Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
212
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc60429af7e9305753651a0/pernah-dijajah-oleh-6-negara-inilah-dampak-dalam-serapan-kosakata-bahasa-indonesia
Imperialisme dan kolonialisme pernah dirasakan oleh rakyat indonesia selama kurun waktu 350 tahun. Tetapi lebih jauh dari itu Indonesia pernah dijajah oleh 6 bangsa yang jika di total waktu kolonialisme maka rakyat Indonesia harus bersabar mengusir penjajah selama 436 tahun! dihitung semenjak bangsa Portugis pertama kali datang yakni tahun 1509.
Lapor Hansip
09-11-2019 07:11

Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia

Past Hot Thread
Imperialisme dan kolonialisme pernah dirasakan oleh rakyat indonesia selama kurun waktu 350 tahun. Tetapi lebih jauh dari itu Indonesia pernah dijajah oleh 6 bangsa yang jika di total waktu kolonialisme maka rakyat Indonesia harus bersabar mengusir penjajah selama 436 tahun! dihitung semenjak bangsa Portugis pertama kali datang yakni tahun 1509.

Bangsa kita tercinta telah melewati fase penjajahan yang sangat berat, sedikitnya ada 6 bangsa yang menginjakkan kaki guna menjajah sumber daya manusia dan alam di bumi pertiwi. Di awali oleh Portugis 1509-1595 yang dipimpin oleh Alfonso de Albuquerque, Spanyol 1521-1692, Belanda 1602-1942, Perancis 1806-1811, Inggris 1811-1816, Jepang 1942-1945.

6 bangsa tersebut datang menjajah dengan alur:

1. Alfonso de Albuquerque menjelajah dengan maksud awal mencari rempah-rempah dan di sambut hangat oleh raja dan rakyat Maluku, hingga Portugis melanggar aturan yang disepakati dan mulai memonopoli dengan cara tidak sehat, kemudian Belanda datang ke Nusantara dan berhasil mengalahkan Portugis.

2. Pada saat Portugis masih menjajah Nusantara (Maluku), Spanyol pun juga tertarik atas rempah-rempah Nusantara. Meski berada di wilayah jalur perdagangan yang berbeda tetapi konflik timbul di antara Portugis dan Spanyol terjadi bahkan berkepanjangan. 1529 perjanjian dibuat dan memutusan Spanyol harus meninggalkan Maluku dan melakukan perdagangan di Filipina

3. Kekalahan Portugis oleh Belanda sukses membuatnya menetap dan mulai mendirikan kongsi dagangnya yang bernama VOC (Verenigde Oostindische Compagnie). Kolonialisme Belanda terus berlanjut hingga Nusantara diberikan kepemimpinannya kepada kerajaan Belanda

4.Pada masa krisis VOC, di Negeri Belanda ia berhasil dikalahkan oleh Perancis. Negara jajahan Belanda jatuh ke tangan Perancis termasuk Nusantara. 1808 raja Louis Napoleon mengirimkan William Deandles untuk menjadi gubernur Jenderal di Indonesia. 18 September 1811 Perancis kalah oleh Inggris, berdasarkan perjanjian maka seluruh Jawa jatuh ke tangan Inggris

5. Inggris mewakilkan negaranya atas Nusantara dibawa Thomas Stamford Raffles. Disaat yang bersamaan, konflik yan terjadi antara Belanda dan Inggris turut mempengaruhi kekuasaan Inggris di Nusanatara , perjanjian yang mereka buat kembali mengukukuhkan Belanda atas seluruh Nusantara. 

6. Pasukan Belanda, KNIL menyarah pada tanggal 12 Januari 1942 atas Jepang, akibatnya Tarakan menjadi kota pertama yang dikuasai Jepang, 5 Maret 1942 Batavia jatuh ke tangan Jepang. Perundingan dilakukan oleh Belanda dan Jepang, hasilnya membuat Jepang menduduki Nusantara dan menandakan Belanda harus angkat kaki. 



Dampak-dampak Kolonialisme tergambar dengan jelas saat melihat keadaan bangsa yang terjajah. Misalnya, ekonomi yang melulu selalu dipusatkan hasilnya bagi bangsa penjajah, dalam bidang pendidikan bangsa penjajah dapat mengkastakan tingkatan pelajar, atau kurikulum yang diterapkan sesuai dengan pola pada bangsa asalnya. Tetapi tidak hanya itu, dampak nyata juga bisa kita rasakan hari-hari ini, dimana serapan kosa kata kita ikut diambil dari bahasa-bahasa asing yang lama menjajah Indonesia.

