Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
29
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc7441ea72768389267fa1c/komunitas-merajut-macan-ternak-inspirasi-emak-emak-zaman-now
Assalamualaikum .... Sebenarnya, komunitas ini hanya komunitas kecil yang tidak mempunyai nama. Lalu, kenapa saya menyebutnya Komunitas Rajut Macan Ternak? Karena komunitas ini terbentuk ketika mama cantik mengantar anaknya ke sekolah. :peluk Mereka menunggui anak masing-masing sampai pulang sekolah. Nah, waktu beberapa jam itu, mereka manfaatkan untuk melakukan sebuah kegiatan yang positif. Kegia
Lapor Hansip
10-11-2019 05:56

Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now

icon-verified-thread
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now

Assalamualaikum ....

Sebenarnya, komunitas ini hanya komunitas kecil yang tidak mempunyai nama. Lalu, kenapa saya menyebutnya Komunitas Rajut Macan Ternak? Karena komunitas ini terbentuk ketika mama cantik mengantar anaknya ke sekolah. emoticon-Peluk


Mereka menunggui anak masing-masing sampai pulang sekolah. Nah, waktu beberapa jam itu, mereka manfaatkan untuk melakukan sebuah kegiatan yang positif. Kegiatannya adalah merajut.

Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now


Kerajinan rajutan sekarang ini sedang hits, lho. Ada tas rajut, dompet, gantungan kunci, peci dan lain-lain. Harganya pun, lumayan tinggi. Hal itu dikarenakan proses merajutnya yang tidak mudah dan bahan baku.

Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now


Sudah banyak rajutan bermerek sekarang ini. Para mama cantik ini tertarik untuk mempelajarinya. Tidak ada guru khusus. Mereka belajar dari YouTube dan kemudian saling mengajari.


Sekarang, model rajutan sudah bervariasi. Unik-unik dan lucu. Mereka semakin rajin mempelajari dan mempraktekkannya. Sehingga, komunitas ini setiap hari selalu eksis. Membawa bahan rajutan dan mulai berkarya sambil menunggu bel pulang sekolah berbunyi.

Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now

Alat dan Perlengkapan Merajut

Untuk merajut membutuhkan sebuah alat yang disebut hakpen. Perhatikan di tengahnya ada angka-angka. Itu merupakan ukuran besar kecilnya ujung hakpen. Disesuaikan dengan besar kecilnya ukuran benang.

Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now

Kemudian, sudah pasti kita memerlukan benang. Macam-macam jenis benang rajut itu di antaranya: bulky, athena, katun, rayon, polyster dan lain-lain.

Ini contoh benang jenis polyster
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now

Untuk pelengkap, biasanya kita juga memerlukan beberapa barang, disesuaikan dengan apa yang akan kita buat. Misal untuk membuat dompet, kita memerlukan inner (yang hitam panjang). Untuk membuat tas, di antaranya kita memerlukan ritsleting (yang warna merah dan hitam), kepala ritsleting, ring--untuk tali tas dan lain-lain.

Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now


Nah, sekarang ... kenapa Komunitas Merajut Macan Ternak ini layak untuk dijadikan KOMMUNITY INSPIRING? Simak beberapa faktanya, ya ....


1. Menjalin hubungan baik

Diantara anggota komunitas ini, terjalin suatu hubungan yang baik. Seperti sebuah persahabatan, mereka selalu bersama. Insya Allah saling menghargai. Tidak ada aturan yang baku di dalamnya, mereka menyatu begitu saja.

Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now


2. Memanfaatkan waktu luang

Waktu yang hanya beberapa jam (sekitar dua jam) mereka gunakan untuk hal yang berguna. Di saat banyak para emak-emak lain bergosip, mereka malah sibuk berkarya.
Duduk melingkar, atau kadang duduk di bangku, berjejer sambil jari mereka meliuk-liuk memainkan hakpen dan benang. Keren bukan?

Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now


3. Berbagi ilmu

Dalam Islam, ilmu yang bermanfaat itu pahalanya akan menhalir terus meski kita sudah meninggal. Nah di dalam komunitas ini, mereka tidak segan berbagi ilmu tersebut. Gratis. Masya Allah.

Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now


4. Menghasilkan karya

Rajutan itu bernilai jual lumayan tinggi. Untuk satu tas kecil saja, harganya hampir 200 ribu rupiah. Lebih besar dan lebih rumit, harga semakin tinggi. Bisa sampai jutaan. Nah, dari pada beli, mereka bisa membuatnya sendiri. Dengan bermodalkan benang, hakpen dan pernak-pernik lain yang diperlukan.
Selain itu, ada rasa bangga terselip di hati. Ketika memakai tas rajut, hasil karya sendiri, bukan?

Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now


4. Menjadi sumber penghasilan

Nah ini yang sangat menarik. Dari keisengan mereka. Banyak di antaranya yang bisa mengahasilkan pundi-pundi rupiah.
Karena tidak semua orang bisa merajut, sementara rajutan itu sangat unik dan indah. Maka, hal ini menjadi peluang usaha.
Di antara anggota komunitas ini, sudah bisa menerima pesanan. Ada yang minta dibuatkan tas, dompet dan lain-lain.
Mantul pokoknya.

Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now


Bagaimana GanSist? Keren bukan? Makanya untuk event TASTETHEOLOCAL, INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY, MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOT kali ini, saya mengangkat Komunitas Rajut Macan Ternak.


Saya pun jadi tertarik lagi buat merajut. Untuk dasarnya saya sudah tahu, karena sejak remaja selalu disuguhi pemandangan mama yang merajut. Namun, untuk model rajutan sekarang, saya harus belajar lagi.

GanSist tertarik? Terutama Sista para mama muda yang suka mengantar anaknya sekolah emoticon-Kiss Kegiatan positif apa yang kalian lakukan?

Sumber, Opini Pribadi
Sumber gambar, Dokpri

Ditulis oleh, Athfahdw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mahbubah127 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
10-11-2019 05:57
Ayo merajut
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
10-11-2019 05:57
Isi waktu luang dengan hal positif
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
10-11-2019 05:57
Contoh emak-emak kreatif
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
10-11-2019 10:10
Quote:Original Posted By athfahdw
Contoh emak-emak kreatif


Keren, ya Kakemoticon-Jempol
profile-picture
athfahdw memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
10-11-2019 11:17
Nah cakep nih kegiatan kayak gini, bisa menghasilkan pundi pundi uang juga kan. Emak ane juga suka beli tas ginian nih, tapi ngga ngikut ngerajut sih
profile-picture
athfahdw memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
10-11-2019 12:19
sungguh kreatif dan komunitas yang bermanfaat. wajib di dukung.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
athfahdw dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
10-11-2019 20:41
Quote:Original Posted By safitri28
Keren, ya Kakemoticon-Jempol


Banget ...
Dari yang ga bisa sama sekali, sekarang karyanya dah layak jual 😍
profile-picture
safitri28 memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
10-11-2019 20:42
Quote:Original Posted By orgbekasi67
Nah cakep nih kegiatan kayak gini, bisa menghasilkan pundi pundi uang juga kan. Emak ane juga suka beli tas ginian nih, tapi ngga ngikut ngerajut sih


Tas rajut emang unik, makanya banyak yang suka meski harganya lumayan 😀
profile-picture
orgbekasi67 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
10-11-2019 20:43
Quote:Original Posted By Roti.Jago
sungguh kreatif dan komunitas yang bermanfaat. wajib di dukung.


Betul sekali, Gan. Jarang yang kaya gini, kan?
0 0
0
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
10-11-2019 21:09
Quote:Original Posted By athfahdw
Banget ...
Dari yang ga bisa sama sekali, sekarang karyanya dah layak jual 😍


emoticon-Jempolemoticon-Jempol mantap
profile-picture
athfahdw memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
Lapor Hansip
11-11-2019 22:14
Balasan post athfahdw
Menurut ane sepadan sih gan ada uang ada rupa, apalagi ngerajutnya susah kan
profile-picture
athfahdw memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
12-11-2019 05:23
Quote:Original Posted By orgbekasi67
Menurut ane sepadan sih gan ada uang ada rupa, apalagi ngerajutnya susah kan


Yes, betul banget. Apalagi kalau motifnya yang rumit. Perlu kesabaran dan ketelitian ekstra
0 0
0
Lihat 1 balasan
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
Lapor Hansip
13-11-2019 19:08
Balasan post athfahdw
Cuma ya orang sini kebanyakan maunya murah aja gan, kualitas belakangan
profile-picture
athfahdw memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
15-11-2019 05:24
Quote:Original Posted By orgbekasi67
Cuma ya orang sini kebanyakan maunya murah aja gan, kualitas belakangan


Emang ada sih yang begitu. Biasanya mereka mengejar kuantitas. Punya banyak biar bisa ganti-ganti 😀
0 0
0
Lihat 1 balasan
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
15-11-2019 05:35
Quote:Original Posted By athfahdw
Ayo merajut


Quote:Original Posted By athfahdw
Isi waktu luang dengan hal positif


Keren komunitasnyaemoticon-2 Jempol
profile-picture
athfahdw memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
15-11-2019 06:00
Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Keren komunitasnyaemoticon-2 Jempol


Banget emoticon-Kiss
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
Lapor Hansip
15-11-2019 14:12
Balasan post athfahdw
Kalo itu nggak masalah sih, yang jadi masalah kalo ntar akhirnya protes kualitasnya ngga bagus marah marah emoticon-Ngakak
profile-picture
athfahdw memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
15-11-2019 14:14
Quote:Original Posted By orgbekasi67
Kalo itu nggak masalah sih, yang jadi masalah kalo ntar akhirnya protes kualitasnya ngga bagus marah marah emoticon-Ngakak


Bingung kalo gitu mah ya?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
Lapor Hansip
15-11-2019 14:46
Balasan post athfahdw
Bingung karena apa yang mau diharapkan dengan harga murah kualitas tinggi, jarang jarang kan. Dari segi manajemennya juga membingungkan emoticon-Big Grin
profile-picture
athfahdw memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Merajut Macan Ternak. Inspirasi Emak-emak Zaman Now
15-11-2019 15:40
sangat mengisnspirasi😍😍😍 langsung naksir sama tas merahnya❤️
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia