jpnn.com
TS
jpnn.com
Wamenag Zainut Tauhid: Hentikan Perdebatan soal Ucapan Salam

Selasa, 12 November 2019

Wamenag Zainut Tauhid meminta perdebatan soal ucapan salam dihentikan. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.comJAKARTA - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi meminta semua pihak menghentikan perdebatan masalah ucapan salam.

Zainut khawatir jika isu ini terus diperdebatkan, bisa menimbulkan kesalahpahaman dan mengganggu harmoni kehidupan umat beragama.


"Kami menghargai adanya berbagai pandangan dan pendapat baik yang melarang maupun yang membolehkan, semua itu masih dalam koridor dan batas perbedaan yang dapat ditoleransi," kata Zainut dalam pesan elektroniknya, Selasa (12/11).


Baca Juga:




Semua pihak hendaknya membangun pemahaman yang positif (husnut tafahum ), mengembangkan semangat toleransi ( tasammuh) dan merajut tali persaudaraan (ukhuwah) baik persaudaraan Islam (ukhuwah Islamiyyah ) , persaudaraan kebangsaan (wathaniyyah) maupun persaudaraan kemanusiaan (basyariyyah).


Dia juga mengimbau agar para pemimpin umat beragama baik internal maupun antarumat beragama melakukan dialog untuk membahas dan mendiskusikan masalah tersebut dengan cara kekeluargaan sehingga masing-masing pihak dapat memahami permasalahannya secara benar.


Spirit kerukunan umat beragama harus diwujudkan melalui sikap dan perilaku keberagamaan yang santun, rukun, toleran, saling menghormati, dan menerima perbedaan keyakinan kita masing-masing.


Baca Juga:




Sebelumnya, MUI Jawa Timur mengimbau umat Islam dan para pemangku kebijakan atau pejabat untuk menghindari pengucapan salam dari agama lain saat membuka acara resmi. Imbauan tersebut termaktub dalam surat edaran bernomor 110/MUI/JTM/2019 yang ditandatangani oleh Ketua MUI Jatim KH Abdusshomad Buchori dan Sekretaris Umum Ainul Yaqin.


Dalam surat itu, MUI Jatim menyatakan bahwa mengucapkan salam semua agama merupakan sesuatu yang bidah, mengandung nilai syuhbat, dan patut dihindari oleh umat Islam.


“Mengucapkan salam pembuka dari semua agama yang dilakukan oleh umat Islam adalah perbuatan baru yang merupakan bidah, yang tidak pernah ada di masa lalu. Minimal mengandung nilai syubhat, yang patut dihindari," demikian penggalan bunyi surat tersebut. (esy/jpnn) 




BERITA TERKAIT














sebelahblog4iinch
4iinch dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.4K
25
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.