hardlenAvatar border
TS
hardlen
Tips Atasi Pemudaran Perhiasan Emas dan Perak

Ilustrasi. (The Dram Dallas)





Perhiasan dari emas dan perak banyak digemari oleh kaum ibu sebagai aksesoris. Tak hanya aksesoris, bahan jenis logam ini kerap dijadikan pula sebagai modal investasi. Bentuknya yang elegan dengan visual berkilau, tak heran jika sebagian pemiliknya takut bila suatu saat nanti emas atau perak mereka tidak lagi berkilau dan tampak tak bernilai.

Umumnya, hampir segala jenis perhiasan dapat memudar dan terlihat kusam bahkan bisa lebih cepat dari yang kita kira. Melansir dari situs Olive + Piper, proses ini dapat terjadi ketika perhiasan mengalami kontak dengan kelembapan, asam, minyak, serta air. Elemen ini akan bereaksi terhadap logam perhiasan dan membuatnya kusam dan memudar.

Seniman perak dan pendiri Tulola Jewelry, Sri Luce, menjelaskan bahwa logam seperti emas serta perak mempunyai sifat oksidasi atau penguraian mineral logam. Proses oksidasi tersebut bisa menyebabkan warna logam berubah bahkan sampai menimbulkan karat.

Oksidasi yang terjadi pada emas dan juga perak lazimnya berlangsung cukup lama. Akan tetapi, proses tersebu dapat terjadi dalam waktu yang cepat bila logam mengalami kontak langsung terhadap zat kimia tertentu.

“Tidak disarankan dipakai saat mandi karena ada sabun yang dapat membuat warnanya berubah. Jika terkena sabun, cepat cuci dengan air bersih dan keringkan,” ungkap Sri dalam salah satu pembukaan gerai Tulola di Plaza Indonesia, Rabu (30/10), kepada CNNIndonesia.com.

Jika ingin merawat emas dan perak dengan cara yang tepat, Sri menganjurkan untuk menyimpan perhiasan di ruangan dengan suhu normal. Selain itu, menyimpan perhiasan dalam kotak juga mampu mengurangi terjadinya proses oksidasi. Simpan di tempat aman dan jauhi dari bahan kimia.

Selain itu, Sri juga menyarankan untuk sekali-sekali mengelap perhiasan dengan alat biasa seperti tisu atau kain yang bersih. Bila warna emas atau perak memudar, perhiasan bisa dibersihkan secara khusus di gerai perhiasan.

Menaruh perhiasan emas dan perak di tempat kering juga bisa mengurangi risiko pemudaran karena tidak berhubungan dengan udara lembap dan berbagai jenis cairan. Anda juga bisa ‘mengistirahatkan’ perhiasan agar tidak terlalu sering dipakai.

Anda juga bisa memberikan semprotan berupa protektan perhiasan yang mampu memerangi elemen yang dapat berkontribusi terhadap pemudaran warna logam. Semprotan ini juga biasanya dapat melindungi kulit dari iritasi, ruam, atau gatal-gatal.

kudanil.la
naftalena007
lina.wh
lina.wh dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.7K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
Lifestyle
icon
10.4KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.