c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Sangat Menarik! Perang Chipset Smartphone Di Tahun 2020




Hi sobat kaskus, semoga harimu selalu menyenangkan dengan segala aktivitas ketika berteman dengan smartphonemu. Sudah bukan rahasia lagi kalau smartphone seperti nyawa kedua buat kita semua, ya kan?

Tapi akhir tahun sebentar lagi apa yang akan terjadi pada smartphone anda? Masih bertahan dengan yang ada atau membeli seri terbaru yang setiap bulan para vendor mengeluarkan jagoan dari masing-masing series.

Panrikan smartphone semakin berlomba untuk memberikan yang terbaik untuk user, terkadang tak jarang memakan saudaranya sendiri seperti yang dilakukan oleh BBK grup. Baik itu oppo, real me, vivo, saat ini harga dan spesifikasinya mepet bersaing dengan redmi dari xiaomi di kelas middle dan low.

Sedangkan di series flagship persaingan juga semakin ketat dimana Samsung, Iphone, Huawei, Pocophone, Asus, Nokia, Sony bersaing merebut hati para user. Tapi persaingan bukan hanya di produk smartphonenya saja loh!

Persaingan yang membuat perang terbuka antar chipset sebagai otak dari smartphone pun tak dapat di cegah, nah chipset apa saja yang akan datang di tahun 2020?

Qualcomm Snapdragon 865



Salah satu perusahaan chipset terbesar di Amerika memang akan memberikan kejutan di tahun 2020. Mereka akan segera meluncurkan penerus dari Snapdragon 855 yaitu Snapdragon 865. Bahkan Chipset yang dibuat dengan menggunakan fabrikasi 7nm sudah support 5G.

Patut ditunggu keganasan chipset buatan dari Qualcomm ini, tapi sekali lagi chipset ini dibuat untuk smartphone kelas flagship sepertinya.

referensi

Kirin 1000



Efek perang dagang yang dilakukan Donald Trump terhadap produk China, maka Huawei memproduksi sendiri chipset untuk produknya dan hasilnya sangat luar biasa. Kirin 990 yang di pakai Mate 30 pun tak banyak masalah, lalu di tahun 2020 apa yang akan dilakukan Huawei?

Mereka akan membuat Kirin 1000 untuk Huawei Mate 40, bahkan proses fabrikasi 5nm yang lebih kecil dari 7nm di Kirin 990 akan membuat hemat daya batere.

referensi

Apple A13 Bionic



Puas dengan performa apple 11 maka dapat di pastikan chip A13 Bionic tetap akan menjadi raja di seri Apple, kemungkinan besar akhir tahun 2020 Apple akan memperkenalkan chipset terbarunya.

Entah Kenapa performa dari chipset Apple ini susah ditandingi oleh smartphone Android, padahal dari spesifikikasi terlihat lebih rendah di Apple 11 hanya memakai 6 core saja. Lucunya lagi Apple hanya memakai RAM 4 GB saja, tapi sukses mengalahkan chipset Snapdragon 855+ ditambah RAM 12 GB kan ini sesuatu yang gila.

referensi


Exynos 990



Melihat persaingan chipset yang semakin ketat maka Samsung tak mau ketinggalan, perusahaan asal korea itu juga menelurkan Exynos 990 untuk smartphone terbarunya nanti di tahun 2020 yaitu samsung S11.

Nampaknya performa Exynos akan semakin bertenaga dengan GPU Mali-G77 yang didukung LPDDR5. Total ada delapan inti CPU yang terdiri dari dua inti custom, dua inti Cortex-A76 yang memiliki performa tinggi, dan empat inti Cortex-A55 irit daya. Selain itu Exynos di produksi dengan fabrikasi 7 nanometer (nm), bahkan Exynos 990 juga dirancang dengan teknologi extreme ultra-violet (EUV) sama seperti Exynos 9825.

referensi


Mediatek Helio M70



Sebagai chipset yang sering dipakai smartphone kelas bawah, mediatek memang tak ragu untuk menelurkan modem Helio M70 5G pada bulan Mei 2019 silam, namun publik masih menunggu peluncuran resmi chipset  yang dibangun pada proses FinFET 7nm.

Bisa saja ini chipset ini adalah andalan untuk Mediatek di tahun 2020 nanti, mereka pun sukses juga membuat langkah besar setelah membuat chipset Helio P90, bisa dibilang ini adalah chipset berkelas dari MediaTek.

referensi

#######

Bagaimana sudah tak sabar menunggu tahun 2020, dimana otak dari smartphone sudah mulai di rilis apakah ada vendor yang berani menyematkannya di smartphone mewah harga murah?

emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2019
referensi : diatas
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





GIF







lina.whseabiscuitNadarNadz
NadarNadz dan 3 lainnya memberi reputasi
4
4.1K
28
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.7KThread8.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.