• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gaji Guru SMA di Luksemburg Rp1,9 Miliar, Kalau di Indonesia Berapa, Ya?

malaikatrindu
TS
malaikatrindu
Gaji Guru SMA di Luksemburg Rp1,9 Miliar, Kalau di Indonesia Berapa, Ya?

luxtimes.lu

Tahukah, GanSis, jika gaji guru SMA di Luksemburg mencapai Rp1,9 miliar per-tahun? Atau sekitar Rp158 juta rupiah per-bulann? Sebuah angka yang sungguh fantastis bukan?

Yap, dilansir data rilisan Organitation for Economic Cooperation and Development (OCED), Luksemburg merupakan negara dengan gaji guru paling tinggi di dunia, lho.

Gaji Rp1,9 miliar yang ane sebutkan di atas adalah untuk guru SMA yang memang sudah berpengalaman. Sedangkan untuk Guru SD berpengalaman, gaji sekitar Rp1,7 miliar.

Jika gaji untuk guru berpengalaman sefantastis itu, lalu bagaimana degan gaji guru yang masih baru dan tidak terlalu berpengalaman?

Ternyata, gaji untuk guru yang belum berpengalaman untuk tetap terbilang sangat tinggi yaitu Rp1,1 miliar pertahun atau sekitar Rp91,7 juta per-bulan.

Lalu, apa kabar dengan gaji guru di Indonesia?

Untuk guru yang sudah berstatus Pegawai Negeri Sipil alias PNS, gaji pokok yang diterima mulai dari Rp2 juta. Semakin tinggi golongan seorang guru di PNS, maka semakin tinggi pula gajinya.

Guru juga mendapat beberapa tunjangan seperti tunjangan makanan berupa beras per-kg dengan nilai sekitar Rp8 ribu, kemudian tunjangan umum di kisaran Rp180 ribu sampai Rp185 ribu dan yang terakhir tunjangan fungsional sebesar Rp 286 ribu hingga Rp 725 ribu.

Uraian di atas adalah untuk guru PNS, lalu bagaimana dengan guru honorer di Indonesia?

Gaji yang diterima guru honerer mayoritas bisa dibilang begitu memprihatikan dibanding negara lain. Pasalnya dari beberapa guru yang sharing kepada saya maupun yang diliput media, mereka menuturkan digaji di bawah Rp1 juta untuk yang masih baru. Bahkan, gaji guru honorer TK dan PAUD biasa relatif sangat kecil di angka ratusan ribu saja.

Dengan gaji yang relatif, kira-kira berapa, ya, jumlah guru honorer di Indonesia?


kalderanews.com

Dikutip dari pernyataan Supriono via jpnn, data dapodik tahun 2017 yang lalu saja jumlah guru honorer di Indonesia ternyata sangat banyak yakni 735.825 orang. Namun, sekitar 32 orang diduga telah meninggal, beralih profesi atau pindah tugas. Data ini didapat setelah adanya verval.

Bulan ini ada pendaftaran CPNS. Namun, kuotanya sangat sedikit dibanding dengan jumlah pendaftar yang membludak. Selain itu, penempatan tugas yang terlalu jauh membuat banyak orang mesti meninggalkan keluarganya.

Lalu, bagaimana dengan gaji guru di negara lain?


workcorn.com

Data dari OECD menyebut, gaji guru kedua tertinggi di dunia dipegang oleh Swiss yakni Rp1,7 miliar. Selanjutnya ada Jerman dengan Rp1,2 miliar dan Korea Selatan senilai Rp1,08. Adapun Amerika Serikat berada di posisi lima dalam urutan gaji guru paling tinggi dengan angka Rp949 juta.

Untuk negara ASEAN sendiri, gaji guru paling tinggi dipegang oleh Singapura dengan gaji guru rata-rata nasional Rp 57,76 juta per-bulan. Disusul oleh Brunei Darussalam Rp24,3 juta per-bulan, Malaysia Rp 22,4 juta per-bulan, Thailand Rp12,4 juta per-bulan dan Filipina Rp10,3 juta per-bulan.

Gaji guru di Indonesia secara umum memang rendah dibanding dengan negara lain. Namun, gaji guru di sekolah swasta ternama cukup tinggi, lho. Tentu saja karena kualifikasi guru di sana pun berbeda.

Menyikapi hal tersebut, bagi yang masih sekolah atau memiliki anak dan suadara yang masih sekolah, alangkah lebih baik jika kita menghormati guru-guru kita. Selain karena mereka orang tua kedua dan merupakan sumber ilmu bagi kita. Buat mereka merasa semakin yakin jika memberikan manfaat lebih berharga dari sekadar nominal. Walau di sisi lain, nominal itu sangat krusial. Bagi guru yang baca trit ini, saya ucapkan terima kasih banyak. Anda sangat mulia.



📚 Referensi📝

nuevoquertoblezzernetsebelahblog
sebelahblog dan 26 lainnya memberi reputasi
27
10K
157
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.