• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat

powerpunk
TS
powerpunk
Video Kereta Berhenti Karena Masinis Jajan Viral, Pentingnya Cek Sebelum Menghujat


Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Beberapa waktu belakangan, jagat dunia maya kembali diramaikan dengan banyak konten viral. Salah satunya video kereta berhenti di tengah jalan yang diberi narasi seolah - olah kereta berhenti ditengah perlintasan hanya untuk menunggu sang masinis jajan di warung. Netizen yang melihat unggahan tersebut ramai - ramai mencerca dan memberikan komentar julid buat sang masinis. Seolah - olah sang masinis adalah anak sultan yang dengan bebas menghentikan keretanya meski demi kepentingan pribadinya buat jajan di warung.



Namun apakah faktanya memang demikian? Apakah sang masinis adalah anak sultan yang bisa dengan seenak udelnya menghentikan kereta ditengah jalan buat jajan? Kebayang nggak kalau itu beneran bisa di lakukan oleh si masinis? Bisa - bisa jadwal perjalanan kereta lain bakal kacau dong. Disinilah pentingnya melakukan cek dan ricek sebelum kita menyimpulkan dan memberi komentar atas apa yang kita lihat. Apalagi sosial media sekarang rentan dengan pemelintiran dan berita hoaxyang tidak bertanggung jawab. Jangan sampai kita justru menjadi bagian dari penyebarluasan hoax tersebut.

Seperti pada video viral yang satu ini. Belakangan terungkap bahwa narasi yang disematkan pada video tersebut ternyata tidak benar. Sang masinis yang seolah - olah dikesankan memberhentikan kereta untuk jajan di warung, ternyata justru "mengisi waktu" sembari menunggu jadwal kereta berangkat. Jadi meski pada video tersebut tampak lokomotif kereta berhenti tepat di perlintasan jalan sehingga membuat pengguna jalan lain berhenti, namun itu tak seperti yang kita bayangkan. Kereta tersebut sebenarnya sedang berhenti untuk menaikkan serta menurunkan penumpang di stasiun. Berhubung stasiun tersebut pendek, sedangkan rangkaian gerbong keretanya lebih panjang ketimbang stasiunnya, sehingga saat badan kereta berhenti di stasiun, ujung kepala lokomotifnya "offsite" hingga keluar stasiun yang kebetulan berada di perlintasan palang pintu jalan raya.



Nah, disaat berhenti itulah sang masinis turun untuk membeli sesuatu di warung. Kebetulan saat itu ada pengguna jalan yang mengetahui hal tersebut lalu merekamnya. Entah si perekam ini lalu mengunggahnya ke media sosial, atau justru di lakukan oleh orang lain. Namun si pengunggah memberi caption seolah - olah sang masinis memberhentikan keretanya di tengah jalan hanya buat jajan di warung, dan hal itu akhirnya memancing reaksi dari netizen yang budiman.

Hal ini seperti mengingatkan kita kembali pada peristiwa pengeroyakan yang menimpa salah satu aktivis sebelum Pemilu yang lalu. Dengan bukti wajah lebam dibumbui narasi sebagai korban pengeroyakan, ia mampu memancing reaksi publik. Tak hanya netizen, ia bahkan mampu menggalang dukungan dari tokoh - tokoh politik yang sealiran dengannya. Banyak netizen yang menyimpulkan bahwa seolah pengeroyakan tersebut didalangi oleh kelompok politik yang berseberangan dengan kelompok korban. Kenyamanan dan keamanan bangsa hampir terancam perpecahan. Hingga akhirnya terungkap lah kebohongan sang aktivis. Ia mengaku di depan media bahwa telah melakukan kebohongan. Narasi pengeroyokan hanyalah halusinasi yang ia hembuskan demi dukungan dari orang - orang sekitar. Nyatanya, ia baru saja selesai melakukan operasi plastik, dan luka yang diklaimnya sebagai lebam akibat pengeroyokan sebenarnya adalah luka operasi.

Ini sekali lagi membuktikan bahwa saat ini kita tak bisa serta merta mempercayai apa yang kita dengar dan kita lihat, terlebih jika informasi itu kita peroleh dari media sosial. Kita harus melakukan cek dan ricek terlebih dahulu sebelum menyimpulkan, apalagi memberikan komentar. Jangan sampai kita justru menjadi corong dari penyebaran berita hoax.







Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Om Google
Referensi : Ini




Spoiler for Jangan Di Scan..:



Spoiler for :


rotten7070hansip.kompleksebelahblog
sebelahblog dan 48 lainnya memberi reputasi
49
26.1K
209
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.