• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia

rukminiirawan
TS
rukminiirawan
Pernah Dijajah Oleh 6 Negara, Inilah Dampak Dalam Serapan Kosakata Bahasa Indonesia
Imperialisme dan kolonialisme pernah dirasakan oleh rakyat indonesia selama kurun waktu 350 tahun. Tetapi lebih jauh dari itu Indonesia pernah dijajah oleh 6 bangsa yang jika di total waktu kolonialisme maka rakyat Indonesia harus bersabar mengusir penjajah selama 436 tahun! dihitung semenjak bangsa Portugis pertama kali datang yakni tahun 1509.

Bangsa kita tercinta telah melewati fase penjajahan yang sangat berat, sedikitnya ada 6 bangsa yang menginjakkan kaki guna menjajah sumber daya manusia dan alam di bumi pertiwi. Di awali oleh Portugis 1509-1595 yang dipimpin oleh Alfonso de Albuquerque, Spanyol 1521-1692, Belanda 1602-1942, Perancis 1806-1811, Inggris 1811-1816, Jepang 1942-1945.

6 bangsa tersebut datang menjajah dengan alur:

1. Alfonso de Albuquerque menjelajah dengan maksud awal mencari rempah-rempah dan di sambut hangat oleh raja dan rakyat Maluku, hingga Portugis melanggar aturan yang disepakati dan mulai memonopoli dengan cara tidak sehat, kemudian Belanda datang ke Nusantara dan berhasil mengalahkan Portugis.

2. Pada saat Portugis masih menjajah Nusantara (Maluku), Spanyol pun juga tertarik atas rempah-rempah Nusantara. Meski berada di wilayah jalur perdagangan yang berbeda tetapi konflik timbul di antara Portugis dan Spanyol terjadi bahkan berkepanjangan. 1529 perjanjian dibuat dan memutusan Spanyol harus meninggalkan Maluku dan melakukan perdagangan di Filipina

3. Kekalahan Portugis oleh Belanda sukses membuatnya menetap dan mulai mendirikan kongsi dagangnya yang bernama VOC (Verenigde Oostindische Compagnie). Kolonialisme Belanda terus berlanjut hingga Nusantara diberikan kepemimpinannya kepada kerajaan Belanda

4.Pada masa krisis VOC, di Negeri Belanda ia berhasil dikalahkan oleh Perancis. Negara jajahan Belanda jatuh ke tangan Perancis termasuk Nusantara. 1808 raja Louis Napoleon mengirimkan William Deandles untuk menjadi gubernur Jenderal di Indonesia. 18 September 1811 Perancis kalah oleh Inggris, berdasarkan perjanjian maka seluruh Jawa jatuh ke tangan Inggris

5. Inggris mewakilkan negaranya atas Nusantara dibawa Thomas Stamford Raffles. Disaat yang bersamaan, konflik yan terjadi antara Belanda dan Inggris turut mempengaruhi kekuasaan Inggris di Nusanatara , perjanjian yang mereka buat kembali mengukukuhkan Belanda atas seluruh Nusantara. 

6. Pasukan Belanda, KNIL menyarah pada tanggal 12 Januari 1942 atas Jepang, akibatnya Tarakan menjadi kota pertama yang dikuasai Jepang, 5 Maret 1942 Batavia jatuh ke tangan Jepang. Perundingan dilakukan oleh Belanda dan Jepang, hasilnya membuat Jepang menduduki Nusantara dan menandakan Belanda harus angkat kaki. 



Dampak-dampak Kolonialisme tergambar dengan jelas saat melihat keadaan bangsa yang terjajah. Misalnya, ekonomi yang melulu selalu dipusatkan hasilnya bagi bangsa penjajah, dalam bidang pendidikan bangsa penjajah dapat mengkastakan tingkatan pelajar, atau kurikulum yang diterapkan sesuai dengan pola pada bangsa asalnya. Tetapi tidak hanya itu, dampak nyata juga bisa kita rasakan hari-hari ini, dimana serapan kosa kata kita ikut diambil dari bahasa-bahasa asing yang lama menjajah Indonesia.

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



Quote:






Spoiler for Sumber:

anasabilasebelahblog4iinch
4iinch dan 31 lainnya memberi reputasi
30
18.4K
229
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.