Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
215
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcda10f9a972e5062714a80/segeralah-menikah-sebab-syaratnya-makin-berat-di-tahun-2020
bagi yang sudah mampu dan siap untuk berumah tangga, maka segeralah untuk menikah. Sebab kalau ditunda-tunda, kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada minggu, bulan atau tahun depan. Boleh jadi sang calon berpaling hati atau ditikung oleh pria lain, atau terjadi hal-hal yang membuat acara pernikahan semakin berat atau sulit. Apalagi di tahun 2020 nanti, ada aturan baru dari pemerintah pernikahan
Lapor Hansip
15-11-2019 01:46

Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020

Manusia adalah makhluk yang lebih dimuliakan dan diutamakan Tuhan dibandingkan dengan makhluk-makhluk lainnya. Tuhan telah menetapkan adanya aturan tentang perkimpoian bagi manusia dengan aturan-aturan yang tidak boleh dilanggar. Sebab Tuhan tidak membiarkan manusia berbuat semaunya seperti binatang, kimpoi dengan lawan jenis tanpa aturan, atau seperti tumbuh-tumbuhan yang kimpoi dengan perantara angin.

Karena itu, bagi yang sudah mampu dan siap untuk berumah tangga, maka segeralah untuk menikah. Sebab kalau ditunda-tunda, kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada minggu, bulan atau tahun depan. Boleh jadi sang calon berpaling hati atau ditikung oleh pria lain, atau terjadi hal-hal yang membuat acara pernikahan semakin berat atau sulit.

Apalagi di tahun 2020 nanti, ada aturan baru dari pemerintah terkait urusan pernikahan. Aturan baru itu cukup merepotkan, bahkan bisa jadi menghalangi sebuah rencana ijab kabul yang sudah direncanakan dengan matang.

Apa saja aturan baru pernikahan tahun 2020 nanti? Berikut penjelasannya!


1. Sertifikasi Pernikahan

Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020

Meski ini masih sebatas wacana, namun ada kemungkinan hal ini benar-benar akan diterapkan pada tahun 2020 nanti. Sebab masalah sertifikasi pernikahan ini sudah dicanangkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Rencananya, di tahun 2020 nanti, setiap pasangan yang akan menikah, wajib mengikuti semacam bimbingan Pra Nikah, selama 3 bulan. Untuk melaksanakan program ini, Kemenko PMK akan bekerjasama dengan Kementerian Agama Kemenag dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kementerian Agama khusus memberikan materi bimbingan tentang hak dan kewajiban suami istri dalam rumah tangga, serta keluarga sakinah. Tujuannya agar suami istri dapat membangun rumah tangga dengan baik, serta mengurangi angka Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan perceraian.

Sedangkan Kementerian Kesehatan akan memberikan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi, serta penanganan masalah kesehatan dalam rumah tangga, sehingga dapat melahirkan anak-anak yang sehat dan cerdas.

Nah, setelah mengikuti bimbingan pra nikah tersebut, calon suami istri akan diberikan Sertifikat layak untuk menikah. Sertifikat tersebut dijadikan sebagai salah satu persyaratan dalam mengajukan permohonan nikah ke KUA.

Namun tidak semua calon suami istri lulus dan mendapatkan sertifikat tersebut setelah mengikuti bimbingan. Barangkali ada semacam evaluasi berupa ujian tertulis yang harus dijawab oleh calon suami istri setelah mengikuti bimbingan, yang akan lulus tidaknya, sehingga berhak mendapatkan Sertifikat tersebut.

Dengan demikian, cukup repot juga kalau harus mengikuti bimbingan selama 3 bulan, apalagi kalau sampai tidak lulus dan tidak mendapat sertifikat, yang berarti harus mengulang mengikuti bimbingan.


2. Usia Pernikahan

Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020

Menurut pasal 7 ayat (1) Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkimpoian, calon suami istri diizinkan untuk menikah, jika calon suami sudah berusia 19 tahun, dan calon istri 16 tahun.

