DanyMartadinataAvatar border
TS
DanyMartadinata
Genus Nicotiana asal Temanggung


Siapa yang tidak tahu dengan Genus Nicotianaalias Tembakau ini, salah satu jenis tanaman INSPIRINGPRODUCT yang diproduksi untuk dikonsumsi tapi bukan untuk dimakan tetapi untuk di sebagai pengisi waktu luang, yaitu sebagai bahan baku rokok dan cerutu.



Tembakau adalah produk yang sangat sensitif terhadap cara budidaya, lokasi tanam, musim/cuaca, dan cara pengolahan. Produk tembakau sangat khas untuk suatu daerah tertentu dan kultivar tertentu. Akibatnya, macam macam produk tembakau biasanya dinamai sesuai lokasi tanam.



Di Indonesia, macam-macam tembakau komersial yang baik hanya dihasilkan di daerah-daerah tertentu. Kualitas tembakau sangat ditentukan oleh kultivar, lokasi penanaman, waktu tanam, dan cara pengolahan pasca panen. Akibatnya, hanya beberapa tempat yang memiliki kesesuaian dengan kualitas tembakau terbaik, salah satunya Daerah Temanggung yang tembakaunya dinamakan Tembakau Srinthil.

Tembakau Srinthil adalah jenis tembakau berkualitas paling tinggi yang tumbuh didaerah lereng gunung sindoro dan  gunung sumbing Kabupaten Temanggung. Memang tidak semua lahan pertanian tembakau di Temanggung muncul jenis tembakau srinthil ini.



Harga srinthil sangat ditentukan dari kualitas daun tembakaunya. Semakin banyak kadar nikotinnya, maka semakin mahal harganya. Secara sederhana tembakau jenis srinthil dapat dilihat saat disimpan, ia akan mengeluarkan bau menyengat seperti busuk warna kuning, diakibatkan kadar nikotinnya yang begitu banyak. Kalau dijemur memerlukan waktu 4-5 hari baru bisa kering. Beda dengan tembakau lain yang ada didaerah Temanggung lainnya yang hanya memerlukan 1-3 hari saja.

Keberadaan tembakau srinthil tidak terlepas dari cerita yang melegenda di kalangan masyarakat Temanggung. Sebagian masyarakat masih meyakini bahwa tanaman tembakau daunnya bisa menghasilkan srinthil karena sebelum masa panen tiba, di atas lahan pertaniannya dilalui jalur sinar yang diyakini dari langit ( Tuhan ).

Quote:


Kalau dilihat berdasarkan letak geografis gunung sumbing adalah wilayah yang terkena sinar matahari pertama kali di Temanggung saat pagi hari. Hal ini bisa sebagai salah satu penguat kemunculan tembakau srinthil, selain jenis varietas yang ditanam dan kearifan lokal. Karena dari beberapa lahan pertanian tembakau lainnya yang menghasilkan srinthiladalah termasuk wilayah Temanggung yang terkena sinar matahari tergolong pertama kali di pagi hari. Tentunya asumsi ini perlu pembuktian lebih lanjut.

Faktanya, sampai saat ini tembakau kualitas terbaik dan termahal di dunia adalah tembakau srinthil, dan hanya ada di Indonesia. Hal itu bisa dibuktikan dengan cara tidak akan bisa negara lain yang menghasilkan kualitas tembakau menyerupai tembakau srinthil ini.

Tujuan saya mengikuti event MLDSPOTKONTENHUNT yang bekerja sama dengan KASKUSMLDSPOT adalah karena banyaknya pengguna rokok di Indonesia sendiri. Hampir lebih dari setengah penduduk Indonesia merokok, maka agar lebih bermanfaat kalau mereka mengetahui kualitas jenis dari tembakau yang mereka gunakan agar kegiatan merokok mereka lebih terasa mantap.
Terimakasih.




Penulis : DanyMartadinata
Referensi : disini

nyonyo2
onenkyess
sebelahblog
sebelahblog dan 31 lainnya memberi reputasi
32
10.1K
230
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.