hvzalf
TS
hvzalf 
Anti Mainstream, Inilah Cara Guru Atasi Siswa Mencontek


Mencontek adalah perbuatan yang harus sangat dihindari. Pasalnya ini akan berpengaruh bagi karakter siswa. Namun, faktanya mencontek ini seolah sudah menjadi budaya buruk yang terus turun temurun dilakukan oleh para siswa saat ulangan. Bahkan sebagian siswa sudah menyiapkan strategi khusus agar perbuatan menconteknya berjalan lancar tanpa halangan dan hambatan sedikitpun.

Peran seorang guru pada tahap ini sangatlah penting. Guru harus senantiasa mengawasi setiap detik gerak-gerik siswanya. Nah, berikut ini ada beberapa cara unik dan anti mainstream yang dilakukan para guru untuk mencegah sebuah kejahatan saat ulangan yakni mencontek!

1.Kardus Anti Mencontek



Kardus ternyata bisa menjadi bahan untuk menangkal mencontek, loh. Caranya cukup mudah, tinggal taruh saja kotak kardus itu di kepala masing-masing siswa. Dijamin trik ini akan berhasil. Boleh dicoba nih!

2. Mengawasi Dari Ketinggian



Guru bisa juga melakukan hal anti mainstream lainnya. Cuma kalau tips ini butuh sedikit keberanian dan sedikit menahan rasa malu. Seorang guru bisa mengawasi dari tempat yang dianggap tinggi di sekitar kelas. Misal, pintu, atau meja. Trik satu ini silakan dicoba jika rasa PD nya gak perlu diragukan

3. Memanfaatkan CCTV



Cara ini cukup jitu. Memanfaatkan tekhnologi CCTV, seorang guru dengan santai akan dengan mudah memantau keadaan situasi kelas meski ditinggalkan. Cukup duduk di depan layar, mata guru akan senantiasa mengawasi setiap gerak-gerik siswa. Tips anti mencontek ini bisa diikuti oleh sekolah yang memang dari segi fasilitas cukup memadai.

4. Awas Ada Drone



Kemajuan tekhnologi bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mencegah tindakan mencontek. Nah, salah satu pemanfaatan tekhnologi yaitu menggunakan drone sebagai pengawas saat ujian. Ini juga memudahkan guru agar tak mondar-mandir.

5. Selain Hujan, Payung Punya Kegunaan Lain



Ide satu ini cukup ribet juga ya. Apalagi kalau kapasitas kelas yang tak besar. Tapi, cara semacam ini bisa jadi solusi agar para siswa tak bisa mencontek.

6. Topi Khas Kacamata Kuda



Kalau trik anti mencontek satu ini cukup sederhana. Hanya membutuhkan kertas dan tali untuk pengaitnya. Tentu para siswa akan sedikit sulit saat akan melirik kertas ujian milik temannya.



Itulah cara dan tips agar para siswa tak bisa mencontek. Ingat mencontek itu bukan karena ada niat pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah! Dan sudah seharusnya agar budaya mencontek ini tidak lagi menjadi warisan yang terus membelenggu dunia pendidikan.

Sumber :
Di sini

Di sini
Diubah oleh hvzalf 15-11-2019 13:21
Puspita1973swiitdebbysebelahblog
sebelahblog dan 15 lainnya memberi reputasi
16
3.5K
63
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.3KThread80.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.