• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tempat penangkaran Hewan Purba, Pulau Komodo jadi Wisata Eksklusif

ningdidienAvatar border
TS
ningdidien
Tempat penangkaran Hewan Purba, Pulau Komodo jadi Wisata Eksklusif


Tempat penangkaran Hewan Purba, Pulau Komodo jadi Wisata Eksklusif dengan Tarif Fantastis

Sumber Gambar


Hay Gansis, tentu sudah mendengar tentang wacana penutupan sementara Pulau Komodo kan?

Mencengangkan sekali kala mendengar isu akan penutupan Pulau Komodo tersebutemoticon-Berduka (S)
Sebagai Warga negara Indonesia yang belum pernah berkunjung ke Pulau Komodo tentu menjadi pukulan tersendiri, pasalnya dengan berbagai isu yang beredar akan minim kemungkinan bisa menginjakkan kaki di pulau ituemoticon-Cape d... (S)


Ternyata hal itu bukan lagi sekedar wacana karena sudah berlangsung sejak akhir Januari 2019. Alasan penutupan sementara tersebut dilatarbelakangi dari terungkapnya jaringan perdagangan satwa liar yang menyelundupkan 41 ekor komodo ke luar negeri.

Sangat disayangkan yah Gansis perbuatan tersebut, untung saja segera terungkap kalau tidak mungkin kita akan kehilangan hewan purba tersebutemoticon-Cape d... (S)
Mengingat komodo memang merupakan hewan langka yang termasuk spesies reptil purba endemik. Hewan ini telah hidup dari jaman pra sejarah, bahkan ada yang menyebutkan bahwa komodo masih berkerabat dengan dinosaurus berdasarkan penemuan fosil yang menunjukkan ada kemiripan dengan komodo. Pantas saja kalau diselundupkan yahemoticon-Hammer (S)


Demi menjaga kelestarian dan kelangsungan hidup hewan purba tersebut dari tangan-tangan jahil, pemerintah akan mengkonsep Pulau Komodo sebagai tempat wisata eksklusifemoticon-Malu (S)
Kenapa disebut eksklusif? Pasalnya Pulau Komodo akan dikhususkan untuk pengunjung membership tahunan yang bersifat premium dengan tarif yang lumayan fantastis loh Gansis, 14 juta emoticon-Betty (S)
Tentu akan merubah pandangan tentang taman nasional ini nantinya.


Merubah pandangan dari taman nasional menjadi tempat konservasi wisata tidaklah mudah. Bahkan tarif 14 juta inipun yang dirasa fantastis belum tentu bisa merubah Pulau Komodo menjadi konservasi wisata yang unggul jika hanya mengandalkan sebelah pihak konservasi saja.


Tarif tersebut menurutku memang layak yah Gansis, jika dilihat dari tantangan konservasi alam, terutama tantangan untuk pengelolahan dan pengembangan wisata konservasi hewan purba lintas generasi tersebut sangat sepadan yah.
Apalagi tarif istimewa tersebut diberikan dengan prinsip interest tourism yang bersifat high cost low impact dengan harapan dapat meminimalisir kerusakan alam juga untuk menambah daya tarik Indonesia di mata dunia, semoga saja bisa tercapai tujuannyaemoticon-thumbsup


Sumber Gambar


Namun hal ini nampaknya menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat Pulau Komodo khususnya, karena akan berpengaruh terhadap perekonomian daerah yang selama ini ditopang dari ekowisataemoticon-Frown
Sebenarnya ini tinggal memberikan pemahaman saja sih🤭bayangkan saja berapa biaya yang kita habiskan untuk bertahan hidup dari jaman pra sejarah sampai sekarang? Apakah rela kita menyaksikan hewan tersebut punah sedangkan kita bisa mencegahnya? Tentu tidak kan emoticon-Big Grin biar jadi PR para pembesar negeri deh, kalau memang perlu dikaji ulang semoga mempertimbangkan segala kemungkinan termasuk impian wisatawan lokalemoticon-Cool


Kalau aku sejauh ini akan setuju dengan kebijakan tersebut, demi keamanan dan kenyamanan bersamaemoticon-Cool karena dampak yang akan dirasakan bukan untuk jangka pendek saja dengan adanya income, namun justru jangka panjangnyaemoticon-Embarrassment dengan menjadikan wisata eksusif tentu akan membatasi pengunjung yang otomatis akan mempermudah perawatan hewan-hewan purba ini, pastinya akan meminimalisir kemungkinan punahnya hewan yang diyakini berkerabat dengan dinosaurus tersebut.


Dengan penataan itu diharapkan akan memberi daya tarik tersendiri bagi Pulau komodo di mata dunia.
Selain bisa menikamati komodo dari dekat, diharapkan juga bisa menjaga kelestarian alam Indonesia, biar nda semua jadi pemukimanemoticon-Stick Out Tongue biar ada pemandangan alam yang asri apalagi di Pulau Komodo juga bisa menikmati pemandangan savana bawah lautemoticon-thumbsup mantab deeh


Biar deh nda bisa menginjakkan kaki di Pulau Komodo, toh masih bisa melihatnya di Pulau lain di Nusa Tenggara Timur, seperti Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Gili Montang, dan Pulau Nusa Kod asal hewan kanibal yang berkerabat dengan dinosaurus ini tetap lestariemoticon-Embarrassment kan biar bangga dengan kekayaan negeri iniemoticon-Big Grin


Sumber Gambar

Demi menjaga hewan purba yang menjadi salah satu kekayaan Indonesia, mari kita sama mendukung kelestariannya agar anak cucu kita bisa menikmati keberadaannya.

Harapanku pula, semoga warga negara Imdonesia bisa menikamati keindahan Pulau Komodoemoticon-Big Grin

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Mari berdiskusi demi keberlangsungan tempat wisata alam di wilayah kita

Penulis : ningdidien
Referensi : Disini Disini Disini Disini
Diubah oleh ningdidien 02-11-2019 08:25
sebelahblog
4iinch
somplaktajir13
somplaktajir13 dan 48 lainnya memberi reputasi
49
2.5K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.