News
Batal
KATEGORI
link has been copied
231
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dcba326e83c7233df0dd2f3/sejumlah-warga-hentikan-paksa-ritual-upacara-keagamaan-di-bantul
Keberagamaan di Kabupaten Bantul kembali terkoyak. Kali ini upacara Odalan atau peringatan Maha Lingga Padma Buana di Dusun Mangir Lor Kecamatan pajangan Kabupaten Bantul terpaksa dihentikan.
Lapor Hansip
13-11-2019 13:31

Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul

Past Hot Thread
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
Upacara Odalan atau peringatan Maha Lingga Padma Buana di Dusun Mangir Lor Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul terpaksa dihentikan, Selasa (12/11/2019). [Dok. umat]

Suara.com - Keberagamaan di Kabupaten Bantul kembali terkoyak. Kali ini upacara Odalan atau peringatan Maha Lingga Padma Buana di Dusun Mangir Lor Kecamatan pajangan Kabupaten Bantul terpaksa dihentikan, Selasa (12/11/2019).

Penghentian tersebut karena adanya desakan dari sejumlah warga sekitar pelaksanaan upacara tersebut.

Salah seorang umat yang mengikuti upacara Odalan Setiaji membenarkan peristiwa tersebut ketika dikonfirmasi. Upacara keagamaan Hindu dan Budha tersebut sebenarnya dilaksanakan tanpa pengeras suara. Bahkan, sebelumnya umat yang hendak melaksanakan kegiatan tersebut juga telah melakukan sosialisasi kepada warga sekitar terkait upacara hari Selasa (12/11/2019).

"Tetapi warga tetap saja melakukan penolakan terhadap kegiatan kami,"ujarnya.

Setiaji menuturkan upaya penolakan yang dilakukan oleh warga sebenarnya sudah terlihat sehari sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut. Bahkan, petugas dari Polsek Pajangan telah berusaha melakukan mediasi dengan mempertemukan antara warga dan juga umat yang akan melaksanakan kegiatan upacara tersebut.

Setiadji mengatakan mediasi dilaksanakan oleh polisi pada Senin (11/11/2019) malam. Hasilnya, warga menolak karena kegiatan tersebut dilaksanakan di rumah dan tidak izin, hanya melakukan pemberitahuan ke tetangga dan polsek.

Dia juga membantah hal tersebut, karena sebelum dilakukan acara mereka telah melakukan diskusi dengan warga sekitar. Bahkan sebagai bentuk persetujuan, ada warga yang menyediakan halaman rumahnya untuk parkir dan menyediakan toilet tamu untuk peserta upacara dari luar kota.

"Acara ini sendiri dibatalkan untuk menghindari perselisihan lebih besar,"lanjutnya.

Aparat kepolisian dari Polsek Pajangan juga meminta kepada umat yang melaksanakan kegiatan tersebut untuk menghentikannya. Alasannya, untuk melakukan kegiatan seperti itu perizinan diperlukan hingga tingkat provinsi. Padahal petinggi mereka, Ida Begawan Manuaba telah tiba di lokasi kegiatan.

Warga yang sebelumnya telah sepakat dan menyetujui digelarnya acara tersebut tidak bisa berbuat banyak lantaran aparat kepolisian yang hadir di lokasi kegiatan. Kendati begitu, warga bersiaga ketika akan terjadi perusakan rumah lokasi kegiatan maka mereka akan memanggil warga yang lain.

sumber : https://jogja.suara.com/read/2019/11...m_medium=share

Komen TS ; Pelu diselidiki lebih jauh, siapa yang dimaksud dengan "warga"
Diubah oleh azhuramasda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 10
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 20:48
hehe bhineka tunggal ika
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 21:00
Paling-paling orang paranoid nih yang merasa "terusik" emoticon-Mad
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 21:00
Quote:Original Posted By vasilizaitsev
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul

Aparat kepolisian dari Polsek Pajangan juga meminta kepada umat yang melaksanakan kegiatan tersebut untuk menghentikannya. Alasannya, [B]untuk melakukan kegiatan seperti itu perizinan diperlukan hingga tingkat provinsi[/B]. Padahal petinggi mereka, Ida Begawan Manuaba telah tiba di lokasi kegiatan.


benarkah demikian ?

