sofiyuen
TS
sofiyuen
Waspada! 5 Makanan Harian Ini Bisa Sebabkan Kematian Mendadak
Halo AganSista. Welcome to my thread. Jangan bosan, ya.


Tentu dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa melepaskan diri dari yang namanya makanan ya, AfanSist. Berbagai macam sumber makanan telah disediakan oleh alam untuk kita olah dan konsumsi dengan baik. Pun kita tentu sudah mengetahui secara umum makanan apa saja yang baik dan sehat untuk tubuh. Namun, AganSista mungkin akan terkejut ketika mendapati ada yang zat berbahaya dalam makanan yang AganSista konsumsi setiap hari. Bahkan hingga bisa menyebabkan kematian mendadak. Apa saja? Yuk, cek di bawah ini.



1. Biji Buah


sumber: klik

Siapa sangka, biji apel, ceri, buah persik, dan aprikot ternyata mengandung zat beracun hidrogen sianida yang disebut asam prussat. Racun ini bisa menimbulkan kematian mendadak jika ditumbuk lebih dahulu dan dikonsumsi satu cangkir dalam jumlah besar.

Jadi, kita tidak akan langsung mati jika menelan satu atau dua biji apel ya, GanSist. Ane sempat kaget, soalnya apel adalah salah satu buah favorit ane, dan sering khilaf menggigit bijinya. emoticon-Belomalu.




2. Biji Pala



sumber:klik

Biji ini memiliki aroma pedas yang khas. Rasanya agak manis dan hangat. AganSista tentu sudah tahu kegunaan dari rempah asal Maluku ini. Namun, tahukah AganSist jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menimbulkan halusinasi, overdosis bahkan kematian.


Sangat perlu diperhatikan penggunaan buah pala pada bahan masakan. Ukuran 0,2 ons saja bisa menimbulkan kejang. Jika melebihi 0,3 ons dapat menyebabkan overdosis hingga kematian. Gejalanya ditandai dengan rasa haus yang tidak dapat diatasi.

Jadi, para AganSista semua yang berkecimpung di dapur agar lebih berhati-hati lagi dalam penggunaan biji pala ini.



3. Kentang



sumber:klik

Siapa tidak tahu kentang? Makanan yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi ini begitu populer dalam berbagai olahan. Bagus juga untuk diet karena rendah lemak jika diolah dengan benar.

Namun, tahukah AganSista, bagian lain dari kentang mengandung zat berbahaya yang bernama glikoalkaloid. Zat ini dapat menimbulkan sakit kepala, kram, diare, bahkan kematian yang ditemukan pada daun dan batang kentang. Batasan bahaya mengonsumsinya pun berada pada 3-6 mg saja.

Jadi, AganSista, sangat penting untuk menghindari kentang yang tumbuh atau berubah warna jadi hijau pada kulitnya. Simpanlah kentang pada tempat gelap atau terlindung dari cahaya matahari agar awet lebih lama.



4. Tuna



sumber:[URL=https://img-k.[sensor spam]/okz/500/content/2017/08/01/298/1747803/heboh-rumor-ikan-tuna-palsu-di-pasaran-simak-tips-cerdas-membedakannya-kenali-warna-ikan-3lqIoydJJi.jpg]klik[/URL]

Ikan tuna merupakan jenis ikan yang bisa menyerap merkuri. Dan merkuri ini menumpuk pada orang yang mengonsumsi terlalu banyak. Tentu AganSista sudah tahu bahaya merkuri yang antara lain dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan otak hingga gangguan mental.

Mengonsumsi ikan ini cukup 1-2 porsi saja. AganSista tentu tak mau bukan mati mendadak atau kena gangguan mental hanya karena sesuatu itu begitu enak dan menggiurkan. Apa pun makanannya, jika dikonsumsi berlebihan tidak akan pernah baik untuk tubuh. Iya kan, AganSist? emoticon-Big Grin


5. Singkong



sumber:klik

Ane kaget ketika tahu singkong masuk dalam daftar ini, GanSist. emoticon-Shutup (S)emoticon-Shutup (S)

Olahan singkong adalah makanan legendaris yang begitu merakyat menurut ane. Mulai dari pengganti nasi hingga kuliner-kuliner nusantara dari Sabang sampai Merauke. Namun tahukah GanSist ada beberapa ultimatum khusus untuk singkong ini.

Jangan pernah mencoba mengonsumsi singkong secara mentah karena mengandung hidrogen sianida. Konsumsinya harus diolah dulu sampai matang. Cuci dan kupas bersih. Segera buang air sisa begitu selesai merebusnya. Singkong ini memiliki dua varietas yaitu singkong dengan rasa agak pahit dan manis. Singkong pahit berbahaya 50 kali lipat dari saudaranya.

Cemmana ane tak gentar, GanSist? Secara ane pernah mencicipi singkong mentah. Rasanya gurih, nggak jauh beda dengan ubi jalar. Untung ada manis-manisnya, kalau nggak mungkin ane nggak bisa menuliskan thread ini hari ini. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Malu


Nah, demikianlah GanSist, ulasan singkat mengenai makanan yang bisa sebabkan kematian mendadak. Terima kasih sudah membaca. Ambil yang baik buang yang buruknya. Salam bahagia untuk AganSista semua. Sampai jumpa.emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus

sumber: di sini
Diubah oleh sofiyuen 15-11-2019 03:04
nyonyo2sebelahblogtien212700
tien212700 dan 36 lainnya memberi reputasi
37
11.8K
155
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.