakin bertambah. Lagipula, kamu bisa menanyakannya ketika dia tidak sibuk, kan?



6. Jangan pernah merasa paling benar sendiri.



Merasa paling benar sendiri akan membuatmu menutup telinga dari segala penjelasan. Kamu akan menganggap semua yang dikatakan pacarmu tidak masuk akal. Padahal, untuk menyelesaikan sebuah masalah harus melihat dai dua sisi. Bukan siapa yang benar dan siapa yang salah, melainkan bagaimana solusinya. Komunikasi adalah hal vital untuk menjaga hubungan, terlebih jika kamu sedang LDR. Oleh karena itu, belajarlah untuk saling menjelaskan dan saling mendengarkan.



Itulah 6 tips agar emosi tetap terkendali saat rasa cemburu datang. Jarak bukan hanya sekedar memisahkan, terkadang jarak suka memicu kegelisahan dan rasa cemburu yang tidak menentu. Menjalani LDR, berarti harus siap berkomitmen dan saling percaya. Namun, rasa cemburu seringkali membuat semua menjadi berantakan.




Thumbnail: Unsplash/Becca Tappert
Gambar 1: Unsplash/Kyle Broad
Gambar 2: Unsplash/Milada Vigerova
Gambar 3: Pexels/Kaboompics .com
Gambar 4: Unsplash/Icons8 Team
Gambar 5: Unsplash/Anh Nguyen
Gambar 6: Pexels/ Matthew T Rader



anasabilasebelahblog4iinch
4iinch dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.9K
46
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.