tipsbagus31Avatar border
TS
tipsbagus31
Mengapa Bangsa Kita Gemar Mengkafirkan Kapitalisme?
Sederhananya, karena buta akan sejarah saja.

Banyak lapisan masyarakat Indonesia yang menganggap kapitalisme adalah ideologi yang jahat, kejam, dan sudah irelevan dengan perkembangan zaman. Mulai dari teriakan saat berunjuk rasa, tulisan cerdas yang dimuat di jejaring sosial, dan gerakan yang bertujuan membela rakyat kecil semua kritik keras diarahkan kepada kapitalisme.



Gambaran yang diberikan kepada kapitalisme adalah elit yang rakus, yang suka ketidak-adilan, yang tidak memikirkan masyarakat, yang membenci lingkungan, kumpulan orang yang siap menghisap waktu dan tenaga anda untuk keuntungan pribadinya. Benarkah seperti itu?

Kapitalisme sejatinya adalah ideologi yang berasaskan kepemilikan pribadi. Dalam pelaksanaannya, alat produksi yang digunakan adalah milik pribadi. Entah kamu seorang petani yang memiliki cangkul dan sepetak lahan, atau seorang blogger yang memiliki akun adsense dan handphone, atau Mitra Quora yang memiliki ribuan pertanyaan, ataupun seorang multi-milyuner yang memiliki puluhan pabrik, kamu adalah seorang kapitalis. Banyak yang beranggapan kapitalisme diciptakan oleh Adam Smith, seorang tokoh yang hidup pada awal revolusi Industri. Padahal, sejatinya kapitalisme telah ada jauh lebih tua dari itu, mungkin beriringan dengan munculnya kesukuan pertama (tribal chieftain) dalam sejarah manusia. Misalnya orang zaman dulu menggunakan sistem barter untuk bertransaksi.

Quote:


Perdagangan ialah kunci dari pertumbuhan peradaban manusia. Surplus produksi di satu wilayah, akan tersebar dengan rata kepada wilayah lain dengan adanya perdagangan. Transaksi dalam kapitalisme sejak awal dan hingga kapanpun tidak pernah bisa dipaksakan. Transaksi ini berdasarkan kerelaan untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan, menukarkannya dengan properti atau keahlian pribadi yang dianggap bernilai setara. Untuk memudahkan penilaian, akhirnya manusia menciptakan alat tukar berupa uang. Ini perlu diingat karena sampai detik ini masih banyak yang gagal paham soal uang dan menganggapnya sebagai alat opresif penguasa terhadap rakyat.

Quote:


Benar kita pernah dijajah oleh kapitalisme kroni semacam VoC, namun disisi lain bangsa ini sejak jaman kerajaan dahulu besar dari perdagangan, kapitalisme. Pergerakan besar dalam kemerdekaan kita juga lahir dari rahim kapitalisme. Ingat Syarikat Dagang Islam, apakah mereka bukan kapitalis? Tentu beberapa tokoh disana menghujat kapitalisme. Namun ada kesalah-pahaman besar karena narasi yang masuk ke Indonesia pada jaman itu banyak yang menggunakan narasi Marxian, karena pelajar Indonesia yang belajar di Eropa pada jaman itu dekat dengan ideologi dan dosen Marxist yang ada disana. Pedagang adalah kapitalis, dan proses perdagangan adalah roda dari sistem kapitalisme.

Bagaimana kita bisa berdagang kalau kita tidak kenal dengan konsep kepemilikan? Absurd.

Quote:


Sibuk menghujat kapitalisme, namun lupa bahwa bagian yang terbaik dari negara kita sejak jaman Baros tertulis di buku sejarah bangsa Mesir adalah kapitalisme, perdagangan berdasarkan kepemilikan masing-masing. Kesalah-pahaman ini mengakar secara sistematis dan terstruktur selama puluhan tahun di Indonesia. Tidak ada negara di dunia yang pernah menjalankan sistem selain kapitalisme. Uni Soviet dan Komunisme mereka? Salah.

Mereka adalah state-capitalist, penguasaan properti dan alat produksi yang dikuasai oleh pemerintah. Begitupun negara lain dan tokoh lain yang membawa ideologi lain. Lagipula komunis adalah sebuah end-game, cita-cita dari seorang Karl Marx bahwa dunia akan lebih baik kalau semua manusia akan lebih baik kalau tidak mengenal properti pribadi dan secara sadar menjadi martyr-volunteer memberikan propertinya buat kemajuan umat.

Apakah ini akan berhasil? Saya menyebutnya ini sebuah utopia yang tidak akan pernah terwujud karena untuk mencapai kesana, kita harus merelakan ego manusia. Padahal ego adalah sebuah faktor penting dan krusial untuk menunjang perkembangan dan penemuan besar dalam sejarah peradaban manusia.

Quote:


Siapa yang menemukan bola lampu? Thomas Alfa Edison, seorang kapitalis.



Siapa yang menemukan pesawat terbang? Wright bersaudara, seorang kapitalis.



Siapa yang menemukan ide mensejahterakan buruh? Henry Ford, seorang kapitalis.



Komputer? Handphone? Internet? Ojek Online? Dan semua benda yang kita pakai untuk berdaya guna dalam hidup ini adalah karya dari seorang yang mengenal kepemilikan pribadi. Mereka berniat untuk menyumbang pikir serta usaha untuk mempermudah hajat hidup bagi orang banyak dan dirinya agar lebih baik.

Quote:


Jika pelaku kapitalisme melakukan kerusakan terhadap kehidupan manusia, maka akan dengan cepat terganti oleh pelaku kapitalisme yang lain. Tidak ada orang yang sanggup bertahan menjadi orang kaya tanpa usaha dan memikirkan produknya agar diterima masyarakat.

Buktinya? Dalam 100 tahun terakhir, tidak ada satupun orang yang sanggup “duduk” terus menerus dalam daftar 20 orang terkaya dunia, bahkan Rotschild yang gemar digaungkan oleh para penggemar teori konspirasi pun tidak. Siapapun bisa menjadi kaya bila mempunyai produk yang bisa berguna dan terbukti diinginkan oleh peradaban manusia. Di situlah nilai luhur dari kapitalisme berdiri.

Jadi, apakah kita akan terus menulis kritik tentang kapitalisme dengan bahasa yang tinggi penuh jargon tanpa makna, berteriak dan menghujat serta melakukan kekerasan tanpa dasar yang jelas, atau secara sadar menerima kapitalisme?

Yang dengan begitu, kita lalu dapat menyumbang karya dan produk yang berguna bagi masyarakat dan menjadi seseorang yang makmur serta terpandang dalam berkehidupan?


Sumber referensi :
State capitalism - Wikipedia

Nikola Tesla Wasn't God And Thomas Edison Wasn't The Devil

Wright Bersaudara - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Henry Ford - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

https://kognisi.com/kapitalisme-ideo...daban-manusia/
ulermaboq
corobikang
sebelahblog
sebelahblog dan 20 lainnya memberi reputasi
19
11.7K
211
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.