djoeragancendolAvatar border
TS
djoeragancendol
Menulislah! Temukan Jati Dirimu
Quote:




Menulislah! Temukan Jati Dirimu
:nulisah :nulisah :nulisah


Quote:

Assalamualaikum Agan dan Sista....
Sudah lama rassanya ane nggak membuat coretan disini, di KASKUS tercinta ini. Bukan karena sedang mendua atau sedang mengasah cerita. Hanya saja terkadang rasa ini begitu berat untuk dirasa. halah emoticon-Hammer


Izinkan ane bikin coretan disini ya.. Mungkin tak kan berarti dan mungkin pula akan sulit untuk dipahami dan dimengerti, namun semua ini adalah kata hati. Menulis, baik secara harfiah menggoreskan tinta pena maupun mengetik tuts keyboard merangkai makna bukan sesuatu yang mudah. Bagi sebagian orang mungkin biasa aja dalam merangkai kata, tapi sebagian lain justru sangat berat terasa. Dalam menulis tentu dibutuhkan sebuah rasa. Kenapa menulis perlu rasa? Agar apa yang tertulis bisa menjadi sarat akan makna.


Seorang penulis bukan hanya milik dia secara pribadi, namun saat dia menuangkan tulisan, maka dia menjadi milik dunia. Seberapa besar pengaruhnya, tentu banyak hal yang mempengaruhinya. Seberapa besar rasa yang dia ciptakan lewat tulisan, sebesar itu pula dunia akan memaknainya. Menulislah dari HATI, maka akan sampai pula merasuk ke hati pembacanya. Pernah dengar ungkapan ini? Ane setuju dengan hal ini, karena setiap orang bertindak atas komando hati dan pikirannya. Jadi jika ingin mempengaruhi orang, ambil hatinya dan dia akan bergerak.


Tulisan yang bagus tuh seperti apa? Setiap orang punya standar tersendiri untuk menilai sebuah tulisan itu bagus atau nggak. Namun ada kaidah umum yang disepakati oleh banyak orang bahwa sebuah tulisan bisa disebut bagus. Bagaimana untuk mencapainya? Nggak ada cara lain selain banyak banyak berlatih. Banyak menulis, menulis dan menulis. Tentu buan sekedar tulisan asal seperti thread ane ini. Jangan dicontoh ya gan sist, ane cuma sekedar curhat, nggak lebih. emoticon-Embarrassment

Selain menulis, tentu kita butuh untuk membaca. Membaca berita, membaca sastra, membaca alam semesta. Dari situlah apa yang kita tulis akan berisi makna makna. bukan sekedar pepesan kosong tanpa cerita. Untuk menulis 1 kita perlu 10x baca. Bisa kurang bisa lebih. Namun idealnya adalah lebih banyak yang harus kita baca sebelum kita merangkai kata.


Setelah selesai menulis, jangan hanya disimpan ya gan sist. Tunjukkan pada dunia siapa Anda. Sebarkan dan tunjukkan tulisan Agan dan Sista. Karena tulisan tidak akan bermakna apa apa jika hanya disimpan belaka. Pun dengan apa yang orang nilai tentang tulisan kita, terima dan terima kasihlah. Orang mau membaca dan menilai tulisan kita itu sutau hal yang berharga. Pun ketika dia menyampaikan kritik dan sarannya, terimalah dengan lapang dada. Karena kita bukan dewa. karena kita manusia biasa yang bisa punya cela.

Kadang, ego datang mempermainkan hati kita. Gue udah capek nulis, udah capek bikin riset, udah usaha maksimal kenapa masih dicela. Menulis ga gampang, coba loe yang mencela tulisan gue bia nggak tunjukkan mana karya loe? Gue juga bisa kritik dan cela tulisan loe. emoticon-Mad (S)


Balik lagi ke thread ini, ini hanya sekedar curhatan ane tanpa makna gan sist. sekedar pengin nulis aja karena dah lama ga bikin thread. makasih sudah baca sampai disini, di alinea penutup ini. Makasih beneran lho emoticon-Big GrinThread ini nggak ada perencanaan, ngalir aja seperti tarian jari jemari ane diatas tuts keyboard. Nggak ikutin standar baku ane jika sedang bikin thread. mudah mudahan sih setelah ini ane hilang mager dan bisa bikin thread lebih baik lagi.



tulisan ane sendiri
gambar comot di google
Diubah oleh djoeragancendol 14-11-2019 10:18
lonelyqueen999
sebelahblog
sebelahblog dan lonelyqueen999 memberi reputasi
2
725
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.