• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!

riwidy
TS
riwidy
Komunitas Literasi yang Menginspirasi? Ya KPK Dong, Yuk Simak 7 Alasannya!




Welcome to riwidy's thread



Di thread ane kali ini, akan membahas sebuah komunitas yang selama ini ane jadikan panutan karena sangat inspiratif terutama di bidang literasi yaitu KPK. Wah, Komisi Pemberantasan Korupsi? No, bukan itu ya, tetapi KPK ini kepanjangannya lain, yaitu Kelas Pena Kreatif.



Mengapa KPK sangat inspiratif? Simak 7 alasannya :



1. KPK Didirikan Atas Dasar Rasa Cinta Literasi


KPK didirikan dan dibesarkan atas nama cinta literasi oleh sekumpulan anak muda kreatif antara lain Mbak Deudeu Desmiati, Lia Susanto, Lilian Diana, Farah Qithink, Leeya, Eza Okta, Rully Bramasti, Titik Nurhayati dan dibantu teman-teman lainnya. Mantab kan!

Adapun Mbak Deudeu Desmiati adalah satu perempuan hebat pendiri sekaligus mentor KPK, yang mengungkapkan satu fakta penting bahwa KPK mulai dibentuk sejak tanggal 25 Agustus 2018, dan alhamdulillah berarti hampir tiga bulan yang lalu telah merayakan ulang tahun perdananya. Selamat ya KPK!


2. KPK Mengajak Menulis Bareng, Bukan Sekedar Mengajarkan Ilmu Literasi


Mbak Deudeu mengatakan bahwa dia sebenarnya bukanlah mentor, hanya seorang sahabat yang ingin mengajak belajar nulis bareng, wow rendah hati ya! Di kelas kulwap, beliau akan sharing 7 materi dasar tentang kepenulisan, sekitar 7-10 hari, kemudian peserta berbayar tersebut akan lulus dari KPK dengan tanda bukti sebuah sertifikat KPK dan satu buku antologi cerpen terbit dari KPK Publishing sendiri.
Spoiler for Materi Dasar KPK:


3. KPK Disiplin Dalam Menerbitkan Buku Alumni dan Proyek Buku Lainnya


Buku ini merupakan antologi tulisan bersama, semacam tugas akhir ya, sebanyak satu buku maksimal memuat 25 cerpen, hasil tulisan member sesuai genre yang dipilih mereka. Jadi misalnya saja ada 100 member KPK yang ikut belajar, maka pada waktu kelulusannya bisa diterbitkan empat buku, dari genre berbeda misalnya romance, horor, young adult, dan slice of life. Tentunya ada tenggat waktu, bimbingan dan pendampingan dari penulisan antologi cerpen tersebut.

Ane sendiri dulu mengikuti KPK batch 7, diadakan sekitar akhir februari sampai maret 2019 yang lalu dan terus berada di lingkungan penulis hebat itu dalam grup alumninya. Ane merasa betah dan nyaman karena profesionalisme dan inovatifnya komunitas satu ini.
Spoiler for Buku Terbit di KPK:


4. KPK Berdasarkan Azas Demokrasi, Jadi Ada Rasa Saling Mendukung Antara Member dan Mentor


Sesungguhnya KPK bukanlah komunitas yang bersifat mentoring tetapi sharing lho. Jadi setiap member bisa menuangkan ide apapun tentang dunia kepenulisan dan ilmu-ilmu tambahan yang bermanfaat. Wah hebat ya! Jadi meskipun bisa dibilang KPK sudah merupakan komunitas yang lumayan besar, tetapi tidak terdapat sikap otoriter, diktator, kesewenang-wenangan, justru kebalikannya, malah kental sekali sistem demokrasinya. Bahkan apabila member lulus dari kelas misalnya KPE, bisa menjadi editor KPK, bertugas mengedit karya teman-teman sendiri dan mendapatkan fee lumayan. Ada juga teman yang berbakat menggambar juga bisa mendapat pekerjaan membuat cover dan layout buku KPK.