Quote:Original Posted By vasilizaitsev

Warga yang sebelumnya telah sepakat dan menyetujui digelarnya acara tersebut tidak bisa berbuat banyak lantaran aparat kepolisian yang hadir di lokasi kegiatan.



maksudnya warga takut sama aparat kepolisian ?

Quote:Original Posted By vasilizaitsev

Kendati begitu, warga bersiaga ketika akan terjadi perusakan rumah lokasi kegiatan maka mereka akan memanggil warga yang lain.


maksudnya warga siap melidungi pihak yang melakukan ritual agama kalau diserang ?
Diubah oleh kecapbasi
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 21:02
sepertinya warga yg dimaksud itu adalah warga yang menyukai bau bau pertikaian daripada aroma lezat rasa toleransi hehehee

btw ini opini ku sih
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 21:05
toleransi yg semakin menjadi intoleransi
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 21:14
cuma bisa miris
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 21:20
moga bukan umat 212
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 21:26
uhuy asik
kalo beginian sih gak ada beritanya di media2
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 21:42
Quote:Original Posted By rhea77

keagamaan apa kemusrikan mblo?


BANGSAD BROTHERHOOD
emoticon-Angel


Upacara keagamaannya sendiri dilakukan sendiri kok dibilang musrik.
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 21:55
lho ngeselin banget,jelas warga bahkan sudah nyediain halaman dan toilet rumahnya lho buat di pake,bahkan sudah sosialisasi ke warga situ.
nah hayo ini warga yang mana nih tiba tiba nyari ribut begini
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 21:58
Quote:Original Posted By codot.1
GIF


Gw suka....
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 21:58
bajingan orang2 yg membubarkan ini...kalian bikin susah kami warga muslim yg menjadi minoritas di daerah lain....faakk
Diubah oleh brokenroad
profile-picture
tiobiennyo memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 22:03
Sangat disayangkan masih ada tindakan intoleran seperti ini 🤔🤔
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 22:10
beginian mah hari2 aja di +62 emoticon-Traveller
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 22:13
Daerah istimewa? Kok sama kaya yg diujung tak?
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 22:14
Quote:Original Posted By chef.dayat
kata temen gue orang jogja, disana udah semakin intoleran.
jangankan ibadah umat lain, orang pengajian saja didatangi, ditanya-tanya ini pengajian apa?!!


Baguss dong kalo gitu, sekarang kan banyak pengajian sesat, tempat tempat pengajian radikal.
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 22:20


Quote:Original Posted By chef.dayat
kata temen gue orang jogja, disana udah semakin intoleran.
jangankan ibadah umat lain, orang pengajian saja didatangi, ditanya-tanya ini pengajian apa?!!

Wah separah itu gan? Kalo udah sampe melarang beribadah udah kelewatan sih.. Toh juga mereka ga yang mengajak mengajak dan ga aneh aneh
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 22:21


Quote:Original Posted By sikurus97
lho ngeselin banget,jelas warga bahkan sudah nyediain halaman dan toilet rumahnya lho buat di pake,bahkan sudah sosialisasi ke warga situ.
nah hayo ini warga yang mana nih tiba tiba nyari ribut begini

Dan seenggaknya kalo mereka beribadah ga yang ngajak ngajak warga lain sampe mengganggu gitu harusnya ya gapapa kan
profile-picture
sikurus97 memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 22:22


Quote:Original Posted By GadingPutih
jawa yg semakin kehilangan jawanya.
menyedihkan gans

Bener banget sih.. Wong jawa ora njawani, sekarang nih orang kalo ga toleransi sampe melarang melarang agama lain beribadah
0 0
0
Sejumlah Warga Hentikan Paksa Ritual Upacara Keagamaan di Bantul
13-11-2019 22:23


Quote:Original Posted By tukangkomen19
Ya ampuuun, masih ada aja kasus-kasus seperti ini, seharusnya kita hidup berdampingan apapun agamanya sukunya rasnya

Ya seperti yang diajarkan guru guru kita waktu kecil ane inget banget, kalau dengan orang agama/suku lain ga perlu mengikutinya tapi tetap menghargai...
Bukan seperti ini
0 0
0
Halaman 7 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia