hardlenAvatar border
TS
hardlen
Mengenal Pegasus, Spyware Peretas WhatsApp

Ilustrasi. (Cnet)





Malware mata-mata (spyware) Pegasus kini tengah menjadi pembicaraan publik. Pasalnya, malware ini dilaporkan dapat meretas dan mengawasi ribuan ponsel.

Spyware Pegasus meretas ponsel, khususnya pada aplikasi WhatsApp. NSO Group, perusahaan asal Israel yang mengeluarkan Pegasus telah dituduh atas tindakan peretasan 1.400 ponsel oleh Facebook, yang merupakan perusahaan induk WhatsApp.

Pada bulan April sampai Mei lalu, NSO telah mengeluarkan kodenya untuk server WhatsApp. Kode tersebut dibuat guna menargetkan sejumlah pihak seperti jurnalis, aktivis hak asasi manusia, diplomat, pengacara, sampai pejabat senior.

Pegasus sendiri merupakan produk spyware yang dirancang untuk mengawasi seluruh aktivitas yang dilakukan di dalam perangkat ponsel. Aktivitas tersebut dapat berupa panggilan telepon, SMS, pesan instan, riwayat internet, lokasi, bahkan email.

Pengamat keamanan siber dari Vaksin.com Alfons Tanujaya berpendapat bahwa spyware ini mampu mendayagunakan keamanan aplikasi WhatsApp dan bisa memiliki kontrol perangkat.

“Jadi yang bisa dilakukan pengguna adalah pastikan selalu menggunakan aplikasi dan sistem operasi yang terupdated [diperbarui],” ujar Alfons, dikutip dari situs CNNIndonesia.com.

Alfons juga mengungkap bahwa spyware Pegasus sulit dideteksi. Hal ini disebabkan oleh sistemnya yang canggih dan hanya menargetkan orang-orang tertentu.

Ciri khas ponsel yang terserang spyware ini pada umumnya mirip dengan spyware yang lain, seperti daya baterai yang turun drastis secara tiba-tiba, atau kuota yang juga cepat habis padahal data selular tidak digunakan.

Tidak hanya menginfeksi pada sistem operasi tertentu, Pegasus menyerang ponsel dengan sistem Android maupun iOS.

Tim Google Project Zero telah menjelaskan kerawanan sistem operasi Android terhadap spyware berbahaya ini. Sedikitnya ada 9 ponsel yang bisa terserang:

-         Pixel 2
-         Huawei P20
-         Xiaomi Redmi 5A
-         Xiaomi Redmi Note 5
-         Xiaomi A1
-         Oposisi A3
-         Moto Z3
-         Ponsel LG Oreo
-         Samsung S7, S8, S9
lina.wh
seabiscuit
NadarNadz
NadarNadz dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.7K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.