Quote:
1. Serapan dari Bahasa Portugis

1. Algoz - Algojo
2. Bandeira - Bendera
3. Dado - Dadu
4. Garfo - Garpu
5. Igreja - Gereja
6. Janela - Jendela
7. Queijo - Keju
8. Almario - Lemari
9. Falso - Palsu
10. Sapato -  Sepatu

Dan masih banyak lagi emoticon-Smilie




Quote:
2. Spanyol

( Bukan kosa-kata serapan tetapi hanya kemiripan kosa-kata)

1. La Mesa -  Meja
2. La Chaqueta (Dibaca; La caketa) - Jaket
3. La- Escuela -  Sekolah
4. La Carta - Kertas
5. La fabrica - Pabrik
6. La Sopa - Sup
7. El Globo - Globe

Dan masih banyak lagi emoticon-Smilie




Quote:
3. Serapan dari bahasa Belanda

1. Voorschot - Perskot (Sering muncul di Film Benyamin dengan sebutan "Persekot")
2. Accu - Aki
3. Kaart - Kartu
4. Versnelling - Persneling
5. Harloge - Arloji
6. Vrijman - Preman
7. Kwast - Kuas
8. Ananas - Nanas
9. Nummer - Nomor
10. Gouverneur - Gubernur

Dan masih banyak lagi emoticon-Smilie




Quote:
4. Serapan dari bahasa Perancis

1. Boutique - Batik
2. Cassette - Kaset
3. Douche - Dus/kardus
4. Creme - Krim
5. Annuler - Anulir
6. Dischotheque - Diskotik
7. Fac Simile - Faksimile

8. Cognac - Koyak

9. Plaquette - Plakat

10 . Vignette - Vinyet

Dan masih banyak lagi emoticon-Smilie




Quote:
5. Serapan dari bahasa Inggris

1. Bussiness - Bisnis
2. Bomb - Bom
3. Capsule - Kapsul
4. Gossip - Gosip
5. Lipstic - Lipstik
6. Okay - Oke
7. Rumour - Rumor
8. Verandah - Berandah
9. Trend - Tren
10. Scooter - Skuter

Dan masih banyak lagi emoticon-Smilie





Quote:
6.  Serapan dari bahasa Jepang

1. Karaoke - Karoke
2. Anime
3. Manga
4. Tofu -
Tahu
5. Tsunami
6. Emoji
7. Bonsai
8. Sumo
9. Judo
10. Mochi

Dan lain sebagainya emoticon-Smilie









profile-picture
profile-picture
profile-picture
sagaramean dan 28 lainnya memberi reputasi
27
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 11
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
11-11-2019 23:48
Quote:Original Posted By jagotorpedo
dr belanda masi ada :
- stroop : sirup
- klep : katup
- klaar : kelar/selesai/siap
- de kalender : kalender

oh iya jngan lupa tulisan di tank legendaris ini...
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
...Jan Cox....emoticon-Big Grin


Awas ono Jiancuk emoticon-Hammer2 emoticon-Belgia
Diubah oleh bohlamputus12
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
12-11-2019 00:13
pernah dengar jargon Bung Karno "holopis kuntul baris"..? yg bermakna "gotong royong"

asalnya dr bahasa Belanda,..
Saat kapal VOC berlabuh dan bongkar muat barang, ada barang yang tak terangkat. Si Belanda bilang "help, iets ontilbaars" (tolong, ada barang yg tidak terangkat). Di situlah pekerja yg orang pribumi bersama-sama membawa barang tsb.

Dan lidah kita yg bikin plesetan kata tsb dgn "holopis kuntul baris" yg maknanya diangkat/dikerjakan bersama-sama alias gotong royong...cmiiw
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Gailham memberi reputasi
2 0
2
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
12-11-2019 00:15
untung gk dijajah sama arab emoticon-Leh Uga
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
12-11-2019 00:16
sebenarnya kita itu di jajah cuma 2 negara

belanda yg ga sampai 3,5 abad. karena mereka datang dengan dalih VOC (berdagang)

lalu jepang 3,5 tahun,

sisanya ya negara cuma mau berdagang sih IMHO
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
12-11-2019 00:16
yg lebih mirip sih portugis emoticon-Belo
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
12-11-2019 00:25
Quote:Original Posted By seperduaratus
Jelas sih... Gara gara kosakata asli Indonesia juga masih sedikit kali ya dan seringnya ya denger bahasa asing.. Jadi kata serapan deh


Hehehe mantap lah jadi ngerti-ngerti dikit bahasa bule emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
seperduaratus dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
12-11-2019 00:33
Quote:Original Posted By irvan84
2 - bahasa indo - dua
Bahasa Rusia - dva
0 - bahasa indo - nol
Bahasa Rusia - nol
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia

Siapa nyerap siapa ya?

emoticon-Bingungbingungemoticon-Bingung


Salah gan
Inget dalam linguistik gak bisa dipaksakan
Dua dalam bahasa Indonesia itu diturunkan dari Proto-Austronesian *duSa, lalu pas jadi Proto-Malayo-Polynesian dia berubah jadi duha.
Di bahasa Maori dia mutasi jadi rua, di bahasa Hawaii dia mutasi jadi lua. Di bahasa Jawa dia mutasi jadi loro.