Namun dalam revisi atau perubahan pasal tersebut yang baru saja disahkan oleh DPR, yaitu Undang-undang Nomor 16 tahun 2019, sekarang usia pernikahan yang diizinkan adalah sama antara calon suami dan istri, yakni 19 tahun.

Meski ketentuan ini sudah berlaku sejak September 2019, namun pelaksanaannya secara efektif biasanya akan dimulai setahun kemudian.

So, bagi Agan-Agan yang punya calon istri yang masih berusia 16-17, segeralah menikahinya di tahun ini. Jika tidak, maka minimal 2 tahun lagi baru bisa melaksanakan pernikahan. Kalaupun ngotot ingin menikah juga, terpaksa harus repot mengurus dispensasi pernikahan di bawah umur ke Pengadilan Agama, disertai dengan alasan-alasan mendesak yang bisa diterima oleh pihak pengadilan.(*)
*****

Ref, Sumber Foto
.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 11
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
16-11-2019 22:44
Kalau gk lulus, berarti dia bkan jodoh lu
0 0
0
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
16-11-2019 22:51
Quote:Original Posted By edsixteen
makin berat emoticon-Ngakak
@bekooll
@ngejleb
@adolfsbasthian


Ayo buruan diurus GanEd...
emoticon-Goyang
profile-picture
ngejleb memberi reputasi
1 0
1
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
16-11-2019 22:52
harus cepat nikah nih kalo begini Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
0 0
0
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
16-11-2019 23:02
makin banyak aja nih tar yg nikah bodong... emoticon-Ngakak
0 0
0
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
16-11-2019 23:04
Quote:Original Posted By zhenya
Cara nya cabut kewarganegaraan kya mna gan?


gak segampang ngebalikin kertas fotokopian
0 0
0
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
16-11-2019 23:09
apasih gaje, nikah kok dipersulit
0 0
0
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
16-11-2019 23:38
kek semacam achievement gitu punya sertifikat nikah. elah nikah apa ikut lomba
0 0
0
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
16-11-2019 23:42
cihuy duluan ajalah emoticon-Ultah
0 0
0
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
16-11-2019 23:42
yg bikin nih peraturan siapa sih cok? emoticon-Marah
0 0
0
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
17-11-2019 00:04
kapok
emoticon-Ngakak
emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
17-11-2019 00:07
masih muda.
0 0
0
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
17-11-2019 00:19
Cie cie yang nampang di hot thread emoticon-Wow
0 0
0
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
17-11-2019 00:23
Masih ada jalan cepat kok gan, Yaitu MBA pasti lancar emoticon-Hammer2
0 0
0
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
Lapor Hansip
17-11-2019 01:37
Balasan post binyomin
Quote:Original Posted By binyomin


Thanks gan.


Sama sama.
0 0
0
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
Lapor Hansip
17-11-2019 01:38
Balasan post binyomin
Quote:Original Posted By binyomin


Ini berlaku ke semua agama atau hanya pasangan muslim yang harus mengikuti sertifikasi gan? Serius nanya.


Semua agama gan mulai dari agama satanis sampai agama kerajaan ubur ubur.
0 0
0
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
17-11-2019 02:33
Toweeewww...
deh om @edsixteen
Om ed duluan sm om @adolfsbasthian
Jngn lupa undangannya yuaaaaa...
Hehe...
emoticon-Peace
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
17-11-2019 04:41
Ini ujian buat dapet sertifikatnya gimana ya? Tes Tulis, Role play, atau ada yg punya gambaran? emoticon-Bingung

untung ud nikah emoticon-Cool
0 0
0
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
17-11-2019 06:32
Quote:Original Posted By yonefian
Gueh cowok njiiir emoticon-Blue Guy Bata (L)


Iya makanya saya tanya cowo mana yg beruntung itu? Kan kamu maho emoticon-Leh Uga
0 0
0
Segeralah Menikah, Sebab Syaratnya Makin Berat di Tahun 2020
17-11-2019 06:37
mai nikah tapi jodoh belum nemu ai ai ai
0 0
0
Halaman 7 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia