• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Burung Unik di Dunia Ini Membuat Melongo, Ada yang Paruhnya Mirip Sereal, Loh!

AdelineNordicaAvatar border
TS
AdelineNordica
Burung Unik di Dunia Ini Membuat Melongo, Ada yang Paruhnya Mirip Sereal, Loh!



Assalamualaikum, GanSis. Jumpa lagi dengan thread  saya.


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Dunia fauna di dunia memang memiliki keanekaragaman hayati tersendiri. Letak geografis yang berbeda-beda membuat mereka memiliki morfologi yang khas. Misalnya dari bentuk badan, sayap, kepala, tungkai, bahkan paruh. Bagian-bagian ini juga mempunyai fungsi unik untuk bertahan hidup dan melindungi diri dari predator.



Di thread saya kali ini akan mengulas beberapa burung-burung unik yang ada di dunia. Penasaran? Mari kita lihat satu persatu.




1. Frigaterbird/ Cikalang Elok (Fregata magnificiens)


Pic. by Everywild.com



Sekilas burung Frigat ini seperti tengah bersandar pada balon merah atau bantal berbentuk hati dengan totol hitam di bagian pinggirnya. Jangan terkecoh ya GanSis. Ia tidak sedang bersantai. Benda tersebut adalah kantong gular/ kantung tenggorokan Jenis kelamin burung Frigat dapat dibedakan dari gular ini. Merah untuk betina dan putih keabu-abuan untuk jantan. Burung ini bisa ditemukan di Florida, Karibia, Kepulauan Galapagos, dan Atlantik.



2. Burung Hering (Sarcoramphus papa)



Pic. by Studies Weekly



Hering Raja/ King Vulture/ Nasar Raja merupakan hewan yang memiliki warna yang mencolok. Paruh seperti kepingan-kepingan sereal kuning. Terlihat juga seperti jengger yang menempel di sana. Kepala dan lehernya minus bulu. Di dada burung pemakan bangkai ini terdapat kantung menggelambir berwarna abu-abu. King Vulture menjadi simbol mitologi Suku Maya, yaitu jelmaan dewa berkepala burung dan berbadan manusia. Biasa terlihat di Belize, Honduras, Bolivia, Nikaragua, dan El Salvador.



3. Shoebil Strok/ Burung Paruh Sepatu/ Bangau Kepala Paus (Balaeniceps rex)



Pic. by www.oiseaux-birds.com 



Burung ini sekilas mirip bebek jika diperhatikan dari bagian tubuh ke atas. Namun, bagian tubuh ke bawah justru cenderung berbentuk seperti bangau atau pelikan ditambah paruh lebar sebagai pemangsa ikan. Wajah Shoebil cenderung tidak bersahabat. Ia mampu bertahan selama 35 tahun. Bangsa Mesir dan Arab kuno pernah mengabadikan burung ini di dalam manuskrip. Shoebil biasanya berada di Sudan, Kongo, kenya, Afrika Tengah, dan Kamerun.



4. Black Heron/ Bangau Hitam(Egretta ardesiaca)



Pic by. www.walkthroughindia


Hewan unik satu ini memang dapat membuat kita berdecak kagum. Persebaran Heron ada di Sudan, Senegal, dan afrika Selatan. Black Heron mampu melengkungkan diri seperti payung untuk menangkap mangsa. Pertama-tama ia akan melangkah tenang mendekati buruan. Ketika ikan tidak mencurigai gerak geriknya, maka ia akan merentangkan kedua sayap kemudian menangkupkannya ke arah ikan sampai terjebak. Hap! Bangau ini langsung menikmati korbannya.




5. Sage Grouse/ Sagehen (Centrocercus urophasianus)

Pic. by clickstechnology.blogspot.com


Ingin membedakan belibis ini? caranya hampir sama dengan Figaterbird. Lihat saja kantung gular yang menggelambir pada dadanya. Jika kantung hitam tersebut menggelembung besar, artinya burung ini berjenis kelamin jantan. Begitu juga sebaliknya untuk betina. Burung ini dapat GanSis temukan di Amerika dan Kanada.



Bagaimana GanSis? Unik bukan? Sekian thread saya. Semoga menghibur dan menambah wawasan ya. Sampai jumpa di thread berikutnya.



emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Referensi: Opini, www.Ranker.com, wikipedia, dan www.oiseaux-birds.com

 
#burungunik
#keajaibandunia
#fauna
Diubah oleh AdelineNordica 13-11-2019 06:25
uray24
pakolihakbar
nona212
nona212 dan 42 lainnya memberi reputasi
43
13.1K
198
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.