Sementara yang ada di bahasa Russia itu diturunkan dari Proto-Indo-Eropa dwóh
Di bahasa Inggris (Jermanik) jadi two, di bahasa Irlandia jadi dá (baca do). Di bahasa Sanskerta jadinya itu dwi. Ane ngerti ente bingung karena kata dwi dan dua sama2 ada di Bahasa Indonesia. Dwi itu ada karena Sanskerta itu sangat memengaruhi bahasa kita. Tapi inget, mereka dari etimologi yang berbeda.

Nah kalo nol itu memang kata serapan dari bahasa Indo-Eropa entah yang lewat mana (feeling ane sih Latin via Portugis). Nol di bahasa Indonesia itu masih cognate dengan kata Null.

Jadi kesimpulannya namanya linguistik pasti ada namanya kebetulan, gak bisa dipaksakan.
Diubah oleh doombringer2211
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
12-11-2019 00:45
Terbukti orang indonesia memang ramah, terbukti 400 tahun penjajah betah dimari emoticon-Malu
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
Lapor Hansip
12-11-2019 01:27
Balasan post whyyoubannedme
kalo domba jantan tu dari kata owo
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
12-11-2019 01:35
Asimilasi bahasa
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
12-11-2019 01:39
Boutique - Batik

Batik atau Butik?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
12-11-2019 02:04
Quote:Original Posted By jimmyjun
Boutique - Batik

Batik atau Butik?


Ane menduga seperti yang ane jelaskan sebelumnya, sebuah kebetulan linguistik. Soalnya batik itu asalnya dari bahasa Jawa, bathik. Ane menduga itu asli Proto-Malayo-Polynesian.

Butik itu kalau ente telusuri etimologinya itu cuma variasi dari kata Apotek (ᾰ̓ποθήκη) yang arti aslinya itu kalo di bahasa Inggris storehouse
Diubah oleh doombringer2211
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
Lapor Hansip
12-11-2019 02:14
Balasan post doombringer2211
Quote:Original Posted By doombringer2211


Salah gan
Inget dalam linguistik gak bisa dipaksakan
Dua dalam bahasa Indonesia itu diturunkan dari Proto-Austronesian *duSa, lalu pas jadi Proto-Malayo-Polynesian dia berubah jadi duha.
Di bahasa Maori dia mutasi jadi rua, di bahasa Hawaii dia mutasi jadi lua. Di bahasa Jawa dia mutasi jadi loro.

Sementara yang ada di bahasa Russia itu diturunkan dari Proto-Indo-Eropa dwóh
Di bahasa Inggris (Jermanik) jadi two, di bahasa Irlandia jadi dá (baca do). Di bahasa Sansekerta jadinya itu dwi. Ane ngerti ente bingung karena kata dwi dan dua sama2 ada di Bahasa Indonesia. Dwi itu ada karena Sansekerta itu sangat memengaruhi bahasa kita. Tapi inget, mereka dari etimologi yang berbeda.

Nah kalo nol itu memang kata serapan dari bahasa Indo-Eropa entah yang lewat mana (feeling ane sih Latin via Portugis). Nol di bahasa Indonesia itu masih cognate dengan kata Null.

Jadi kesimpulannya namanya linguistik pasti ada namanya kebetulan, gak bisa dipaksakan.


Hehehhe oh gitu gan, abis kl di denger sama2 dwa.. Nice info gan..


profile-picture
profile-picture
profile-picture
doombringer2211 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
12-11-2019 03:30
Kata serapan bahasa Perancis yang TS cantumkan di depan gak banyak orang tau. Ane coba sodorin 3 kata yang populer:

Trotoar = Trottoir
Toilet = Toilette
Sepeda = Velocipede

Dalam bahasa Perancis tulisan 'oi' dibaca 'wa', seperti kata 'moi' bacanya 'mwa'. Makanya kita dapet kata trotoar. Yang unik justru 'toilet', karena dibaca sesuai tulisan emoticon-Big Grin

Kata 'sepeda' juga unik. Di Perancis justru disebut 'velo', dan sisa '-cipede' jadi jatah kita emoticon-Big Grin

Indahnya berbahasa emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
12-11-2019 04:33
Jepang walaupun bentar menjajah. Tp paling serem menjajahnya. Waduh nipon nipon emoticon-Mewekemoticon-Mewek

emoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wow
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
12-11-2019 04:50
Knalpot juga setau ane serapan dari kata Belanda.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
12-11-2019 04:53
Kapan ya nusantara dijajah perancis..?? Deandels mah juga org belanda....!!! Faximile emang udah ada jaman deandels.....hahahaha sotoy --- sotoy.....!!!
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
12-11-2019 05:47
jiancuk e lewat,,, awas,,,
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Halaman 6 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia