sobatf
TS
sobatf
Tarif Gila Sopir Angkot Nakal di Kota Balikpapan

Image : tribunnews.com

Balikpapan, November 2019. Kejadian tidak mengenakkan kali ini udah 2 kali ane alami. Kita semua tau bahwa angkot (angkutan umum) merupakan alat transportasi yang sangat murah. Namun, pernahkah kalian membayar angkot dengan harga yang mencekik leher?

Peristiwa pertama bermula ketika ane berkunjung ke kota "beriman" tersebut (begitu julukan kota Balikpapan) untuk mengunjungi sanak saudara yang sedang sakit. Waktu itu om ane sedang menjalani transfusi darah. Berhubung stok darah di RSUD Balikpapan habis, ane terpaksa nyari darah ke PMI di kota Balikpapan. Kebetulan siang itu cuaca kurang bersahabat, hujan deras mengguyur kota yang terkenal bersih itu. Ane sendiri ditemani sepupu ane untuk pergi mengambil kantong darah yang memang sangat dibutuhkan banget ama om ane. Disitulah ane memutuskan untuk naik angkot karena ane pergi ke balikpapan tidak menggunakan kendaraan.

Setibanya diluar gerbang rumah sakit, ane langsung masuk ke angkot berwarna kuning-putih. Disitu ane ditanya:

Quote:

Tanpa fikir panjang, si sopir angkot itu langsung tancap gas.

Dalam perjalanan, ane dibuat kesel ama nih sopir angkot. Sewaktu naik tadi si sopir menawarkan jasa carter, yang artinya siap mengantar kita langsung ketempat tujuan dengan cepat. Namun, si sopir ini malah sering berhenti untuk mengangkut penumpang lain. Dalam hati ane berkata :

Quote:


Ane coba njelasin ama si sopir angkot tentang perkataannya yang menawarkan jasa carter kepada ane. Namun jawaban si sopir sungguh mengecewakan. Dia hanya mengatakan "Iya... Iya... Bang"namun masih tetap berhenti untuk mengangkut penumpang lain.

Image : tribunnews.com


Setelah selesai mengantar ke PMI yang jaraknya kurang lebih 20 KM dari RSUD, kemudian kembali lagi ke RSUD si sopir meminta kami membayar Rp. 200.000,- untuk biaya carter.
Untuk biaya segitu, jelas mahal sekali mengingat pelayanan dari sopir angkot yang sangat tidak profesional.

Tidak hanya sekali ane mengalami hal serupa di Balikpapan - Kalimantan Timur. Peristiwa kedua ini ane alami saat ane ingin berkunjung ke toko Komputer untuk membeli sebuah peralatan printer.

Awal mula, ane ingin langsung pergi ke toko komputer tersebut. Namun, karena ane gak tau jalan, ane mutusin untuk mampir ke tempat temen ane yang pada saat itu bekerja di sebuah Rumah sakit di Balikpapan.
Seperti biasa sopir angkot menanyakan tujuan kita kemana, kemudian ane diantar ke tempat tujuan. Yang ane heran, penumpang disebelah ane turun gak jauh dari tempat tujuan ane. Kira² hanya berbeda 2 kilometer. Si penumpang tadi membayar angkot sebesar Rp. 15.000,-. Melihat hal itu, setibanya ditempat tujuab, ane langsung tanya "berapa bang? "
Si sopir itu pun menjawab dengan enteng "Kasih Rp. 75.000,- aja?
"whaaattt????? "ane kaget dan langsung tanya, "Kenapa mahal sekali bang? Penumpang yang tadi cuma bayar Rp. 15.000,-??
Si sopir menjawab "Iya mas, kedaerah ini gak ada angkot masuk"
Padahal banyak angkot seliweran didaerah itu.

Itulah tadi pengalaman ane menggunakan jasa transportasi angkot di kota Balikpapan yang kurang mengenakkan.

Menurut ane, sopir yang seperti itu justru membuat seret penghasilannya sendiri. Bayangkan saja, jika sopir angkot di Balikpapan melakukan hal tersebut berulang-ulang, apakah penumpang tidak merasa kapok atau trauma menggunakan jasa angkutan umum?? Itu bisa mengakibatkan penumpang lebih memilih transportasi lain yang lebih murah seperti Taksi Online, Grab dan lainnya yang memberi pelayanan lebih baik, nyaman dan juga lebih murah.

Ane sendiri, setelah mengalami hal tersebut.. Lebih memilih memesan taksi online yang memberikan pelayanan baik dan profesional.

Disini ane tidak mempromosikan taksi online, grab atau yang lainnya. Hanya berbagi pengalaman jika pembaca sewaktu-waktu nyasar ke kota ini jangan kaget dengan sopir-sopir angkot yang "nakal" meskipun tidak semua dari sopir angkot yang seperti itu.

Semoga bermanfaat dan semoga dinas perhubungan kota Balikpapan lebih memperhatikan pelayanan dari jasa angkutan umum yang ditawarkan serta memberikan pelajaran bagi kita semua.
anasabila4iinchsebelahblog
sebelahblog dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.6K
25
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.