sylviafizzhiadhAvatar border
TS
sylviafizzhiadh
Randang Lokan, Kuliner Yang Lamak Bana
Siapa yang hobby kulineran?



Rendang. Siapa sih yang gak kenal masakan satu ini. Warnanya yang coklat gelap dan nyaris hitam, citarasanya yang kuat dari racikan bumbu yang sangat khas, dan wanginya yang menggoda dan menggugah selera. Hmm ... bikin lapar.

emoticon-Cipok emoticon-Cipok

Dunia sudah mengenalnya, Gan. Bahkan bahkan masakan yang berasal dari Suku Minang, Sumatera Barat ini sudah pernah dinobatkan sebagai olahan masakan terlezat di dunia.

Quote:


emoticon-Jempolemoticon-2 Jempol

Jangan bilang Agan dan Sista belum pernah menyicipinya. Jika belum, rugi Gaes! Rugi. Kalau gak percaya, coba aja bertanya pada orang minang, atau pada pecinta nasi padang yang mendunia. Semua pasti akan membenarkan pendapat ane.




Rendang bisa tahan lama, Gan, hingga berminggu-minggu. Karena saat mengolahnya membutuh waktu berjam-jam, hingga santan pekat beserta bumbunya mengering, hingga rasanya meresap jauh ke dalam serat-serat dagingnya.

Oleh karena ketahanannya yang awet itu, sehingga rendang bisa dimanfaatkan sebagai bantuan pangan untuk korban bencana alam. Seperti yang sudah pernah dipraktekkan pada saat gempa bumi Lombok 2018, gempa bumi dan tsunami Sulawesi 2018, tsunami Selat Sunda 2018, dan banjir Bengkulu 2019.

Dan, bicara soal rendang, selain rendang daging sapi yang sudah dikenal khalayak, adalah lagi olahan rendang yang tidak kalah lezatnya. Ini bisa dijadikan pilihan bagi orang yang tidak menyukai daging sapi.



Namanya Rendang Lokan. Rendang Lokan ini adalah kuliner yang populer di Kabupaten Pesisir selatan, Sumatera Barat. Agan dan Sista kenal Lokan?

emoticon-Bingungemoticon-Bingung

Lokan adalah sejenis kerang yang memiliki cangkang yang agak besar dan kehitaman. Lokan ini banyak terdapat muara sungai di Kabupaten Pesisir Selatan.

Sebenarnya olahan bumbu yang dipakai untuk mengolah rendang lokan, tidak jauh beda dengan rendang lain pada umumnya. Juga membutuhkan beragam rempa yang ampuh menambah citarasa. Santan yang digunakan pun sama.

Yang berbeda hanyalah terletak pada kekenyalan daging lokan yang sang khas, sehingga rasanya lebih menggigit. Apalagi saat diberi campuran variasi yang lain, seperti pakis.



Tahu pakis kan Agan dan Sista? Tentu donk. Pakis ada sejenis tumbuhan semak yang tumbuh liar. Tapi, Agan dan Sista gak usah takut dan juga cemas. Pakis yang dipakai, adalah sejenis tumbuhan pakis yang aman untuk dikonsumsi.

Nah, gimana Agan-agan dan Sista. Ada yang ingin menyicipi lezatnya Rendang Lokan Campur Pakis ini? Ayo jalan-jalan sambil kulineran ke Sumatera Barat, khususnya Pesisir Selatan, Negeri Sejuta Pesona.


emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Dijamin nagih deh!

LAMAK BANA. TAMBUAH CIEK!

emoticon-Wkwkwk

Referensi
tata604
denbagoes01
nona212
nona212 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
5.3K
156
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)KASKUS Official
9KThread6.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.