kaskus.podcast
TS
kaskus.podcast
Galette dan Pagpag, Makanan Si Miskin untuk Ganjal Perut

Makanan sisa tentu akan berakhir di tempat sampah, tapi ada beberapa negara yang mengolah makanan sisa menjadi lauk pauk untuk hidangan utama keluarga. Contohnya Manila, orang miskin di negara ini justru memungut bekas makanan sisa untuk diolah kembali menjadi makanan favorit dengan cita rasa tersendiri. Makanan berbahan dasar sisa makanan bekas ini diberi nama Pag-pag. Kalo di Indonesia juga ada sih sebenernya, dulu disebut nasi aking ataupun air tajin alian air cucian beras.


Pag-pag sebenarnya merupakan istilah yang digunakan untuk debu yang melekat pada pakaian atau karpet. Namun, masyarakat Filipina menggunakan kata itu khusus untuk menyebut daging sisa yang dibuang oleh restoran dan kedai makanan cepat saji.



Biasanya para pengepul pag-pag akan bergerak dari jam 4 subuh menuju tempat pembuangan sampah. Pada jam tersebut, para pemilik kedai akan membuang makanan sisa mereka. Para pemburu Pag-pag selama seminggu akan mendapat gaji sebesar 80 ribu rupiah, dan mereka akan menjualnya kembali ke penadah sebesar 7-8 ribu rupiah per kantongnya.



Pagpag merupakan makanan yang tercipta karena himpitan ekonomi masyarakat Filipina di pemukiman kumuh. Hidangan ini akhirnya menjadi pengganti makanan pokok dari daging yang sulit didapat karena harga yang mahal.

Gimana gansis? Yang lagi mam siang berniat mencobanya? Kira-kira ini makanan bakal membunuh penikmatnya ga ya? Cekidot langsung di The Lounge hanya di Kaskus Podcast!


podcast-episode

emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut



4iinchpablootien212700
tien212700 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
10.7K
84
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.