• Beranda
  • ...
  • Banyuwangi
  • [COC] Samen, Tradisi Kenaikan Tingkat dan Wisuda di Tanah Sunda (Tasikmalaya)

RetnoQr3nAvatar border
TS
RetnoQr3n
[COC] Samen, Tradisi Kenaikan Tingkat dan Wisuda di Tanah Sunda (Tasikmalaya)
Festival Nusantara


Samen
Imtihanan
Cigantang Bazar Festival


Ngomongin tentang festival nusantara. Ane mau sedikit mengulas festival di Tanah Sunda ketika masuk ke tahun ajaran baru.



Nama acaranya yaitu Samen. Sebenernya Ane dan beberapa orang yang ane tanyakan pun nggak tahu pasti asal kata Samenitu dari mana. Hanya saja kegiatan ini serentak dilaksanakan turun temurun dari zaman dahulu kala sampai sekarang, ketika ada pergantian tahun ajaran. Karena acara samen biasanya di barengi wisuda.



Contohnya di kampung ane--Tasikmalaya, ada yang namanya sekolah agama. Jadi, bagi anak-anak yang masih berada di sekolah dasar wajib untuk mengikuti sekolah agama. Di sekolah agama ini, kami belajar tentang agama islam, ngaji Alquran, dsb.

Setiap tahun diadakan ujian kelulusan tes baca Alquran, hafalan surat pendek, hafalan doa, hafalan hadits dan sebagainya. Setelah mereka melewati tes itu mereka dan dinyatakan lulus. Siswa berhak mendapat ijazah.

Poses pemberian Ijazah di sini disebut dengan imtihanan dan acara besarnya disebut Samen.

Acara dari Samen ini menampilkan penampilan siswa dan siswi, juga warga kampung yang mau menyumbangkan hiburan. Acara bisa diisi dengan nyanyian, tarian, pembacaan puisi, nonton bareng, tabligh akbar, dsb.

Semakin majunya zaman, acara samen semakin ramai. Dan dikombinasikan dengan berbagai acara.



Termasuk di kampung Ane, salah satu Kelurahan di Kampung Cigantang ini. Acara Samen diadakan sangat meriah. Biasanya di kampung-kampung lain, acara Samen sekedar 3 hari, kalau di Cigantang ini sampai 5 hari pada malam hari.

Acaranya dilaksanakan hari Jumat malam tanggal 8 November sampai hari Selasa malam tanggal 12 November. Yang membuat acara sangat meriah adalah samennya digabungkan dengan acara festival dan bazar.



Nama acaranya menjadi Cigantang Bazar Festival. Selain ada panggung utama untuk kreasi seni, ada bazar yang terdiri dari makanan, pakaian, dsb, pokonya semuanya ada di situ termasuk mainan-mainan anak. Tujuannya adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Plus jalan umum dan sawah dihias semenarik mungkin untuk bisa dijadikan spot selfie.



Pengadaan acara ini bukan hanya tanggung jawab sekolah saja, tapi hasil dari bahu membahu masyarakat, pemuda, dan anak-anak di kampung tersebut. Semua ikut ambil bagian. Sehingga acara samen ini bisa dibilang Pesta Rakyat yang dimiliki oleh seluruh masyarakat Kampung di Tasikmalaya.

Nah, itu sedikit ulasan festival nusantara dari ane. Sekian dari ane semoga bermanfaat.


Salam hangat,
RetnoQr3n

Referensi dan foto
Opini dan dokumentasi pribadi

.g.gowang
delia.adel
Cahayahalimah
Cahayahalimah dan 13 lainnya memberi reputasi
14
1.7K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Banyuwangi
Banyuwangi
icon
523Thread669Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.