Vieee111Avatar border
TS
Vieee111
Hati-hati! Buah-buahan Ini Beracun jika Dikonsumsi dengan Cara yang Salah


Assalamualaikum, GanSis.


Jumpa lagi di thread saya yang receh tapi apalah-apalah.

Yosh!
Kali ini saya akan mengajak GanSis sekalian mengenal lebih jauh tentang buah-buahan. Selain mengandung banyak vitamin yang berguna bagi tubuh, ternyata buah-buahan yang sering kita konsumsi juga bisa mengandung racun, lo!

Apa saja, sih, buah-buahan yang bisa mengandung racun jika kita konsumsi dengan cara yang salah?

1. Cabai



Siapa coba yang belum pernah makan cabai? Buah yang sering dijadikan sambal ini mengandung vitamin C lebih banyak dari buah jeruk. Bahkan satu buah cabai rawit mengandung vitamin C lebih banyak dibanding satu buah jeruk. Jenis cabai yang paling banyak mengandung vitamin C adalah cabai hijau.

Selain vitamin C cabai juga tinggi akan mineral, khususnya kalsium dan fosfor. Pada banyak penelitian dikatakan bahwa kandungan kalsium dan fosfor pada cabai ternyata jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan kalsium dan fosfor pada ikan segar. emoticon-2 Jempol

Namun, tahukah GanSis?
Cabai juga mengandung bahan kimia yang disebut capsaicin. Capsaicininilah yang bikin cabai itu menjadi pedas.  Kimia ini sangalah keras dimana bisa digunakan untuk menghilangkan cat, bahkan digunakan sebagai pepper spray yang bisa membutakan mata. Bila capsaicin ini dikonsumsi dalam jumlah tertentu, maka akan menyebabkan kanker lambung, atau bahkan kematian.

2. Nanas



Buah dengan rasa manis asam satu ini paling enak jika dijadikan jus atau rujak. Selain rasa manis asamnya yang khas, nanas juga kaya akan vitamin dan mineral, serta baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Namun, tahukah GanSis?
Buah nanas ternyata memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, sehingga buah nanas adalah buah yang sebaiknya dihindari oleh pengidap penyakit diabetes.

Tidak hanya kadar gula tinggi saat buah nanas masak, namun buah nanas muda juga mengandung enzim bromelin yang dapat menyebabkan keguguran terhadap janin.

Jadi, GanSis, hati-hati jika ingin mengonsumsi nanas, ya. Pastikan nanas itu sudah benar-benar matang, dan konsumsi secukupnya saja. 😊

3. Apel



Siapa yang suka makan apel?
(Angkat tangan sendiri)
Buah yang sering dijadikan pengganti sarapan ini dikenal bisa menyehatkan jantung. Selain itu, apel juga mengandung banyak vitamin A dan C yang baik untuk kulit dan mata. Bahkan kabarnya, buah apel bisa membantu menurunkan berat badan, lo.

Namun, tahukah GanSis?
Jika biji buah apel itu mengandung sianida? Biji-biji apel jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan kematian.
Jadi, jika mengonsumsi apel, jangan lupa buang bijinya, ya. 😊

4. Durian



GanSis penggemar durian?
Selain mengandung Antioksidan yang dikenal sebagai zat pelindung tubuh dari bahaya radikal bebas penyebab penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung, durian juga mengandung serat, kalium dan karbohidrat yang tinggi. 

Namun, ternyata durian juga mengandung alkohol, lo, GanSis. Selain alkohol, buah durian juga mengandung senyawa lain, yaitu asam arachidonat yang mana baik alkohol maupun asam arachidonat tidak baik untuk ibu hamil.

Mengapa? Kedua senyawa tersebut dapat menyebabkan keguguran bagi ibu hamil. Jadi, sebisa mungkin dihindari ya, GanSis.

5. Kacang Tanah



Selain dikenal sebagai penstabil kolestrol pada tubuh, kacang tanah juga bisa mencegah penuaan dini, dan mengobati stres atau depresi.

Namun, tahukah GanSis bahwa kacang tanah yang sudah memasuki fase "membusuk" akan mengandung senyawa alfatoksin. Ini adalah senyawa yang beracun bagi tubuh manusia dan bisa mematikan.

Jadi, pastikan kacang tanah yang GanSis konsumsi masih segar dan dimasak dengan sempurna, ya.

Akan tetapi, jika GanSis sudah telanjur mengonsumsi makanan-makanan di atas dengan cara yang salah, GanSis bisa melakukan detoksofikasi. Detoksifikasi berguna untuk mengeluarkan racun pada tubuh.

GanSis bisa melakukan detoksifikasi dengan cara tidur yang cukup, kurangi konsumsi gula, perbanyak konsumsi buah dan sayur, minum air putih dan olah raga.

Menjaga kesehatan lebih penting dibanding mengobati penyakit, bukan?

Mari sama-sama menjaga pola makan serta memperhatikan makanan-makanan apa saja yang kita konsumsi.
Semoga GanSis sekalian selalu hidup sehat..

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan cendol dan komentar.


Salam manis
03112019

Referensi klik

Sumber gambar: pinterest
denbagoes01
ceuhetty
nona212
nona212 dan 36 lainnya memberi reputasi
37
12K
198
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.