5. KPK Mempunyai Wadah Lanjutan untuk Menampung Aspirasi Member


Buktinya adalah KPK sampai sekarang terus berkembang, alhamdulillah ya, sudah memiliki seribuan alumni yang mempunyai wadah baru sebagai follow up yaitu Alumni KPK 1 dan 2 dalam facebook dan wa grup. Kami sudah akrab dan menyatu layaknya keluarga besar.

Awalnya, KPK batch 1 diadakan, masih ada peminat, lalu dilanjutkan lagi batch selanjutnya, terus sampai terakhir bulan lalu tidak terasa sudah mencapai batch 14 dan masih akan terus berlanjut ke batch 15 dan selanjutnya. Keren!
Spoiler for Grup Alumni KPK:


6. KPK Sangat Disiplin dan Inovatif Dalam Membina Member Agar Semakin Bermanfaat


Komunitas ini bisa berkembang karena sangat konsisten dan disiplin dalam mengadakan berbagai macam challenge menulis berhadiah, antara lain challenge rutin mingguan, challenge suka-suka, challenge 30 days, challenge cerpen estafet, juga rutin mengadakan proyek mandiri nulis bareng cerpen dengan tema berdasar keinginan mayoritas member, bahkan pembuatan novel atau buku solo juga akan mendapat dukungan. Wow!

Spoiler for Contoh Challenge KPK:

Spoiler for Nulis Bareng KPK:

Unik kan, bahkan dari masalah hubungan dengan ibu mertua, kisah layangan putus, sampai kontroversi bubur aduk vs tak diaduk pun bisa menjadi tema tulisan KPK. Kreatif sekali!

Ada satu icon khas KPK yang menjadi reward bagi peserta yang berprestasi dalam challenge, mau tahu? Yup, sebuah bantal cantik KPK! Keren lho. Homemade pula, jadi desain bisa divariasikan sendiri. Pernak-pernik lainnya pun sudah bisa dibuat oleh member KPK juga. Yes, hebat kan?
Spoiler for Bantal KPK yang Iconic:


7. KPK dan Kelas-Kelas Binaan Lanjutan yang Bermanfaat


Hebatnya lagi, KPK terbukti terus berkembang dan bahkan mempunyai 'saudara' komunitas yang berkaitan, dengan mentor dari KPK juga dan diselenggarakan secara bergantian dengan KPK, antara lain KPE (Kelas Pena Editor), KPR (Kelas Pena Realitas), KPA (Kelas Pena Anak), Kelas Speech Delay, Public Speaking, KBB (Kelas Belajar Blog), The Mentors, bahkan ada KFC (Kelas Foto Cantik) dan masih akan terus berkembang lagi sesuai kebutuhan, kemampuan dan aspirasi para membernya. Salut!
Spoiler for Kelas-kelas Lain di KPK:



Demikianlah yang sudah ane ungkap di atas, 7 alasan mengapa KPK sangat inspiratif bagi penggiat literasi. Terbukti KPK atau Kelas Pena Kreatif sungguh berhasil menjadi panutan kita berdasar TASTETHELOCAL, atas keinginan membernya sehingga merupakan
INSPIRING COMMUNITY yang keren dalam hidup banyak anak muda pecinta dan penikmat literasi di Indonesia. Semoga selalu diberkahi. Aamiin.


Code :
TASTETHELOCAL,
INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY, MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOT



UPDATE KPK TERKINI

Link : https://www.kaskus.co.id/show_post/5...7e9378165880f7

Sumber tulisan : opini pribadi
Sumber gambar : KPK, pixabay, dokpri


Ngawi, 16 November 2019

Diubah oleh riwidy 09-12-2019 17:20
milktoasthoneysebelahblogmbethix
mbethix dan 42 lainnya memberi reputasi
43
4.1K
175
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.3KThread81KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.