Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
77
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbf99858d94d07b4509bbf3/aneka-gorengan-legendaris-di-purwokerto
Cuaca akhir-akhir ini menjadi sangat dingin membuat perut lapar seharian. Di sini tukang gorengan laris manis gansis. Untuk yang pernah berkunjung ke Purwokerto, pasti pernah dong melihat macam gorengan disini? Apa aja digoreng dan jadi cemilan enak.
Lapor Hansip
04-11-2019 10:22

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Past Hot Thread
Ketupat sampai ampas tahu bisa jadi gorengan nikmat

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Jumpa lagi gansis, cuaca akhir-akhir ini menjadi sangat dingin membuat perut lapar seharian. Di sini tukang gorengan laris manis gansis.

Untuk yang pernah berkunjung ke Purwokerto, pasti pernah dong melihat macam gorengan disini? Apa aja digoreng dan jadi cemilan enak.

1. Mendoan

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Ini sudah jadi trademarknya Purwokerto dan kota seBanyumas. Tempe tipis yang digoreng dengan campuran tepung terigu, bumbu dan daun bawang.
Semua yang pernah tinggal di Purwokerto pasti deh pernah makan gorengan satu ini. Bahkan anak rantau yang tinggal di Purwokerto banyak yang menyukai dan terkesan gorengan ini.


2. Getuk goreng

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Getuk merupakan olahan dari singkong yang diberi gula jawa/gula merah sehingga terasa manis. Sebenarnya konon asal mula getuk goreng dari Sokaraja, sebuah kota di sebelah Purwokerto. Namun banyak pula ditemui di Purwokerto.varian dari Getuk goreng ini sekarang sudah bermacam-macam. Selain rasa original adapula rasa lain seperti, durian, coklat, nangka, nanas dan rasa lainnya.


3. Jalabia

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Dari bentuknya jalabia mirip dengan donat. Terbuat dari singkong atau ketela pohon yang dibuat bulat dengan lubang di tengah. Seperti donat untuk memasaknya digoreng sampai mengambang yang menandakan jalabia tersebut sudah matang. Rasanya gurih cocok untuk teman minum kopi atau teh.


4. Tomplo

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Biasa disebut juga templek, dibuat dari sisa pembuatan tahu (ranjem). Ranjem dibulat-bulat dicampur bumbu pedas lalu digoreng dengan tepung. Mungkin gansis ngga yakin dengan bahannya tapi soal rasa, enak dan gurih apalagi dimakan saat hangat.


5. Combro

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Makanan ini dibuat dari singkong yg diparut dan dihilangkan kandungan airnya. Dibentuk bulat lonjong dan diisi dengan sambal oncom pedas lalu digoreng garing.


6. Dage

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Pembuatan dage mirip dengan mendoan hanya bahan dasarnya adalah bungkil kelapa, beda dengan tempe bongkrek ya. warnanya juga hitam. Tidak segurih mendoan tapi banyak penggemar dage, termasuk ane


8. Penjorangan

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Biasanya ketupat dijadikan campuran opor atau soto sebagai pengganti nasi. Namun disini kupat jadi camilan yang disukai. Ketupat diiris-iris lalu dicelupkan tepung terigu dan digoreng. Tepungnya kasih bumbu dulu biar rasanya gurih ya.


9. Kampel

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Dalam bahasa jawa kampel mempunyai arti pelukan. Kenapa pelukan? Ternyata kampel adalah perpaduan ketupat dan dage atau tempe yang ditempel jadi satu dengan sambal di bagian tengah, lalu dibalur tepung dan digoreng.
Buat ane ini makanan terpraktis dan enak, ada gorengan dan ketupat dalam satu tangkupan. Satu biji aja udah kenyang gansis.

Demikian beberapa gorengan yang bisa gansis temui di daerah Purwokerto sekitarnya.
Adalah beberapa dari gorengan tersebut yang jadi favorite gansis?

Untuk yang belum pernah mencoba bisa dicicipi saat datang kemari, ane traktir deh. 😊

Terimaksih kunjungannya
emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Sumber : opini pribadi
Link foto : header
Diubah oleh Indriaandrian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abahekhubytsany dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 4
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
07-11-2019 19:21
Quote:Original Posted By karyanakbangs4 ►
smuanya suka kecuali getuk goreng emoticon-Cape d...


Terlalu maniskah? Yg lain gurih semua 😁

Quote:Original Posted By eijeisan ►
Mendoannya Legend, katanya ...


Iya dunk, pan makanan dari jaman buyut kita orok 😄

Quote:Original Posted By hasya429 ►
iyaaa gan yang klemar klemer enduuul, tapi harus langsung dimakan kalo ga letoyyy taar


Panas-panas lebih berasa maknyuss
0 0
0
Lihat 1 balasan
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
07-11-2019 19:23
Quote:Original Posted By Madnesss ►
mendoan dong emoticon-Genit

#timmendoan


Paling top ya gan? Tim mendoan klemer atau yg goreng kering nih?😁
Diubah oleh Indriaandrian
0 0
0
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
08-11-2019 22:35
jujur ane lebih milih mendoan dibanding tempe goreng yg kering banget wkwkk
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
Lapor Hansip
12-11-2019 11:11
Balasan post Indriaandrian
bener, harus dimakan pas panas malaah. kalo dingin udah gaenakkk
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
12-11-2019 11:33
Quote:Original Posted By p.newman ►
jujur ane lebih milih mendoan dibanding tempe goreng yg kering banget wkwkk


Berarti tim mendoan klemer yaa, kalo ngga anget kurang mantap

Quote:Original Posted By hasya429 ►
bener, harus dimakan pas panas malaah. kalo dingin udah gaenakkk


Rada gimana kalo udah dingin y? Eh tapi pake sambal kecap lumayan biar dingin juga
0 0
0
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
14-11-2019 05:54
enak-enak tuh, hari Minggu InsyaAllah mau ke Purwokerto
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
16-11-2019 19:33
Pernah beli getuk goreng, gk begitu suka soalnya terlalu manis.
Klo gorengan mending yg rasanya gurih ajah
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
17-11-2019 22:20
1 pun belum pernah coba, tapi pengen
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
18-11-2019 07:56
"MENDOAN" favorit ane nih, gan. Dimakan pas hangat, jos :-D

Jasa penulis artikel profesional 4 ribuan/artikel (Tema Food & Travel - SEO) :
- waroengartikel.com
- 085377732064 (wa - fast respon)
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
18-11-2019 10:48

Dokter Spesialis Bedah Tangerang

awas, kebanyak makan gorengan bisa mengakibatkan kolesterol. lebih lanjut hubungi dokter spesialis batu empedu.
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
18-11-2019 10:51
Quote:Original Posted By trifatoyah ►
enak-enak tuh, hari Minggu InsyaAllah mau ke Purwokerto


Asyik nih yang kemarin piknik, sayang jauh dari tempat ane

Quote:Original Posted By RompiParkir ►
Pernah beli getuk goreng, gk begitu suka soalnya terlalu manis.
Klo gorengan mending yg rasanya gurih ajah


Kalo gorengan gurih mah, semua pasti suka ya😅

Quote:Original Posted By naftalena007 ►
1 pun belum pernah coba, tapi pengen


Coba donkk, gorengan bikin ketagihan lho 😆

Quote:Original Posted By waroengartikel ►
"MENDOAN" favorit ane nih, gan. Dimakan pas hangat, jos :-D

Jasa penulis artikel profesional 4 ribuan/artikel (Tema Food & Travel - SEO) :
- waroengartikel.com
- 085377732064 (wa - fast respon)


Siippp

Quote:Original Posted By asryayi ►
awas, kebanyak makan gorengan bisa mengakibatkan kolesterol. lebih lanjut hubungi dokter spesialis batu empedu.


Betul banget, harus sesuai porsi
0 0
0
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
18-11-2019 11:44
nggak beli oleh2 padahal pengen beli getuk tapi waktu pulang hujan lebat
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
18-11-2019 17:07
nomor satu enak kayanya ya kakak
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
18-11-2019 20:05
aduh mendoan cocol sambel kecap bikin ngiler tuhh hiks2 mau dong
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
18-11-2019 21:18
tempe mendoan adalah idola seluruh umat indonesia.... gx hanya di purwokerto saja....... ane pun malem malem jadi ngiler bingiitsss liat mendoan hahahaha
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
18-11-2019 22:39
kalo ke purwekerto harus kesini nihh makan makanan inii
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
18-11-2019 22:40
makasih gan infonyaa, bermanfaat bangett nih buat anee
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
19-11-2019 02:31
Tomplo, dage, penjorangan, kampel, ane belum pernah nyoba
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
19-11-2019 08:20
cuma mendoan sama getuk goreng yang pernah ane coba emoticon-Mewek
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia